PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Desa Wisata Brayut, Sleman Yogyakarta

brayut jogja

Jogjakarta dikenal dengan kota yang terkenal kental akan budayanya. Objek wisata Jogja juga selalu menjadi andalan terbaik bagi para wisatawan yang ingin menikmati jenis wisata apapun. Mulai dari wisata sejarah, petualangan, pilgrim, alam dsb. Banyak sekali wisatwan yang datang dari berbagai daerah bahkan mancanegara. Jogja memang memiliki daya tarik yang luar biasa. Sehingga menjadikan suatu alasan utama mengapa wisatawan banyak sekali memilih Jogja sebagai tujuan wisata. Kebudayaan Jogja memberikan suatu ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Masyarakatnya yang ramah dan antusias melestarikan serta mempertahankan kebudayaan peninggalan nenek moyang.Hal ini menjadi alasan mengapa Jogja dijuluki sebagai kota penuh budaya.

Mengingat Jogja dikenal akan kebudayaan dan wisatanya. Kota Jogja terdapat salah satu tujuan yang menarik bagi wisatawan, yaitu Desa Wisata Brayut yang ada di Kabupaten Sleman. Desa wisata ini bisa dikunjungi dalam paket wisata Jogja. Sehingga ada alternatif menikmati Jogja dari sisi berbeda. Yakni terlibat langsung dalam kehidupan masyarakat desa yang unik dan klasik. Di sana pengunjung bisa menjadi bagian dari masyarakat sementara. Yakni ikut bergabung dan tinggal sejenak bersama warga di penginapan yang disediakan. Dalam artikel ini tentunya akan mengulas semua mengenai destinasi wisata tersebut. Yukk simak lebih lanjut.

Tentang Destinasi Wisata Desa Wisata Brayut

Desa Wisata Brayut merupakan objek wisata yang menyuguhkan susana pedesaan. Desa wisata ini terletak di Pendowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Desa Wisata ini dikelola oleh masyarakat setempat yang bekerja sama dengan pemerintah. Destinai Wisata Sleman ini memiliki ketinggian 243 m diatas permukaan laut dan suhu 26 derajat celcius. Sehingga menciptakan suasana yang sejuk. Apalagi dilengkapai dengan panorama Gunung Merapi yang menawan. Pertanian merupakan lahan aktifitas utama bagi masyarakat dalam kehidupan sehari – hari. Penduduk Desa Brayut sebagian besar bermata pencaharian petani. Mereka bekerja sama untuk membuat sebuah desa wisata yang dapat dinikmati oleh semua orang. Desa Wisata Brayut buka hari senin hingga sabtu, mulai dari pukul 8 pagi hingga 9 malam

Pertanian Sebagai Suguhan Utama Desa Wisata Brayut

desa wisata brayut

Desa Brayut memiliki area sawah yang sangat luas. Hampir dari seluruh masyarakattnya pun bermata pencaharian sebagai petani. Untuk memberikan daya tarik yang menarik di desa ini, masyarakat memberikan suguhan aktifitas bertani. Yakni khusus untuk para wisatwan yang berkunjung. Masyarakat akan mengajak wisatawan untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai pertanian serta mempraktikkannya. Mereka akan memberikan informasi – informasi dalam dunia pertanian dan mengajari bagaimana cara bertani yang benar. Masyarakat akan memandu wisatwan untuk prakti menanam padi. Mereka akan diajarkan mulai dari awal hingga selesai. Hal ini tentunya menjadikan desa wisata memberikat ilmu dan sebuah pengalaman baru bagi wisatawan yang datang.

Uniknya adalah dimana kegiatan pertanian bisa dilakukan oleh semua jenis wisatawan. Mulai dari anak – anak hingga lansia. Sehingga berwisata ke Desa Brayut cocok untuk semua kalangan. Dan bisa masuk dalam paket wisata Jogja jenis apapun. Misalnya adalah wisata keluarga yang mengandung nilai edukasi. Sehingga bisa mengajak serta anak-anak untuk belajar tentang pertanian. Selain itu juga bisa untuk wisata Jogja dalam bentuk rombongan. Seperti paket wisata gathering Jogja yang biasanya diikuti oleh banyak orang. Seperti instansi atau perusahaan yang ingin menikmati nuansa berbeda.

Daya Tarik Lain Desa Wisata  Brayut

Selain bertani masyarakat juga akan mengajak wisatawan melestarikan budaya yang ada. Membatik juga disuguhkan oleh masyarakat untuk wisatawan. Para wisatawan akan diajarkan bagaimana cara membuat batik mulai dari langkah pertama hingga akhir. Batik yang disuguhkan tentunya berbagai jenis batik yang ada di Indonesia khususnya Jogja. Masyarakat menyediakan tempat seperti sanggar untuk wisatawan yang ingin belajar membatik. Wisatawan juga bisa berkreasi jenis batik apa yang ingin mereka lukis. Istimewanya lagi wisatawan bisa membawa pulang hasil lukis yang telah merek kerjakan. Hal ini tentunya bisa mengajak wisatwan terus melestarikan kebudayan asli indonesia.

Desa Brayut juga menyediakan kegiataan karawitan yang dapat diikuti oleh wisatwan. Uniknya wisatwan bisa belajar mengenai karawitan serta mempraktikannya. Belajar karawitan akan dipandu oleh masyarakat langsung untuk belajar. Wisatawan tidak perlu khawatir lagi mengenai ilmu – ilmu yang diberikan tentang karawitan, karena masyarakat desa sudah berpengalaman yang matang mengenai karawitan. Karawitan bisa menjadi alternatif wisata desa dalam atrakwi wisata yang bisa dinikmati pengunjung yang datang.

Tari – Tarian juga  melengkapi kegiatan yang ada di Desa Wisata Brayut. Terdapat sanggar tari yang akan memberikan pengajaran khusus bagi wisatawan yang ingin belajar seni Tari. Masyarakat tentunya juga memberikan pelajaran yang matang hingga wisatawan bisa mempraktikkannya. Selain itu juga terdapat gamelan, jathilan, permainan tradisional, memasak yang tentunya akan dipandu oleh masyarat setempat dengan penuh keramah tamahan dari mereka. Keramahan bisa menjadi day atarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Dengan keramahan inilah yang membuat mereka berkesan dan betah untuk tinggal lebih lama.

Tarif Harga Destinasi Desa Wisata

Pada Desa Wisata Brayut memeberikan macam – macam paket harga yang bisa dipilih oleh wisatwan. Mulai dari harga Rp. 6.000 hingga Rp.350.000. Harga paket yang diberikan tidak terelpas dengan suguhan kegiatan menarik yang unik dari Desa Brayut. Harga tersebut cenderung murah untuk jenis paket wisata Jogja yang bertema desa dan keunikan. Karena wisatawan bisa menikmati semua fasilitas secara bersamaan sekaligus menyerap banyak hal. Mereka akan menginap di rumah warga yang disebut dengan homestay. Sehingga pemilik rumah lah yang ikut memasakkan makanan untuk wisatawan yang menginap.

Menikmati wisata di Jogja dalam aktifitas di desa wisata bisa menjadi solusi untuk para intansi. Pun juga bisa menjadi alternatif untuk perusahaan yang ingin menikmati paket wisata gathering di Jogja. Akan tetapi anggaran yang dimiliki sangat terbatas sehingga tidak cukup untuk menginap di hotel. Harga sewa kamar di hotel berbintang memang agak tinggi terutama di area Malioboro. Sehingga dengan menginap di Desa Brayut ini justru jauh lebih murah dan sangat ekonomis. Menikmati wisata dan tinggal di Desa Brayut biasa disebut dengan istilah Live in.

Paket wisata Gathering Jogja yang memilih Desa Brayut bisa menikmati banyak hal di waktu sekaligus. Mulai dari kesenian adat dan budaya lokal. Masakan khas dan praktik membuat kuliner lokal. Membajak sawah atau bertanam di lahan persawahan bersama warga. Berinteraksi secara langsung dan juga menikmati kenduri di Pendopo yang disediakan. Sudah sangat lengkap dan mantap untuk satu paket wisata Jogja bertema budaya lokal.

Itu lah  informasi mengenai Desa Wisata Brayut yang ada di Sleman. Bagi kalian yang tertarik untuk berwisata di daerah Sleman ini, jangan sampai kalian melewatkan kegiatan – kegiatan yang sudah disuguhkan. Siapa pun yang memilih Desa Wisata Brayut akan menciptakan suatu kesan tersendiri karena kebudayaan yang disuguhkan. Bukan Jogjakarta nama nya jika tidak meberikan destinasi wisata yang mengesankan.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja