PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Festival Tahunan dan Atraksi Wisata di Bantul, Yogyakarta

Jogja memang terkenal dengan sebutan Kota Budaya. Selain keindahan wisata alamnya, Jogja juga menawarkan festival tahunan untuk dinikmati. Festival ini dilakukan baik di pusat Kota Jogja, maupun di setiap kabupaten yang ada di Jogja. Salah satunya di Kabupaten Bantul. Setiap tahun di kabupaten ini kerap sekali menggelar atraksi wisata tahunan yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Atraksi wisata ini bisa dimasukkan dalam paket wisata Jogja yang bertema budaya dan seni.

Selain memiliki destinasi wisata yang menjual keindahan alam, Bantul juga menjual beberapa atraksi wisata lainnya. Seperti festival atau acara tahunan. Meskipun tidak menjual potensi wisata alam yang dimiliki, namun pada acara tahunan yang diselenggarakan ini dapat menarik perhatian wisatawan. Karena menyajikan sesuatu yang berbeda yang sifatnya kearifan lokal. Dengan adanya keunikan dan hal yang berbeda ini bisa mewarnai paket wisata Jogja yang diikuti. Berikut 5 atraksi wisata tahunan yang dapat dinikmati ketika berkunjung ke Jogja tepatnya di Kabupaten Bantul.

Festival dan Atraksi Wisata di Bantul, Jogjakarta

1. Festival Layang-layang

atraksi wisata bantul

Pantai parangtritis yang berada di Bantul memang legendaris. Pantai ini terkenal dengan kisah legendanya Nyi Rorokidul. Namun, di sisi lain pantai parangtritis memili daya tariknya dibidang pariwisata. Pantai parang tritis terkenal dengan ombaknya yang besar. Hal ini dikarenakan parangtritis adalah tepi samudera hindia yang relatif membawa angin laut yang besar pula. Angin yang besar ini dimanfaatkan untuk permainan layang layang.

Setidaknya setahun sekali, diadakan festival layang-layang di parangtritis. Umumnya para peserta akan membuat layang-layang dengan bentuk yang kreatif dan unik. Selain itu, ukurannya pun jumbo. Bahkan lebih besar dari ukuran orang dewasa. Coba deh lihat gambar di samping. Tertarik kesini? Yuk wisata ke jogjakarta.

2. Festival Paralayang

Paralayang adalah salah satu cabang olahraga yang menggunakan parasut. Memanfaatkan angin dari bukit untuk menerbangkannya dan dikendalikan menggunakan tangan. Nah, festival paranglayang ini ada juga di Jogja guys. Masih berada di pantai parangtritis. Disana terdapat sebuah bukit yang menghadap ke laut. Bukit ini diberi nama bukit paralayang parangtritis. Ya, karena daerah ini dimanfaatkan untuk olahraga tersebut.

Selain sebagai tempat untuk olahraga paralayang, tempat ini sangat cocok sebagai tempat untuk melihat sunset di Jogja. Berada di atas ketinggia bukit sedang, pemandangan laut, serta garis cakrawala. Menjadikan pemandangan dan suasana di sore hari menjadi eksotik.

3. Joga Air Show

Jogja Air Show merupakan agenda kedirgantaraan yang diadakan oleh Lanud Adisucipto yang setiap tahunya diselenggarakan  di landasan pacu Pantai Depok. Pada event ini pengunjung dapat menyaksikan demo-demo penerbangan yang biasanya digelar selama tiga hari di bulan Maret. Beragam atraksi udara yang bisa pengunjung saksikan di event ini seperti terjun paying, aermodeling, gantole, paralayang, fly microlight dan sebagainya.  Pengunjung hanya cukup membayar retribusi masuk obyek wisata Pantai Depok serta parkir saja, biaya tersebut masih cukup terjangkau.

4. Festival Perahu Naga

Peh Cun atau yang lebih dikenal oleh masyarakat sebagai nama “perahu naga” bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke Jogja. Perayaan ini  diadakan setiap tanggal 5 bulan 5 kalender lunar oleh masyarakat Tionghoa. Peh Cun di kalangan Tionghoa-Indonesia merupakan salah satu festival penting dalam kebudayaan dan sejarah Tiongkok. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY dan bekerjasama dengan sebuah komunitas yakni Chinese Art & Culture Center. Festival ini sebelumnya pernah diselenggarakan di Bendung Tegal kini dipindahkan ke Laguna Depok, dengan alsan Bendung Tegal mengalami pendakalan. Dalam festival ini diadakan perlombaan balap perahu naga dengan mendayung yang diikuti oleh atlet dayung berbagai daerah. Selain perlombaan tersebut juga di tampilkan berbagai kesenian berupa tarian dan barongsai sebagai bentuk apresiasi dan alkulturasi melestarikan budaya.

4. Bantul Expo

Bantul Expo menjadi ruang kondusif untuk UMKM se Bantul memamerkan produknya. Menjadi event tahunan yang diselenggarakan di Pasar Seni Gabusan. Expo ini menampilkan sejumlah stand dengan beragam produk kreatif unggulan warga Bantul. Anyaman bambu, keris, wayang batik. Ada juga kerajinan perak merupakan sebagian produk yang dipameran pada event ini. Di sini juga terdapat penampilan seni yang ditampilkan serta hiburan yang menjadikan event ini semakin meriah.

Atraksi wisata tahunan yang rutin diselenggarakan di Bantul dapat menjadi list wisata kamu jika aberkunjung ke Jogakarta. Dari kuliner hingga budaya, bahkan perlombaan bisa kamu nikmati dalam bentuk paket wisata Jogja. Bantul juga memiliki banyak destinasi wisata kekinian yang mulai dikembangkan. Sehingga hampir semua wisata di Jogja termasuk mengunjungi Bantul juga. Daerah Jogja bagian selatan ini bisa dijangkau sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Jogja.

Atraksi wisata Bantul menjadi alternatif wisata budaya dan edukasi yang bisa dinikmati oleh pelajar. Sehingga mereka bisa sekaligus berwisata sembari mempelajari budaya lokal setempat. Paket wisata Jogja bertema edukasi ini menjadi pilihan dan alternatif untuk pelajar dan mahasiswa. Ada juga yang memungkinkan untuk dikaji dan diolah sebagai penjelasan wisata oleh pemandu wisata.

Pengen Melihat Atraksi Wisata Bantul? Cek kalender atau Hubungi travel Agent untuk Konsultasi

Wisatawan yang ingin meliput dan melihat atraksi wisata tersebut, baiknya mengecheck kalender wisata. Sehingga ketika membeli paket wisata Jogja bisa di pas kan waktunya dengan penyelenggaraan atraksi wisata. Selain itu, acara kebudayaan ini bisa menjadi alternatif destinasi untuk wisata keluarga. Anak-anak yang ikut serta dalam aktifitas ini bisa melihat dan mempelajari atraksi dan budaya daerah lain. Sehingga bisa menjadi semacam pembelajaran yang menarik untuk paket wisata keluarga di Jogja.

Selain itu, bagi pecinta photography juga bisa menjadi pilihan untuk menikmati destinasi ini. Photography trip bisa masuk dalam aktifitas festival budaya atau atraksi budaya setempat. Paket wisata Jogja bertema budaya disukai oleh para pecinta fotography wisata. Sehingga merupakan alternatif untuk merasakan sensasi wisata yang berbeda. Wisata budaya adalah jenis wisata yang cocok dengan Jogjakarta. Sebab Jogja dikenal sebagai kota wisata sekaligus kota budaya.

Paket wisata Jogja bertema budaya juga bisa mengunjungi beberapa daerah wisata bersejarah. Seperti halnya makam Raja-Raja di Imogiri, Bantul dan juga wisata sejarah Kotagede. Selain itu ada Kraton Jogjakarta yang bisa dikunjungi sebagai wisata bertema edukasi dan sejarah. Kraton menjadi tempat wisata di Jogja yang tidak bisa dilewatkan untuk dikunjungi. Kraton Jogja masuk ke semua kalangan untuk bisa dinikmati dalam paket wisata Jogja.

Menikmati wisata budaya lainnya yang berbentuk bangunan juga bisa di Taman Sari Watercastle. Destinasi ini dahulunya adalah tempat pemandian permaisuri Raja Jogjakarta. Selain itu ada puluhan museum di Jogjakarta yang bisa dinikmati sebagai destinasi budaya. Musuem Sonobudoyo, Museum Benteng Vredeburg dan juga museum Affandi. Destinasi museum ini lebih cocok untuk anak dan juga pelajar. Selain itu Jogja juga terkenal dengan destinasi lengkap dari beberapa pilihan tempat wisata menarik.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja