PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Tempat Wisata Jogja yang Sudah Dibuka Setelah Pandemi

sunrise borobudur

Jogja merupakan kota hangat dari ramah-tamah warganya. Kota manis dengan kuliner Gudeg populernya. Sebuah Kota bersejarah dengan deretan bangunan tua yang punya sisi misteriusnya. Kota budaya dengan barisan karya seni yang begitu artistik. Juga kota nan indah dari bentangan alam yang mempesona. Segalanya tentang kota ini adalah tentang kerinduan. Romantis dan menarik, cocok buat paket wisata Jogja kamu bersama keluarga. Tentu adanya pandemi covid19 ini membuat orang yang ingin berkunjung ke Jogja menjadi tertunda. Tenang saja di era new normal ini akan ada beberapa tempat wisata jogja yang sudah dibuka. Obyek wisata mana saja, yuk kita simak.

Lama tak jumpa, ada sedikit kata yang terungkap pada bait dibawah ini.

Rindu Jogja, begitulah sekilas kata tentang kami yang menantikannya. Rindu kembali berucap sapa pada warga nan ramah di sepanjang jalanan kota. Ketika hari lalu kami sudah berencana untuk menemuinya, ingin mewujudkannya, tapi pandemi menghalangi. Tak sekilas hanya kami, penjuru dunia pun juga turut merasakannya. Tapi, seburuk apapun kondisinya, ada secarik hikmah positif yang dapat kita ambil dari pandemi ini. Hehe, maaf sedikit curahatan hati dari saya.

Alih-alih semakin merasa bosan di rumah, pasti ada nafas lega ketika mendengar kabar baik ini. Jogja kembali?.

Wacana destinasi wisata Jogja akan dibuka kembali pada bulan Juli? Tampaknya, Dinas Pariwisata (DISPAR) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tengah menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada sektor pariwisata untuk menyambut the new normal pariwisata. Untuk uji coba new normal, beberapa destinasi wisata Jogja sudah dibuka di bulan Juli 2020. Kendati berakhirnya pandemi virus corona yang belum diketahui kapan berakhirnya dengan pasti. Jogjakarta memilih untuk menjalani normal baru. Sejumlah hotel juga sudah mulai beroperasi di bulan Juli ini.

Protokoler Kesehatan Dalam Aktifitas Wisata

Akan ada perubahan perilaku tatanan kehidupan yang akan berdampingan dengan corona. Tidak menutup kemungkinan pariwisata akan turut hadir dengan tatanan yang baru pula . Tentu saja mengacu pada protokol kesehatan, kebersihan, dan keamanan wisatawan. Seperti yang dijabarkan oleh Singgih selaku Kepala Dinas Pariwisata (DISPAR) DIY menjelaskan bahwa secara umum protokol sudah bisa diterapkan disetiap destinasi wisata. Mulai dari peraturan memakai masker, pemeriksaan suhu tubuh, dan penyediaan tempat cuci tangan dan hand sanitizer. Sekarang, mereka tinggal memastikan lebih dalam protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di area wisata.

Yogyakarta juga terus melakukan persiapan-persiapan di destinasi wisata. Mulai dari pembersihan area destinasi wisata, perbaikan dan penambahan fasilitas untuk kebutuhan wisatawan terutama cuci tangan, dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Model reservasi baru pada destinasi wisata menjadi satu hal yang akan diterapkan, kata Singgih. Jadi, saat destinasi sudah bisa dibuka, tetap ada penerapan jaga jarak (sosial distancing) oleh para wisatawan. Terkait waktu pembukaan destinasi wisata Jogja pada bulan Juli ini, Singgih masih menunggu rekomendasi dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY dan Pemda DIY.

Sebenarnya, pembukaan destinasi wisata Jogja dijadwalkan di akhir bulan Juni 2020, namun hanya beberapa yang sudah mulai penerapan era baru. Bulan Juli 2020 ini setidaknya ada 20 destinasi wisata Jogja yang mulai uji coba dibuka dengan protokoler kesehatan. Berikut ini daftar tempat wisata yang bisa dikunjungi di Jogja pada saat sekarang ini.

Daftar Tempat Wisata Jogja yang akan dibuka secara bertahap:

  1. Merapi Lava Tour
  2. The World Landmark Merapi
  3. The Lost World Castle Merapi
  4. Heha Sky View
  5. Taman Sari Watercastle
  6. Goa Pindul Gunung Kidul
  7. Malioboro
  8. Prambanan
  9. Borobudur
  10. Candi Ratu Boko
  11. Baron Gunung Kidul
  12. Kukup Gunung Kidul
  13. Drini Gunung Kidul
  14. Drini Gunung Kidul
  15. Ngrawe Gunung Kidul
  16. Pantai Sundak Gunung Kidul
  17. Alun-Alun Selatan
  18. Pasar Beringharjo
  19. Bukit Bintang
  20. Pantai Parangtritis Bantul
  21. Pantai Depok Bantul
  22. Kalisuci Gunung Kidul
  23. Jogja Airport Resto
  24. Pluyon Kalikuning Kaliurang
  25. Tlogo Putri Kaliurang
  26. Gardu Pandang Kaliurang
  27. Bukit Klangon Kaliurang
  28. Kids Fun

Wisata Taman Borobudur, Prambanan, Dan Ratu Boko Siap Menyambut New Normal

Tiga destinasi populer Jogja ini tampaknya akan menjadi pilot project new normal, lho.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kabupaten Sleman, Sudarningsih menjelaskan bahwa dua wisata candi dobawah naungan Taman Wisata Candi (TWC) ini akan dibuka pada bulan Juli. Para pengelola sedang bekerja untuk mempersiapkan semuanya. Sudarningsih menegaskan, bahwa ketika destinasi wisata Candi Prambanan dan Ratu Boko terbuka, pengunjung harus tetap menerapkan protokol yang ditetapkan oleh WHO.

Meskipun destinasi lainnya belum diketahui kapan akan dibuka, Singgih menyatakan bahwa Taman Wisata Candi (TWC) sudah dibuka kembali pada awal Juli. Pembukaan ini ditetapkan oleh kementrian BUMN sebagai salah satu upaya uji coba untuk pemulihan pariwisata setelah penutupam kawasan candi selama kurang lebih 3 bulan akibat dampak pandemi Covid-19 ini.

Direktur Utama TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edi Setijono menyatakan bahwa destinasi wisata taman candi sudah kembali pada tanggal 8 Juni. Ketika dibuka nanti, TWC telah siap menuju the new normal pariwisata dengan melalui beberapa ketentuan.

“Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, kalau ada gejala segera hubungi petugas kesehatan” kata Sudarningsih, menutup perbincangan.

Muncul wacana ini, pastinya turut menyemarakkan tagar #whenwetravelagain di seluruh platform media sosial. Dahaga untuk kembali liburan akhirnya datang juga. Pastinya masyarakat juga tampak antusias mendengarnya.

Nah, dimana aja nih destinasi wisata Jogja yang siap dikunjungi pada bulan Juli? Yuk simak ulasan berikut!.

Wisata Jogja Bak Negeri Eropa Di Agrowisata Bumi Merapi

Ingin merasakan atmosfer layaknya negeri Eropa? Cukup pergi ke Jogja dan kamu akan menemukannya. Agrowisata Bumi Merapi akan mengajak kamu mengenal alam dan menjelajah kekayaan Gunung Merapi dengan suguhan bangunan Eropa nan epik.

Destinasi ini sangat bersahabat dengan anak, cocok untuk pilihan destinasi di paket wisata keluarga Jogja pilihan kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengajak si kecil untuk belajar bercocok tanam,  beternak bahkan berkuda. Dan jangan lupa, abadikan potret momen bahagia kamu di spot rumah hobbitnya!. Paket Wisata Jogja khusus keluarga bisa memilih tempat wisata bertema Eropa ini.

Studio Alam Gamplong

Selain Agrowisata Bumi Merapi, Jogja juga punya wisata Studio Alam Gamplong yang nggak kalah keren, lho. Destinasi wisata Jogja ini sengaja dibuat untuk menggambarkan latar belakang pada abad ke-16. Disana, kamu akan menemukan deretan rumah ala Kolonial Belanda dan pastinya jadi spot instagenic banget buat foto sama keluarga. Paket wisata Jogja setelah Corona juga direkomendasikan untuk mengunjungi desa wisata Studio Alam Gamplong.

Selfie Sepuasnya Di Wisata Instagenic Jogja, Heha Sky View

Heha Sky View merupakan sebuah restoran yang juga menawarkan spot selfie menarik, lho. Disetiap sudut area, mulai dari cafe indoor, kolam, balkon sampai tangga pun tak luput dari dekorasi unik yang pasti buat para pengunjung puas berfoto. Suguhan city view dan perbukitan hijau disekitarnya pasti semakin menyejukkan mata. Deretan menu nikmat dan lezat juga akan menemani waktu bersantai kamu. Heha Sky View jadi destinasi menarik untuk paket wisata Honeymoon Jogja.

Alamanda Jogja Flower Garden

Alamanda Jogja Flower Garden merupakan salah satu spot wisata selfie terbaru di Jogja. Tempat yang unik dengam suguhan spot berupa cantiknya balon udara, kincir angin, sampai deretan taman bunga yang warna-warni. Wisata Jogja satu ini cocok untuk mengisi waktu rekreasi kamu bersama keluarga di tour Jogja pilihanmu.

Liburan Sambil Belajar Asyik Di Jogja Agro Techno

Ingin rekreasi namun tetap bersambut dengan edukasi? Wisata Jogja Agro Techno jadi jawabannya. Nuansa bangunan jawa nan asri yang berdiri di atas lahan seluas 18 hektar ini dilengkapi dengan wahana edukasi pertanian, peternakan, dan kolam ikan. Wisata ini dibuka sebagai sarana edukasi tentang pentingnya manfaat menanam tumbuhan dan sosialisasi tentang peternakan.

Panorama Alam Lepas Di Atas Pule Payung

Pule Payung merupakan tempat wisata terbaik untuk sejenak mengasingkan diri dari ramainya kota. Menikmati sejuknya alam di kawasan Perbukitan Manoreh bagian selatan. Pemandangan suaka margasatwa dan indahnya waduk Sermo semakin memanjakan mata. Belum lagi, spot-spot unik yang akan menghiasi potret bahagia kamu dan keluarga tercinta. Ayo nikmati paket wisata Jogja setelah pandemic ini mereda dan rasakan kerinduan yang terbalaskan dengan eksotisnya Jogja.

Sekian pembahasan artikel kali ini. Semoga bermanfaat untuk rencana paket wisata Jogja pilihan kamu. Yuk garap ide liburanmu bersama Jogjakartour sebagai travel online terbaik di Indonesia yang telah dipercaya oleh wisatawan Indonesia dan Mancanegara. Penasaran? Klik aja dan jelajahi paketnya!.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja