PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY), Event Tahunan dan Aktraksi Wisata di Jogja

festival kesenian yogyakartaJogjakarta atau biasa disebut dengan singkatan sederhana bernama Jogja. Sebuah Provinsi yang mendapat gelar Daerah keistimewaan. Ada banyak kesitimewaan Jogja, salah satunya adalah karena Provinsi ini memiliki Gubernur yang berasal dari Kerajaan. Jogja selalu istimewa dan terus berusaha menghadirkan berbagai potensi alam, budaya, kesenian nya untuk mendukung sektor Pariwisata. Sebagai kota Wisata, Jogja menarik untuk dikunjungi bahkan lebih dari dua kali bagi seorang wisatawan. Jogja juga memiliki puluhan seniman yang siap berkreasi mendukung berbagai event dan atraksi wisata di kota ini. Salah satu event tahun yang kerap di gelar untuk melestarikan budaya dan mengangkaty nilai seni adalah Festival Kesenian Yogyakarta (FKY).

Tentunya atraksi wisata ini hadir sebagai alternatif kegiatan wisata bagi wisatawan yang datang berkunjung. Jogja dan atraksi wisata nya merupakan bagian dari destinasi dan potensi wisata yang menambah kekayaan dan pertumbuhan wisatanya. Paket tour ke jogja saat ini sudah banyak yang mencantumkan atraksi wisata di dalamnya. Sebab, disamping sebagai hiburan, aktifitas atau atraksi wisata merupakan sesuatu yang bisa dilihat atau something to see bagi wisatawan. Unsur ini adalah unsur yang harus ada dalam sebuah kawasan atau daerah wisata. Disamping dua unsur lainnya yang disebut dengan istilah something to do dan something to buy.

Seputar FKY (Festival Kesenian Yogyakarta)

 

Lokasi dan Tema FKY 30 “Mesemeleh”

Festival Kesenian Yogyakarta kali ini sudah berjalan yang ke 30 kalinya. Tahun 2018 ini bertema MESEMELEH, sebuah filosifi yang diambil atas keadaan perubahan zaman dan teknologi saat ini. Dengan berubahnya zaman dan teknologi yang ada, Kita sebagai manusia sekaligus sebagai subyek terhadap perubahan dan bukan obyek perubahan. Dan MESEMELEH ini diambil dari dua kata Mesem dan Semeleh yang diambil dari Bahasa Jawa. Mesem yang artinya tersenyum dan Semeleh yang artinya nerima atau nrimo dan mau menerima perubahan atau adaptasi. Perubahan zaman dan teknologi yang disikapi dengan baik ini dan diterima dengan lapang dada akan membentuk sinergi yang baik bagi manusia sebagai subyek dan obyek perubahan.

Terdapat ratusan Stand kreatif dan seni beserta stand kuliner yang siap memanjakan mata dan perut pengunjung. Event FKJ 30 kali ini bersekretariat dan berlokai di Jalan Parangtritis km 5,5 Bangunharjo Sewon Bantul. Tepatnya di komplek area Gedung Pyramid yang cukup luas untuk mengusung event Tahunan Yogyakarta ini. FKY 30 akan digelar mulai dari tanggal 23 Juli hingga 29 Agustus 2018. Karnaval Topeng sudah dibuka untuk memeriahkan pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta di sepanjang Malioboro. Pembukaan ini diadakan senin, 23 Juli 2018 dengan titik start dari Abu Bakar Ali hingga ke Titik Nol Kilometer.

 

FKY Sebagai Atraksi Wisata Jogja

Bisa dibilang, Festival Kesenian dan sejenisnya dengan beragam produk kreatif yang mengangkat budaya lokal akan sangat unik. Uniknya, selain kita bisa menikmati rangkaian karya seni yang dipajang, kita juga bisa membantu industri lokal untuk bertumbuh. Ketika berkeliling ke stand-stand yang ada di FKY 30 di Komplek Gedung Pyramid, mata kita akan disuguhkan dengan produk kreatif bejibun. Mulai dari stand seni para seniman, stand kelompok dan UKM kreatif, Workshop Kreatif, Lomba Kreatif, Pameran Seni Rupa, Panggung Pertunjukan dan lain nya.

Ada lagi Diskusi Seni, Bioskop FKY, Pembacaan Prosa, dan pertunjukan Kontemporer yang menarik. Keseluruhan acara yang berlangsung selama 3 pekan ini akan menjadi destinasi sekaligus atraksi wisata di Jogja. Tidak hanya pengunjung lokal yang bisa menikmati pertunjukan dan festival seni ini. Wisatawan yang datang ke Jogja juga bisa sekaligus menikmati FKY sebagai rangkaian trip di Jogja. Paket liburan Jogjakarta yang dijual ke wisatawan di periode bulan Juli akhir hingga Agustus ini bisa menyertakan FKY dalam Itinerary nya.

 

Tarian Topeng Ikut Memeriahkan Pembukaan FKY ke-30

Sepanjang jalan Malioboro begitu ramai dan meriah karena even pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta. Lebih dari seribu penari hadir mewakili berbagai kelompok masyarakat seni dan group kesenian di Jogjakarta. Malioboro sebagai ikon wisata di Jogja menjadi jalur utama pembukaan dan parade seni menyambut FKY 30 tahun 2018 ini. Sebagai destinasi wisata Budaya, Jogjakarta bersama Pemerintahan Dinas Provinsi DIY komitmen dan konsisten menggelar ajang seni tahunan bernama FKY. Etalase bisnis sekaligus potensi seni dan budaya ini hadir untuk menjadi jembatan antara masyarakat umum dan stakeholder serta pemerintah. Fungsinya adalah agar terjaganya potensi dan kekayaan seni dan budaya yang ada di Kota Jogjakarta.

 

Venue FKY berada di Lokasi yang Strategis

Siapa yang tidak tahu bahwa Jogja ini sangat nyentrik, dinamis dan juga romantis. Tata kota Jogja kala itu di masa Pemerintahan awal atau tepatnya di periode Kerajaan Mataram Lama, Jogja ditata dengan apik. Dimana Kraton Jogjakarta berada di tengah-tengah antara Garis Imajiner Gunung Merapi dan pantai Parangtritis. Mengapa disebut garis Imajiner, sebab garis tersebut tepat berada di tengah kota Jogja yang berhasil menghungkan titik-titik tertentu. Adanya satu garis lurus yang sejajar membentuk diagonal lurus antara Gunung Merapi, Kraton Jogjakarta dan Pantai Parangtritis. Sehingga ada hubungan yang serat antara ketiga potensi area Jogja tersebut. Dan Gedung Pyramid berada di jalur menuju pantai parangtritis sebagai titik terjauh garis Imajiner.

Pantai parangtritis merupakan pantai paling selatan Jogja yang juga sebagai batas selatan Daerah Istimewa Jogjakarta. Sehingga bagi wisatawan yang sedang berada di Jogja, ingin berkunjung ke FKY 30 ini, sangatlah mudah dijangkau. Sebab even ini berlangsung di venue yang yang strategis yang mudah diakses darimanapun. Bagi wisatawan yang sedang berada di Jogjakarta, ketika ingin menikmati Festival Kesenian Yogyakarta, bisa dilakukan malam hari. Sore hari, mungkin masih menjalankan aktifitas dalam paket wisata Jogja. Sehingga malam hari kita bisa menikmati berbagai pertunjukan seni FKY yang berlangsung secara Live.

FKY Merupakan Local Wisdom Kota Jogja

Istilah Local Wisdom, atau kekayaan lokal yang merupakan potensi sebuah daerah bisa dalam kategori seni dan budaya. Termasuk juga FKY Jogja atau Festivall Kesenian Yogyakarta yang sudah berlangsung hingga ke tiga puluh kalinya ini merupakan kekayaan lokal. Jika demikian, hal ini memang unik dan harus terus menjadi even yang didukung semua elemen. Sebab, keciri khas an inilah yang akan terus membuat Jogja tetap Jogja dan selalu istimewa. Adalanya potensi lokal yang unik inilah yang secara langsung atau tidak akan memantik wisatawan untuk datang. Liburan di Jogja menjadi lebih mantap dengan hadirnya berbagai even dan atraksi yang tidak ditemui di daerah lain. Salam FKY..

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja