PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Gudeg Kaleng Wijilan, Inovasi Gudeg Oleh-oleh Kekinian dan Tahan Lama

gudeg kaleng
Gudeg Kaleng

Kota Gudeg menjadi  salah satu julukan terkenal untuk kota Jogjakarta. Gudeg telah menjadi makanan khas Jogja yang banyak disukai oleh pengunjung luar kota. Khusunya bagi wisatawan yang berwisata ke Jogja dan menikmati paket wisata Jogja. Gudeg terbuat dari Nangka muda yang di olah dengan bumbu maupun rempah yang diciptakan untuk khas gudeg khusunya santan. Selain nangka menjadi bahan utama, gudeg juga dilengkapi dengan krecek atau kulit sapi yang sudah diolah, telur ayam, ayam bacem, tahu maupun tempe bacem. Sebenarnya masih banyak lagi tambahan pelengkap gudeg mengingat dengan banyaknya penjual yang membuat kreasi olahan gudeg.

Makanan khas Jogja ini menjadi pilihan terfavorit untuk oleh- oleh bagi para wisatawan saat mengunjungi Kota Jogja. Dengan rasanya yang gurih dan manis membuat gudeg selalu menjadi buruan wisatwaan untuk mencobanya langsung maupun dibawa pulang. Bagi wisatawan yang ingin membawa pulang sebagai oleh – oleh dengan kemasan yang aman. Jogja memiliki tempat menjual gudeg terkenal dengan kemasan kaleng yaitu  Gudeg Wijilan.

Tempat Jual Gudeg Kaleng Jogja

Wijilan merupakan kawasan terkenal dengan ruko – ruko menjual masakan gudeg. Lebih tepatnya kawasan ini berada di Jl.Wijilan. Wijilan terletak di Selatan Plengkung Tarunasura atau di Timur dari Alun-Alun Utara. Kawasan ini menjadi sentra makanan khas Gudeg. Pada kawasan ini wisatawan dapat menemukan sederet warung maupun ruko yang menjual gudeg sebagai makanan khas Jogja. Wisatwan tidak perlu khawatir untuk memilih gudeg mana yang akan dipilih, karena pastinya semua gudeg yang dijual memiliki rasa spesial. Gudeg dikangeni oleh para wisatawan yang datang ke Jogja untuk menikmati paket wisata Jogja sekaligus. Meskipun kunjungan ke Jogja sudah ke sekian kalinya bagi wisatawan ini.

Gudeg Wijilan melayani pada waktu pagi hari hingga malam. Jadi, wisatawan bisa memilih waktu yang tepat untuk menikmati masakan gudeg. Ciri khas dari Gudeg pada kawasan Wijilan, banyak masyarakat memilih menu masakan ini sebagai pilihan sarapan pagi. Nah, bila wisatawan sedang menginap pada daerah dekat Wijilan, gudeg bisa menjadi pilihan terbaik sebagi menu sarapan  sambil menikmati suasana pagi Kota Jogja. Selain itu, makan siang dan makan malam pun juga sangat cocok untuk memilih gudeg sebagai menu nya.

Harga Gudeg Kaleng

Istimewa pada Gudeg Wijilan adalah dimana wisatawan dapat membeli gudeg dengan kemasan berbentuk kaleng. Kemasan kaleng ini tentunya masih tetap berisikan gudeg serta pelengkap lainnya dan tidak dikurangi sedikitpun. Gudeg pada kaleng tetap menyimpan cita rasa yang kaya akan kuliner khas jogja . Krecek, ayam , dan telur selalu menjadi pelengkap utama yang tidak pernah ditinggalkan. Gudeg yang dikemas dalam kaleng merupakan bentuk inovasi kemasan yang memberi keuntungan bagi wisatawan.

Berat Gudeg kaleng

Bagi wisatawan yang memilih gudeg sebagai oleh – oleh, tidak perlu dikhawatirkan lagi karena dengan bentuknya yang sudah praktis. Hal ini akan membuat gudeg tetap aman saat dibawa pulang dengan jarak tempuh yang jauh. Kemasan gudeg kalengan ini seukuran 300 gram yang bisa dimakan oleh 3 hingga 4 orang. Rasanya pun tetap sama dan nikmat akan perpaduan santai yang gurih pada gudeg.

Harga Gudeg Kaleng & Keawetannya

Satu kaleng gudeg biasanya dihargai dengan Rp. 35. 000. Cukup terjangkau kan pastinya, apalagi dengan seharga demikian rasa dari khas makanan gudeg tetap lezat dan nikmat. Untuk ketahanan pada gudeg dalam kaleng, bisa berlaku hingga satu tahun.

Gudeg berkaleng ini bisa dinikmati oleh siapapun. Karena gudeg mengandung nutrisi yang sehat dari buah nangka muda yang dipadukan dengan santan. Apalagi gudeg sangat cocok di makan bersama keluarga serta ditemani dengan air teh hangat. Keawetan gudeg selama satu tahun ini bisa menjadi keunggulan tersendiri. Sehingga bisa disimpan untuk waktu yang lama. Karena teknologi pengemasannya lah yang membuat gudeg ini bisa awet dan tahan lama. Bagi wisatawan yang tidak jadi menikmati paket wisata Jogja karena kesibukan, tetap bisa membeli gudeg berkaleng untuk mengobati kerinduannya pada gudeg Jogja.

Gudeg Kaleng, Solusi oleh-oleh Khas Jogja Banget

Gudeg wijilan kemasan kaleng sangat cocok sekali sebagai rekomendasi pilihan oleh-oleh khas jogja khususnya bagi wisatawan luar daerah. Dengan bentuknya yang aman dan praktis akan memudahkan saat membawanya. Apalagi harga gudeg yang diberikan sangatlah terjangkau. Cita rasa yang diberikan tetap sama pada khas olahan gudeg. Menu pelengkap menjadi bahan yang dikemas secara bersama dengan nangka muda padan santan ini. Semua itu akan menjadikan berwisata ke Kota Jogja semakin berkesan dengan membawakan oleh – oleh gudeg untuk rekan maupun keluarga tercinta.

Gudeg kaleng ini karena khas sekali dan mewakili Jogja banget, maka bisa menjadi pilihan utama oleh-oleh. Khususnya bagi wisatawan luar Jawa yang kangen dengan masakan khas Jawa dan menyukai rasanya. Memang, ada lidah-lidah tertentu dari daerah Sumatera dan sekitarnya yang cenderung kurang cocok dengan rasa gudeg. Mereka lebih menyukai masakan pedas dan gurih dibandingkan kecenderungan rasa gudeg yang manis. Akan tetapi, gudeg ini tetap ada penggemarnya dan sebagai oleh-oleh yang ikonik seperti halnya bakpia.

Selain Gudeg Kaleng, Ada juga Gudeg Kendil & Gudeg Besek

gudeg kendil
Gudeg Kendil

Selain adanya gudeg kaleng yang ekonomis dan praktis, ada jenis kemasan lainnya dari gudeg. Yakni berupa kendhil yang dibuat dari gerabah atau tanah liat. Kemasannya jauh lebih besar dari gudeg kaleng, tetapi keawetannya tidak bisa bertahan lama. Harganya juga jauh lebih mahal sekitar Rp. 125.000 karena kemasannya jauh lebih banyak dan besar. Akan tetapi, untuk masa bertahannya hanya sekitar tiga hari saja meskipun sifat gudegnya adalah gudeg kering.

Gudeg Kendhil yang khas ini memang unik. Akan tetapi ketika segera disimpan dalam kulkas, gudeg Kendhil bisa tahan hingga tujuh hari lamanya. Gudeg kendhil yang unik ini kemudian dikembangkan menjadi gudeg kaleng yang sifatnya bisa lebih awet. Sehingga adnaya gudeg kaleng merupakan bentuk pengembangan dari gudeg kendhil yang awalnya sudah ada. Yuk, jangan lupa beli oleh-oleh gudeg ketika nanti menikmati paket wisata Jogja.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja