Wisata Jogja: Paket Liburan & Tour Custom

"Couple Honeymoon, Family Trip, Company Gathering"

085-329-196777 (AS)        BBM: 5E5C3FAE / JG196777
087-837-196777 (XL)        WA: 087 837 196777
Email: [email protected]

Makanan Khas Tradisional Kulon Progo, Bisa Dijadikan Oleh-oleh Wisata

Kulon Progo merupakan kabupaten di Jogjakarta yang terletak di sisi sebelah barat. Menuju ke sana, dapat ditempuh dalam waktu satu jam dari pusat kota Jogjakarta. Kabupaten Kulon Progo memiliki banyak destinasi menarik dan baru yang bisa dinikmati wisatawan. Beberapa tempat memang instagrammable dan memiliki spot foto menarik. Contohnya adalah Kalibiru dan wisata Pule Payung. Selain itu Kabupaten Kulon Progo juga terkenal dengan makanan kulinernya yang khas dan menggoda. Berikut ini daftar makanan khas kulon progo.

7 Makanan Khas Kulon Progo

Cenil

makanan khas kulon progoCenil adalah makanan khas kulon progo yang terbuat dari sari pati ketela pohon. Dengan taburna gula pasir dan  parutan jelapa diatasnya. Membuat makanan ini berasa manis dan disertai sensai gurih alami parutan kelapa. Biasanya makanan ini berwarna warni, yaitu pewarna alami. Jika digigit teksturnya kenyal di lidah. Penasaran pengen coba? jangan lupa berburu makanan ini ya guys.

Geblek Kulon Progo

khas kulon progoMakanan yang satu ini merupakan makanan yang berasal dari Kulon Progo dan mempunyai nama yang unik lho. Bahan dasar untuk membuat geblek yaitu tepung kanji. Untuk rasanya sendiri geblek ini mempunyai rasa cenderung rasa aci dan kenyal. Makanan yang satu ini sangat cocok dimakan dengan tempe benguk. Geblek menjadi ciri khas dan oleh-oleh yang harus dibawa sepulang dari wisata di Kulon Progo. DI sepanjang jalan di sana, banyak pedagang yang menjual geblek di pinggir jalan.

Cethot Kulon Progo

camilan kulon progoCethot merupakan kuliner yang terbuat dari bahan dasar singkong yang di olah menjadi kue. Makanan ini memiliki ciri khas yaitu warnanya warna warni dan bentuknya lucu yang dikasih dengan taburan kelapa parut. Saat ini mungkin sudah jarang menemukan berbagai makanan tradisional di kota. Jadi, sewaktu mudik nanti kalian bisa coba cari jenis makanan satu ini. Mungkin akan mengingatkanmu dengan masa kecil dahulu. Dan ini bisa menjadi semacam wisata nostalgia ketika di Jogjakarta.

Tempe Besengek

olahan khas kulon progoTempe besengek merupakan makanan tradisional favorit dari Wates Kulon Progo. Bahan dasar pembuatan tempe ini adalah kacang benguk atau kacang koro. Tempe besenguk ini adalah makanan sajian utama di Kulon Progo buat para tamu. Tempe besengek merupakan sebuah masakan tempe benguk yang di olah dengan tambahan santan kental seperti areh yang telah di bumbui opor. Kemudian areh tersebut di balurkan pada tempe benguk yang sudah matang hingga meresap. Tempe besengek ini cocok di makan dengan geblek atau growol.  Wah udah jodohnya banget dengan geblek makanan khas Kulon Progo yang pertama tadi. Wisata kuliner Jogja edisi nostalgia bisa deh dicoba di kawasan Kulon Progo ini.

Enting-enting Jahe

makanan tradisional kulon progoEnting-enting jahe merupakan makanan yang terbuat dari campuran gula, kacang wijen, kelapa, dan vanili. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan pedas, rasa pedas ini berasal dari rasa jahenya yang berpadu dengan sempurna. Cocok dimakan dimusim hujan karena menghangatkan badan. Tapi juga bisa dipilih kapanpun sebagai ole-oleh khas yang berasal dari Kulon Progo.

Teh Sangrai

teh sangraiKulon Progo terkenal dengan perbukitan manoreh yang memiliki 200 ha perkebunan teh yang terdapat di Desa Nglingo. The Sangria merupakan teh yang diolah sendiri oleh penduduk sekitar. Teh tersebut dihasilkan langsung dari perkebunan teh Nglingo Kulon Progo. Cara pembuatan teh sangrai ini cukup unik lho, yaitu semacam digoreng menggunakan wadah yang terbuat dari tanah liat, tanpa campuran daun melati. Sehingga minuman teh yang dihasilkan berbeda dengan teh hitam yang biasanya. Wah benar-benar menjadi pengalaman wisata teh yang menarik di Kulon Progo. Coba deh sekali-kali kunjungi bersama anggota keluarga ketika liburan di Jogja.

Peyek Undur-undur

oleh-oleh khas kulon progoPeyek undur-undur merupakan makanan khas pantai Glagah yang memiliki rasa yang gurih dan renyah. Jenis peyek ini di buat dari beberapa bahan seperti tepung beras, tepung kanji, kuah santan, bawah putih, kemiri, ketumbar, garam kencur dan daun jeruk. Untuk makanan kuliner yang satu ini harganya murah lho, per bungkusnya dijual dengan harga Rp. 5000. Untuk bisa membeli peyek undur-undur ini kalian bisa membelinya di sepanjang pantai seperti pantai glagah Kulon Progo, pantai parangkusumo, dan pantai parangtritis. Aneh memang sepertinya ya, tetapi daripada penasaran bisa deh dicoba untuk membeli peyek satu ini. Khususnya ketika liburan lebaran di Kulon Progo nanti.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja I Paket wisata Jogja
× Chat whatsApp