Wisata Jogja: Paket Liburan & Tour Custom

"Couple Honeymoon, Family Trip, Company Gathering"

085-329-196777 (AS)        BBM: 5E5C3FAE / JG196777
087-837-196777 (XL)        WA: 087 837 196777
Email: [email protected]

Kuliner Murah Jogja Dekat Dengan Pasar Beringharjo dan Malioboro

Hello guys kembali lagi dengan saya yang nggak ada bosennya memberi kalian informasi seputar wisata di Jogja. kali ini kita akan membahas seputar kuliner. Kuliner adalah bagian dari wisata, oleh karenanya ada sebutan wisata kuliner. Berbicara mengenai kuliner, ada beberapa kuliner murah jogja yang ada di dekat malioboro dan pasar beringharjo. Nah, apa saja kulinernya? Langsung saja yuk kita simak artikelnya!

9 Kuliner Murah di Pasar Beringharjo, Malioboro

1. Warung empal Bu Warno

makanan murah di jogjaMungkin ini merupakan kuliner yang jarang kalian temui di kota lain guys. Meskipun cuma menjual menu sederhana khas Yogyakarta, tapi kelezatan empal di Warung Empal Bu Warno boleh diadu. Empal daging yang ukurannya cukup tebal, namun teksturnya empuk. Mudah dikoyak dengan garpu atau sendok. Campuran bumbunya pun terasa lezat di lidah. Suka pedas? Tambahin sambal korek deh pas makan empal! Selain sambal korek, ada juga sambal petis. Bukan cuma menjual empal, Warung Empal Bu Warno juga menyediakan abon sapi/ayam, rambak, keripik paru, keripik ceker, sayur lodeh, dan lain-lain. Harganya mulai dari Rp 17.000 per porsi. Guys kalian harus mencicipi kuliner yang satu ini deh pokoknya. Datang ya  ke sana agar paket wisata Jogja yang kalian jalani lebih berkesan.

2. Sate Kere Mbah Suwarni

sate kereKalian tau sate kere tidak?. Sate kere atau dalam bahasa Indonesia sate miskin terbuat dari bahan yang seadanya. Yaitu berasal dari gajih atau lemak sapi yang diberi bumbu rempah dan kecap. Kemudian dibakar di atas arang api guys. Nah di Pasar Beringharjo terdapat kuliner Sate Kere yang rasanya patut kalian cicipi. Yaitu sate kere milik Mbah Suwarni. Tekstur Sate Kere kenyal dengan rasa gurih dan manis. Pokoknya bikin nagih! Selain Sate Kere, tersedia menu sate lain, seperti Sate Daging Sapi, Sate Ati Ampela, Sate Kulit, dan Sate Bakso. Per tusuknya, sate-sate di sana dibandrol dengan harga antara Rp 2000 – 450o* per tusuk. Murah banget ya untuk wisata kuliner Jogja

3. Bakmi Pentil

bakmi penthilDisebut dengan bakmi pentil ini disebut demikian karena memiliki tekstur yang hampir sama dengan karet pentil. Selain itu rasanya juga nikmat loh guys. Di Pasar Beringharjo ini terdapat kuliner bakmi pentil yang patut kalian cicipi apabila kalian sedang berkunjung ke Jogja. Seporsinya hanya Rp 3000, tapi kamu bisa minta porsinya dibuat lebih banyak dengan tambahan harga. Cotohnya seperti Rp 5000 atau Rp 7000. Tekstur mienya sangat kecil dan kenyal berbeda dari mie pada umumnya. Karena terbuat dari tepung tapioka. Bakmi Pentil hanya dimasak polos dengan bawang putih, kemiri, dan garam. Lalu diberi tambahan bawang goreng dan sambal mentah pedas.

4. Sup Kembang Waru

Sup kembang waru merupakan makanan yang biasa dihidangkan ketika ada pesta pernikahandi Jogjakarta. Sayur atau sup ini adalah sup bening dengan aneka sayuran, seperti buncis, wortel, tetelan daging, atau ceker ayam. Yang bikin makanan ini spesial adalah tambahan sejenis siomay bungkus dadar yang dibuat mirip bunga waru. Orang sering menyebutnya Siomay Kembang Waru. Di Pasar Beringharjo ini kalian akan menemui sup kembang waru ini guys, rasanya nikmat deh pokoknya kalian harus mencicipi langsung ke Pasar Beringharjo ini nih guys.

5. Soto Daging Sapi Bu Pujo

Soto daging Sapi ini disajikan dalam porsi kecil sehingga membuatnya istimewa. Jadi jangan heran jika melihat pengunjung yang nambah hingga 2 atau 3 mangkuk karena kenikmatanya. Dalam mangkuk soto berisi nasi putih, soon, potongan kol, tauge, potongan daging sapi, disiram dengan kuah bening dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Biasanya mangkuk-mangkuk telah diisi dengan bahan-bahan dan ditata rapi. Sehingga  jika ada yang memesan tinggal menyiramkan kuah sotonya. Rasa soto daging sapi bu Pujo cukup ringan di lidah, terasa pas dan segar tanpa rasa bumbu-bumbu yang berat. Biar rasanya lebih mantap tambahkan perasan air jeruk nipis, kecap dan sambal sesuai selera. Tertarik kesini nggak nih guys? sedep banget dah pokoknya. Cocok nih buat jadi tujuan kuliner dalam paket wisata Jogja.

6. Es dawet Mbah Hari

Es Dawet satu ini masuk kedalam kuliner legendarisnya Pasar Beringharjo guys. Karena sudah dijual selama 40 tahun nih, dijual seharga Rp4.000 sajaM menurut saya tidak sebanding dengan kesegaran dan nikmatnya santapan dawet yang satu ini guys. apalagi jika disantap saat siang hari yang panas, widihh nggak kebayang deh kenikmatannya kaya gimana. Eitsss tunggu dulu guys jika kalian ingin mencicipi kuliner yang legendaris dengan harga yang minnimalis ini kalian perlu mengantre dulu dong. Ya jangan heran karena dawet ini selalu menjadi buruan para pembeli di Pasar Beringharjo.

7. Soto pites Mbah Galak

Kuliner yang satu ini cukup unik namanya guys. Karena si penjual yang bernama Mbah Suwarni ini memang terkenal Judes dan galak hehe. Jangan salah doong guys soto ini berbeda dengan soto yang lain karena dikenal dengan penggunaan cabai rawit yang telah dipites menggunakan ibu jari dulu. So sambal disini sudah digantikan dengan cabai rawit yang telah dipites dahulu,  rasa Gurih dan segar adalah kesan pertama saat mencicipi soto pites. Kuahnya yang bening dengan aroma rempah khas soto, berpadu pas dengan pedasnya cabai rawit yang dipites. Irisan dagingnya yang empuk pun memberikan tambahan rasa yang istimewa bagi soto ini. Isi dari soto ini terdiri nasi, tauge, sledri, dan daging. Untuk menikmati soto ini disediakan kecap dan jeruk nipis, tetapi tidak ada sambal karena telah ada “pitesan” cabai. Cabainya sendiri direbus terlebih dahulu sebelum dipites. Wow unik dan bikin penasaran, ketika kamu sedang wisata di Jogja datangi dan coba langsung ya.

8. Rumah Makan Bu Sum

Ini dia merupakan warung makan cocok bagi kalian yang ingin flashback ke tahun 60an. Warung makan Bu Sum ini sudah berdiri sejak tahun 60-an dan dikelola sendiri oleh Ibu Sumiyati. Warung makan yang dulunya hanya dikunjungi oleh orang yang bekerja di pasar kini sudah mulai dikunjungi wisatawan. Mengapa demikian? Tak lain karena rasanya yang sangat pas di lidah, selain itu menu yang ditawarkan disini mulai dari Soto Ayam, Gulai, dan berbagai jenis gudeg. Harga per porsi makanan di sana berkisar antara Rp 8 ribu sampai Rp 15 ribu*. Terjangkau banget, kan! So kalian tertarik gak nih kesini guys? Khusunya dalam rangka wisata Jogja edisi murah meriah.

9. Pecel lontong Mbak Sri Cilik

Kuliner yang sangat sederhana dari Pasar Beringharjo nih guys. Pecel yang diolah Mbak Sri Cilik menggunakan berbagai macam sayuran, seperti daun pepaya, bayam, dan bunga turi. Pecel di sana menggunakan lontong sebagai pengganti nasi. Kalian harus mencicipi pecel yang satu ini karena citarasa yang khas. Citarasa ini  berasal dari olahan turun temurun mbak Sri Cilik ini. Nah gimana nih guys kalian jika ke Jogja jangan lupa mampir kesini ya guys.

Well, mungkin itu semua guys informasi kuliner murah jogja yang bisa saya berikan kepada kalian. Semoga bisa terlaksana untuk mencicipi satu satu ya guys, jangan lupa ajak saya dong guys ehehe. Semoga informasi mengenai 10 wisata kuliner dari Pasar Beringharjo yang cocok bagi para backpacker bisa menambah wawasan kalian ya. Selamat Menjalani Paket Wisata Jogja Edisi Backpacker yaa..

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja I Paket wisata Jogja
× Chat whatsApp