PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Kuliner Ingkung Ayam Kampung, Kelezatannya Tak Tertampung

ingkung ayam kampung jogjaIngkung ayam kampung Jogja – Mau blusukan demi santapan wisata kuliner lezat yang menggoyang lidah anda? ssst..saya kasih tahu yaa salah satu area kuliner yang sudah tercluster dan terkenal sebagai desa penghasil Ingkung yang lezat nan memikat. Yes, tepatnya di daerah Pajangan, Bantul. Bagian sudut Selatan Kota Jogjakarta ini, bisa ditempuh hanya sekitar 45menit sampai 1 jam saja menuju kesana. Tepatnya di dusun Dantan, Pajangan Bantul tempat ini menyediakan tidak hanya satu warung dan tempat makan khas dengan menu ingkung.Kita bisa menemukan 5 hingga 10 tempat kuliner ingkung yang sudah punya ratusan penggemarnya masing- masing.

Harga ingkung ayam kampung Jogja

Kenapa Ingkung ayam kampung jogja? Disamping rasanya yang jauh lebih lezat dibanding dengan ayam negeri, Ingkung ayam kampung ini juga lengkap citarasa nya karena kita bisa nenemukan berbagai jenis masakan dan menu nya. Ada Ingkung Ayam Kampung Asli atau Original, ada rica- rica ayam kampung dan juga ada Ingkung Bakar. Ahh..bikin kita nelen ludah yaa membayangkan nama- nama menunya saja. Selain itu, agar semakin lengkap, dalam menu tersebut juga disertakan lalapan, sambal khas, dan juga oseng daun ketela yang memang sudah menjadi pasangan utama menu ini.

Bagaimana kiranya yaa harga nya? well, untuk ukuran menu ayam kampung..harga untuk satu porsi berkisar dari 120.000 hingga 150.000 per porsi besar utuh satu ayam Kampung Ingkung nya. Jika meghendaki ukuran kecil kita bisa memilih di harga 120.000. satu porsi ayam kampung utuh ini bisa cukup untuk 4 sampai 5 orang lho. Jelas saja nanti kita akan menikmati relatif lebih banyak ayamnya dibanding nasinya. Bakalan membuat kita ketagihan deh rasanya.

Tempat Makan Ingkung ayam Kampung Jogja

Beberapa waktu lalu saya sempat mencoba juga mencicipi salah satu Ingkung yang terkenal, namanya Ingkung Kuali punya rekan saya dan wow..satu porsi ayam kampung yang kecil untuk kami berempat bisa lebih dari cukup.rasanya..? jangan ditanya yaa..saya rekomendasikan untuk nyobain Ayam kampung original nya yang gurih memikat dan juga ayam Ingkung rica-ricanya yang pedas menggila. Well guys..laper sudah ini jadinya yaa..let we try it..from the origin of Ayam Ingkung Khas Bantul.

Warung Ndeso

ingkung ayam kampung jogjaKuliner Ingkung ayam kampung jogja ini bukanlah sesuatu yang baru karena di daerahnya Pajangan, bantul memang sudah puluhan tahun terkenal sebagai sentra Ingkung. Warung makan Ingkung yang terkenal ada beberapa ya guys di Pajangan Bantul ini. Yang pertama adalah Warung Ndesso. Warung Kuliner yang menyediakan Ingkung Ayam Kampung ini berkonsep tradisional dengan bangunan dari bambu. Terdapat tempat duduk berupa meja kursi dan juga fasilitas lesehan. Sehingga kita bisa lebih leluasa dan duduk lebih lama untuk bercengkrama sambil menunggu pesanan Ingkungnya siap. Ada kolam kecil juga yang menambah suasana lebih adem dan sejuk, meskipun memang sudah sejuk karena terletak di Desa. Banyak yang mengatakan Warung Ndesso ini adalah Pelopor atau yang menginspirasi berdiri beberapa warung kuliner Ingkung ayam kampung di Pajangan. Dinamakan Warung Ndesso adalah karena warung ini memang memberdayakan masyarakat desa dan juga terletak di Desa Guwosari Pajangan Bantul. Ingkung yang dahulunya adalah bagian dari persembahan dalam upacara tradisional, saat ini sudah bergeser menjadi menu yang banyak diburu. Cobalah, bersama keluarga atau rekan sekantor untuk mencoba salah satu Kuliner khas Bantul ini, dipastikan nagih dan ingin kembali. Atau bagi kalian yang berencana liburan ke Jogja, masukkan daftar kuliner ingkung ayam kampung dalam paket wisata jogja mu.


Ingklung Joglo

ingkung ayam kampung jogjaSelanjutnya,  Ingkung Ayam Kampung Pajangan lainnya yang cukup terkenal adalah Ingkung Joglo. Ingkung Joglo ini teletak di desa Kalalijo, Guwosari, Pajangan Bantul. Lokasi Ingkung Ayam Joglo ini berada di pinggir jalan besar sehingga lebih mudah terakses. Tempat makan ini juga disertai dengan konsep khas desa dan berada di pinggiran sawah yang sejuk menghijau. Betapa makin nikmat, ketika tengah hari perut keroncongan dan kita makan Ingkung Joglo yang lezat. Tempat-tempat makan juga berbentuk Gazebo-Gazebo kecil yang terpisah satu sama lain sehingga sangat cocok untuk keluarga. Di sana tidak hanya menyajikan menu khas Ingkung Ayam Kampung saja, tetapi berbagai olahan Ikan juga tersedia disini. Melengkapi olahan Ayam Kampung dan Ikan itu tersedia juga menu sayuran yang segar seperti Kangkung dan Oseng-oseng daun ketela. Semua masakan Ingkung Ayam Kampung jogja di daerah ini dimasak dengan cara tradisional yakni tungku dan bahan bakar nya dari kayu. Karena rasa yang muncul akan sangat berbeda dan jauh lebih lezat dibanding dengan yang dimasak dengan kompor. Pastikan Ingkung Joglo ini pernah dicoba untuk referensi liburan di Bantul sekaligus wisata Kulinermu.






Ingkung Kuali

ingkung ayam kampung jogjaKuliner Ingkung Ayam Kampung jogja berikutnya yang cukup terkenal adalah Ingkung Kuali. Ingkung Kuali ini juga termasuk salah satu warung kuliner Ingkung yang Ngehits di Pajangan. Di sana hal yang bikin beda adalah kita bisa request Ingkung Original, Ingkung Bakar atau Rica-Rica Ingkung. Semuanya sangat lezat dengan nuansa desa dan alam yang menyatu. Pengembangan nya juga dilakukan lebih kreatif yakni menyediakan jasa outbound untuk para tamunya. Tersedia juga fasilitas beberapa homestay yang menyatu dengan Ingkung Kuali ini. Di sebelah utaranya terdapat Hall besar sebagai ruang pertemuan yang terbuat dari bambu. Hall ini sangat Instagrammable lho Guys. Sehingga kita bisa photo eksis bareng temen-temenmu sembari mencicipi kuliner Ingkung yang Lezat. So, Kapan lagi bisa rasaian kuliner Khas yang sudah turun temurun dan Lezat Abiz ni. Buruan..Yummy..

ingkung ayam kampung jogja

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja