PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Destinasi Wisata Untuk Kunjungan Industri Bidang Seni dan Kreatif

Hai sobat, sudahkah kalian berkunjung ke Jogja?.  Kota yang terkenal dengan berbagai pilihan destinasi wisata sejarah, budaya, kuliner, dan kearifan alamnya. Tapi, tidak hanya itu, Jogja juga memiliki tempat-tempat wisata kerajinan yang patut anda kunjungi . Tempat wisata seni Jogja ini tidak harus menguras dompet terlalu banyak karena barang yang dijual relatif terjangkau.

Jogjakarta menjadi daerah tujuan wisata budaya dan seni yang cukup diminati. Baik oleh wisatawan asing maupun domestik. Dalam paket wisata Jogja juga banyak menyertakan unsur seni dan budaya. Mulai dari destinasi wisatanya, pertunjukannya serta hal lainnya yang bisa dinikmati wisatawan.

Jogja, Kota Seni dan Kreatif

Sebagai kota pelajar, Jogja juga cukup kuat posisinya dan pengakuan dari luar. Terbukti dengan banyaknya mahasiswa luar Jogja yang mengenyam pendidikan di kota gudeg ini. Agaknya sangat sempurna jika kemudian Jogja banyak dipilih dalam paket wisata study trip Jogja. Terutama banyak sentra kerajinan di Jogja yang bisa dijadikan tempat untuk study baning yang edukatif.

Paket wisata Jogja untuk study trip pastilah mengandung unsur edukasi yang memberikan pelajaran. Sekolah tertentu memilih Jogja untuk tempat kunjungan dalam agenda kunjungan industri dari sekolah. Biasanya siswa SMK jurusan seni dan kriya lah yang membutuhkan study banding di tempat bernuansa seni budaya. Jadi, sekalian menikmati paket wisata Jogja juga menikmati wisata kunjungan industri di pusatnya kerajinan di Jogja.

10 Tempat Wisata Jogja dan Sentra Kerajinan, Cocok untuk Kunjungan Industri

Kotagede

Yuhuuu… untuk anda yang sedang mencari perhiasan perak, maka wisata belanja ini dapat menjadi piliannya. Kotagede merupakan pusat wisata kerajinan perak di Jogja. Di kotagede, kita bisa melihat banyak sekali toko-toko yang menjual kerajinan berbahan perapak ini.  

Bahkan di Ansor Silver serta HS silver Kotagede, siswa tidak hanya bisa melihat. Namu bisa mengamati bahkan mencoba untuk terlibat dalam proses pembuatan kerajinan perak. Dalam paket wisata Jogja khusus untuk turis asing, tempat ini pasti dikunjungi sebagai pusat wisata belanja.

Dagadu Jogja

Dagadu Jogja menjadi ikon oleh-oleh kaos khas Jogja yang otentik. Seni dari memainkan kata membuat brand ini unggul dan dicari oleh banyak wisatawan. Kunjungan ke dagadu Jogja sangat cocok bagi siswa SMK jurusan seni maupun jurusan tata busana.

Dagadu menjadi sebuah brand oleh-oleh yang besar di Jogjakarta. Bahkan tidak hanya siswa jurusan seni saja yang bisa mengunjungi tempat ini. Jogjatorium adalah tempat di sentra dagadu pusat yang disediakan untuk para pengunjung.

Rombongan yang datang di Dagadu pusat untuk study banding Jogja biasanya diterima di ruangan ini. Kemudian pihak Dagadu akan menyambutnya dan menjelaskan banyak hal tentang sejarah lahirnya Dagadu.

Batik Giriloyo

Batik  Giriloyo ini terletak di Jogja bagian selatan dan bisa ditempuh dengan perjalanan selama 30 menit. Giriloyo menjadi destinasi wisata seni untuk kalangan manapun dalam paket wisata Jogja. Khususnya bagi siswa SMK jurusan seni yang ingin mengadakan kunjungan ke Jogjakarta.

Pengunjung bisa praktik langsung membuat batik di Joglo bersama dengan penduduk lokal. Masyarakat di sana sangat antusias untuk menularkan ilmu membatiknya. Bahkan masyarakat sudah sangat bisa berdaya dengan adanya kerajinan batik ini.

Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo ini merupakan pasar tertua di Jogja. Walaupun tertua tapi nggak ada habis-habisnya untuk wisatawan lokal maupun mancanegara yang sering datang kesini. Selain menjual bahan-bahan pokok, dan juga batik, tempat ini adalah surganya belanja dan wisata seni. Sebab banyak kerajinan lokal khas Jogja yang dijual dengan murah di pasar ini.

Pasar ini juga menjual berbagai souvenir yang cocok untuk dibuat oleh-oleh, letaknya pun masih berada di kawasan destinasi wisata Malioboro. So, bagi yang sedang liburan di Malioboro jangan lupa untuk datang. Pasar Beringharjo menjadi ikon wisata Jogja yang tidak bisa ditinggalkan terutama bagi mereka yang suka belanja

Malioboro

Siapa sih yang nggak tahu destinasi legendarisnya Jogja yang satu ini?. Tempat yang pas untuk wisata belanja, disepanjang jalan Malioboro kita sudah disuguhkan dengan berbagai barang unik dengan harga menarik. Pastinya membuat kita gemas untuk membelinya.

Mulai dari aneka kaos bertemakan Jogja, batik, cinderamata, dan yang lainnya. Kuy belanja buat oleh-oleh untuk keluarga tercinta. Malioboro menjadi ikon paket wisata Jogja yang harus dikunjungi. Jogjakartour juga menjadikan destinasi ini sebagai kunjungan favorit, lho. Banyak hal yang bisa diamati dan dipelajari oleh siswa jurusan seni dan kriya yang mengunjungi Malioboro.

Pasar Seni Gabusan

Bagi sobat yang suka mengoleksi berbagai barang-barang kerajinan, jangan lupa mampir ke pasar seni gabusan. Pasar seni gabusan merupakan pusat wisata kerajinan Jogja. Tempat wisata belanja ini menawarkan berbagai barang-barang kerajinan seperti keris, ukiran, guci, batik kayu. 

Bahkan logam perak juga dengan mudah anda temukan. Dengan luas area sekitar 4 hektar dan bisa untuk memuat 444 pengrajin lho. So, bisa dipastikan pasti akan ada banyak sekali barang-barang cantik yang dipamerkan di sini dan bis menjadi tempat wisata study banding pelajar SMK.

Pasar Senthir

Pasar yang masih berlokasi di Pasar Beringharjo ini.  Dibuka pada pukul 19.00-24.00 WIB. Di sini kita dapat menemukan berbagai jenis barang antik dan vintage. Mulai dari majalah dan buku bekas dan bahkan barang onderdil mobil maupun motor bekas lainnya. Pasar ini termasuk juga wisata seni yang bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi para siswa yang datang.

Batik Roro Jonggrang

Paket wisata Jogja edisi study trip yang cocok untuk digunakan sebagai study banding berikutnya adalah Roro Jonggrang. Tempat ini berlokasi di pusat kota Jogja sebagai sentra kerajinan batik. Pengunjung bahkan bisa praktik membatik yang disediakan di sini. Harganya sangat murah hanya sekitar Rp. 35.000 saja untuk menjajal membatik di sana.

Sentra Kulit Manding

Tempat wisata Seni dan study banding berikutnya ini ini terletak di Jalan Parangtritis KM.11 ini menawarkan aneka tas, ikat pinggang, sepatu, dompet, jaket, fashion item berbahan kulit lainnya yang dijual dengan harga 70.000-1 juta rupiah.

Di sana terdapat banyak pengrajin lokal yang memproduksi beraneka jenis kerajinan. Tentunya sangat pas jika siswa SMK jurusan seni mengadakan kunjungan industri ke tempat ini.

Sentra Keris Pucung

Jogja bagian selatan berikutnya yang cocok untuk dikunjungi dalam paket wisata  study trip Jogja adalah Pucung. Pucung ini terkenal dengan kerajinan kerisnya dan kerajinan kulitnya. Pucung terletak berdekatan dengan sentra batik Giriloyo tadi. Bagi siswa SMK jurusan seni bisa mengunjungi sentra kerajinan ini untuk wisata dan belajar.

Itu semuanya, destinasi wisata study banding khas Jogja yang bertema seni dan budaya. Sehingga bisa menjadi pertimbangan bagi sekolah di luar Jogja untuk memilihnya. Jogjakartour siap menjadi tour organizer untuk menyempurnakan agenda wisata di Jogja bersama rombongan.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja