PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Dampak Positif & Manfaat Wisata untuk Kesehatan

manfaat wisata untuk kesehatanBerwisata, siapa yang enggak mau coba?. Karena aktivitas ini disamping sangat menyenangkan juga termasuk agenda yang ditunggu-tunggu. Betapa tidak ditunggu, sebab berwisata adalah aktifitas ringan, menyenangkan dan tanpa beban. Hampir semua rangkaian nya adalah untuk mendapatkan kebahagiaan. Aktifitas wisata juga menjanjikan keadaan yang lebih fresh setelahnya sebab adanya hormon endorfin yang berhasil dimaksimalkan selama kegiatan berwisata. Nah, jika dalam tubuhmu dan dirimu sudah memberikan sinyal-sinyal kelelahan dan butuh piknik, saatnya tentukan agenda wisatamu. Karena aktivitas wisata membuat sehat baik fisik, jiwa dan mental. Apa saja manfaat wisata untuk kesehatan? lanjutkan baca ya guys…

Ada banyak sekali pilihan destinasi wisata di Indonesia ini yang terkenal dengan berbagai destinasi ala, dan budaya. Apabila memang kali ini wisatamu dijadikan agenda untuk berhemat dan ingin menggunakan budget yang ekonomis. Tidak ada salahnya Jogja menjadi pilihan hati untuk kalian ambil dalam rencana liburan terdekatmu. Paket Wisata Jogja menyediakan banyak pilihan dan alternatif kunjungan yang bisa melegakan dan mengendorkan ketegangan ototmu selama ini. Yuk, apa saja dampak positif atau manfaat  dari berwisata dilihat dari sisi kesehatan.

 

Manfaat Wisata Terhadap Kesehatan

 

1. Mengurangi Stress Berlebih

Manfaat liburan dari sisi kejiwaan adalah mengurangi stress. Nah, stress berlebih biasanya disebabkan oleh banyaknya tekanan yang bisa berasal dari pekerjaan, hubungan, maupun lingkungan sosial. Stress akan berdampak negatif terhadap tubuh yang nantinya akan mempengaruhi kesehatan yang semakin menurun. Stress berkepanjangan akan memberikan dampak terhadap menurunnya imunitas tubuh. Terbukti, aktifitas wisata adalah merefreshkan seluruh indera dan fisik sehingga sejenak bisa terlepas dari rutinitas.

Semua agenda wisata pasti diarahkan untuk bisa menyenangkan dan menyegarkan fisik dan indera. Karenanya, stress yang dialami akibat rutinitas sehari-hari akan berangsur tersembuhkan oleh agenda wisata ini. Kunjungi banyak tempat yang bisa digunakan untuk melepas kepenatan dan mengurangi stress. Sebut saja wisata alam atau wisata yang bersifat fun. Wisata alam dapat mengunjungi perbukitan, contohnya pergi ke kebun teh. Sedangkan wisata jenis fun adalah wisata bersama teman-teman dan seru-seruan, contohnya; softgame, outboud, flying fox.

 

2. Memperkuat Imunitas Tubuh

Sudah disebutkan sebelumnya, bahwa berwisata ini bisa meningkatkan dan menguatkan imunitas tubuh. Sebab, dengan adanya hormon endorfin atau efek kebahagiaan dari adanya aktifitas wisata akan membuat tubuh lebih nyaman. Sering-seringlah beraktifitas di alam atau berkebun dan yang bersinggungan dengan yang alami, maka tubuh jauh lebih fit. Imunitas tubuh ini juga dipengaruhi oleh aktifitas fisik selama berwisata yang memungkinkan kita bergerak. Sering berbaur dengan alam (aktivitas outdor) kemudian terkena sinar matahari, menghiorup udara segar, dan mengeluarkan keringat membuat tubuh menjadi sehat. Inilah pengaruh wisata terhadap kesehatan tubuh.

 

3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Manfaat wisata dari sisi kesehatan selanjutnya adalah mengurangi resiko sakit jantung. Penyakit Jantung banyak dipicu oleh pola hidup yang tidak sehat bisa dari makanan yang kurang serat dan terlalu banyak lemak. Selain itu, kurangnya aktifitas fisik juga bisa memicu salah satu penyakit berbahaya ini. Resiko penyakit Jantung bisa diminimalisir dengan aktifitas wisata yang memungkinkan kita bergerak dan menempa fisik. Jadi, tak perlu ragu untuk menjaga kesehatanmu salah satunya dengan agenda wisata jenis petualangan.

Terkadang jenis aktivitas traveling cukup memacu adrenalin. Ini akan membiasakan jantung respect lebih cepat. Seperti halnya mendaki bukit, tentu jantung akan berdetak lebih cepat karena aktivitas berjalan menanjaknya. Jadi, bagi kalian yang mengunjungi destinasi di atas bukit dan memerlukan jalan kaki, jangan khawatir. Keringat yang keluar dan jantung yang berdetak lebih cepat akan membuat kalian lebih sehat.

 

4. Membakar Kalori Karena Bergerak

Mengapa wisata membuat sehat? ini adalah contoh simpel. Bahwa aktivitas gerak saat berwisata terbukti membakar kalori. Betul banget, berwisata bisa dibilang juga merupakan salah satu bentuk olahraga secara tidak langsung. Kalori yang berhasil dibakar selama aktifitas fisik ini akan cukup menyehatkan dan bisa mencegah obesitas. Sehingga para traveler ini akan jauh lebih sehat tentu jika diimbangi dengan banyak mengkonsumsi air putih. Kalori yang dibakar karena adanya aktifitas wisata ini bisa menjadi salah satu alternatif olahraga yang menyenangkan.

 

5. Menjaga Kestabilan Emosi

Manfaat wisata dari sisi mental adalah menstabilkan emosi. Kestabilan emosi juga akan terjaga karena adanya aktifitas wisata ini bisa terbukti. Sebab, aktivitas berwisata bisa menjadi agenda penyeimbang jiwa dan fisik dalam rangkaian aktifitas. Dalam keseharian, kita membutuhkan break atau jeda sejenak setidaknya dalam ritme waktu tertentu, setidaknya setahun sekali. Agendakan dalam waktu satu tahun, usahakan minimal ada satu kali agenda berwisata yang sudah dijadwalkan. Untuk menjaga dirimu tetap waras dan juga tetap seimbang, agendakan semacam aktivitas refreshing, salah satunya adalah menikmati liburan di Jogja. Mengapa Jogja?. Jawaban nya adalah Jogja cukup tenang dan kondusif untuk menikmati liburan sehingga bisa memberikan energi tambahan untuk berkarya.

 

6. Sebagai Penyuplai Energi Positif

Energi positif memang bisa dirasakan dimanapun, melalui komunitas positif dan bertemu dengan orang-orang yang berfikiran positif. Selain itu juga bisa dengan menikmati makanan yang lezat seperti cokelat dan sejenisnya. Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menjalani hobby yang paling disukai bisa olahraga ataupun dengan jenis hobby lainnya. Nah, ada cara terakhir yang juga cukup ampuh untuk menarik lebih banyak energi positif ke dalam jiwamu. Yakni, dengan mengikuti aktifitas kembali ke alam dan berwisata di dalamnya. Inilah manfaat wisata untuk kesehatan yang tidak banyak orang tau.

Aktifitas wisata adalah agenda yang menyenangkan jiwa dan raga karena tujuannya untuk hiburan. Sehingga, dengan berwisata ini, selepasnya kita akan mendapatkan kegembiraan baru melalui pengalaman yang berkesan dan menyenangkan. Pengalaman berkesan dan gembira ini bisa menjadi modal energi positif yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan.

 

7. Menjaga Keseimbangan Fisik Dan Jiwa

Fisik dan Jiwa adalah dua unsur yang memang harus selalu seirama. Sebab, keduanya harus beriringan dan juga memiliki keseimbangan. Ada saatnya fisik maupun jiwa merasakan kelelahan dan kehampaan sehingga menuntut untuk direhatkan. Keseimbangan fisik dan Jiwa salah satunya bisa didapatkan dengan menjaga pola hidup yang seimbang. Serta menjaga rutinitas spiritual dan kehidupan dunia dan agama yang baik. Nah, selain itu jika kita menghendaki cara mudah untuk mendapatkan keseimbangan fisik dan jiwa, maka salah satunya adalah dengan berwisata.

Berwisata ini, akan menjadi semacam kalibrasi atau penetral untuk kebutuhan jiwa dan raga yang memang harus diisi. Melalui berwisata sebenarnya kita tidak hanya mendapatkan kesenangan dan hiburan semata. Adanya hubungan dan interaksi dengan orang-orang baru serta adanya aktifitas baru bisa memberikan warna terhadap jiwa. Sehingga kefahaman baru dan pengetahuan baru akan mengisi jiwa kita dengan hal-hal yang berbeda dari sebelumnya.

Yuk, sudah pada faham dan mengerti tentang manfaat wisata untuk kesehatan tubuh. Sekarang ini adalah saatnya untuk mempraktikkan dan menjalaninya. Bisa jadi, beberapa jawaban atas permasalahanmu saat ini nanti akan terurai dengan aktifitas baru dan berbeda. Salah satunya bisa kamu lakukan dengan mengikuti rangkaian agenda wisata yang cocok untukmu. Jangan bingung, sebab paket tour Jogja memiliki puluhan jenis kombinasi trip yang bisa kamu pilih. Segera booking trip untuk liburan di Jogja dalam waktu dekat ini dan rasakan manfaatnya. Apabila Jogja yang dipilih, pastinya sudah sangat tepat sebab Jogja memang kota yang tenang, adem dan penuh dengan filosofi. Dapatkan keunggulan kota kecil ini melalui rangkaian wisata yang berbeda hanya di Jogjakartour.com

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja