PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Benda & Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Traveling di Musim Hujan

Wisata adalah aktifitas yang cukup menyenangkan dan menggembirakan karena berhubungan dengan relaksasi dan bernilai fun. Sehingga untuk menyempurnakan hidupmu, memang agendakan selalu secara terjadwal kapan kiranya kamu harus berwisata. SebabĀ  berwisata sangat jelas secara ilmiah ataupun teori akan semakin membuatmu lebih hidup. Membuatmu bisa lebih berenergi selepas agenda wisatamu yang menggembirakan. Tetapi, gimana yaa kalo jadwal liburanmu bersamaan dengan musim penghujan? Tenang saja, biar aktivitas piknik tetap bejalan lancar, maka siapkan perlengkapan musim hujan harus dibawa.

Well, namanya juga piknik atau wisata ya, hujan gak hujan harus tetap berjalan gimanapun nanti akhirnya. Karena ketika di lapangan atau di obyek wisata, kita bisa cukup flexible menjalankan paket tour. Apalagi jika kamu mengambil paket wisata dari travel agent. Sebab, paket wisata khususnya di Jogja, sudah dikonsep sedemikian rupa sebab beragamnya destinasi yang dimiliki Jogjakarta.

Paket wisata Jogja yang lengkap nanti akan memungkinkan kita mengunjungi beberapa destinasi dengan konsep berbeda. Mulai dari jenis wisata budaya, wisata sejarah, wisata alam hingga wisata kekinian ala Jogjakarta. Nah, apa perbedaan nya wisata di musim hujan dengan wisata di luar musim hujan?. Bedanya pasti hanya di sisi teknis nya saja dimana kita perlu bersiap payung dan jas hujan. Destinasi yang seharusnya dikunjungi dan termasuk jenis wisata alam bisa dikondisikan untuk dikunjungi hari berikutnya. Atau jika tidak, siapakan destinasi pengganti yang kiranya berada di dalam ruang seperti De Mata Eye Trick Museum, De Arca Statue Museum maupun De Walik Museum. Baiklah, demi kenyamanan selama liburan di musim penghujan, ada baiknya kita persiapkan beberapa bekal yang perlu dibawa saat musim penghujan tiba. Apa saja? Cek Benda yang harus dibawa saat liburan di musim Hujan berikut ini.

 

10 Benda, Barang & Perlengkapan Musim Hujan

 

1. Sepatu Karet

Benda yang wajib dibawa saat traveling di musim hujan adalah sepatu dari bahan karet. Sepatu ini akan sangat membantu dan memperlancar aktifitas selama liburan di Obyek wisata. Sepatu karet yang nyaman pasti tahan terhadap air yang memungkinkan kita tidak kerepotan saat wisata. Tipe sepatu yang terbuat dari bahan karet juga mudah dikeringkan dan tidak akan mudah berbau atau berjamur ketika terkena air. Sepatu karet ini juga mudah dibersihkan jika terkena tanah basah dan sejenisnya. Pilihlah sepatu karet kuat, nyaman dan simple sehingga bisa menjadi benda andalan yang menyamankan ketika liburan di musim hujan. Dan yang perlu diperhatikan juga, cek alas sepatu usahakan bawa sepatu dengan alas bagian bawah kasar dan bertekstur. Agar jita tidak mudah terpleset/tergelincir saat menapaki permukaan tanah/batu yang basah.

 

2. Payung Lipat

benda penting di musim hujanPayung tidak hanya berfungsi di musimĀ  penghujan saja untuk melindungi diri dari air hujan. Jika musim kemarau kita juga bisa mengandalkan benda satu ini untuk melindungi diri dari sinar matahari. Payung apalagi jika musim penghujan dan kita sedang beraktifitas di luar bisa menjadi senjata utama kedua yang harus tersedia. Payung ambil yang simple dan bisa dilipat sehingga mudah dibawa dan dijinjing kemana-mana. Meski demikian, bagi yang berlibur menggunakan biro perjalan wisata, biasanya payung sudah ready atau disediakan oleh pihak travel agent yang menyelenggarakan wisata. Payung ini sudah tersedia di mobil yang siap digunakan kapan pun untuk wisatawan.

 

3. Jas Hujan

benda yang dibawa saat traveling di musim hujanJas hujan adalah benda berikutnya yang sangat nyaman untuk dipakai ketika sedang berwisata di luar ruangan. Biasanya pihak penyelenggara wisata atau travel agent terbaik di Jogja menyediakan fasilitas satu ini. Khususnya untuk trip group atau rombongan wisata dalam jumlah yang besar. Seperti wisata untuk Group di lava Tour Merapi, saat hujan turun maka kita membutuhkan Jas Hujan selama berkeliling menaiki Jeep merapi. jas hujan yang tepat untuk traveler adalah model yang simpel. Cukup memakai jas hujan model plastik. Agar ringan dibawa dan mudah dilipat dan disimpan.

 

4. Sandal Jepit

benda yang dibawa berlibur di musim hujanSandal Jepit ini juga penting banget dan memang harus ada selama menemani liburan musim hujan. Jika terlupa membawanya, kita bisa membeli di daerah tujuan wisata. Sandal Jepit akan memudahkan kita jika beraktifitas di obyek wisata untuk menggantikan alas kaki misalnya kita tidak membawa sepatu karet. Merupakan hal yang wajar apabila kita bersandal jepit ria selama liburan ketika musim penghujan datang. Sandal Jepit adalah hal atau barang yang sederhana dan terkesan remeh temeh tapi hampir semua orang membutuhkannya. Sandal jepit yang nyaman akan mengalahkan sepatu mahal yang gampang basah dipakai ketika musim hujan datang, sedang kita beraktivitas di luar. Benar kan?

 

5. Tas Anti Air atau Bawa Cover Bag

perlengkapan musim hujanBack Pack yang biasa menemani kita selama liburan juga mesti diperhatikan sebagai benda penting yang harus ada. Tas tahan air ini bisa menemani kita selama beraktifitas dan berwisata di musim hujan. Kita pun menjadi tenang terhadap barang bawaan. Apabila tidak memiliki tas yang tahan air, disarankan membawa raincoat. Cover bag adalah mantel pelindung tas. Ada beberpa brand yang sudah menyiapkan ini. Jadi manfaatkan raincoat untuk melindungi tas anda dari basah air hujan. Biasanya perlengkapan musim hujan berupa cover bag ini seringkali dilupakan, namun begitu hujan turun baru bingung. So, sekrang sudah tau ya guys pentingnya cover bag.

 

6. Baju Hangat Atau Jaket

jaket tahan air hujanBaju hangat atau jaket akan membantu kita menjadi lebih nyaman dan hangat di perjalanan. Jaket juga dapat meminimalisir terkana masuk angin. Tipe jaket yang paling pas dibawa saat liburan di musim hujan adalah jaket yang ringan dan hangat. Usahakan jaket yang dilapisi kain tahan air dibagian luarnya, sednag dibagian dalamnya menggunakan kain yang lembut dan hangat. Justru hindari membawa jaket jeans. Karena jaket jeans meskipun memiliki bahan tebal, namun cukup berat. Apalagi jika sudah terkena basah, semakin berat.

 

7. Handuk Kecil

barnag yang dibawa traveling ketika hujanHanduk Kecil ini adalah benda berikutnya yang memang cukup membantu selama traveling di musim penghujan. Sebab, apabila kita selesai beraktifitas dan basah kepala kita oleh air hujan kita bisa mengandalkan handuk kecil yang dibawa. Terutama jika wisata keluarga bersama anak-anak, tentu akan lebih repot lagi untuk mengurusi si kecil. Tetapi semua bisa diatur apabila sudah dipersiapkan dan diantisipasi dengan baik sebelumnya. Jadi, handuk kecil juga jangan lupa untuk dibawa selama liburan nanti di musim hujan.

 

8. Waterproff Gadget

benda yang wajib dibawa saat wisata dimusim hujanAktivitas wisata tidak bisa lepas dari gadget. Apalagi perilaku wisatawan millenial seperti sekarang ini. Kemanapun berada, selalu membawa ponsel. Ya, memang fasilitas ponsel berupa camera yang ada di dalamnya dimanfaatkan untuk mengabadikan momen liburan. Setelah mendapatkan foto terbaiknya, kemudian mengunggahnya/upload sebagai update di media sosial. Nah, saat hujan turun maka kalian akan rapat2 menyimpan ponsel, sehingga tidak dapat digunakan untuk berfoto ria. Oleh karenanya, agar kalian dapat menggunakan gadget saat musim hujan maka harus melindunginya dengan waterproof case. Atau biasa dikenal dengan casing anti air untuk gadget.

 

9. Kantong Plastik

benda berguna saat musim hujanPerlengkapan musim hujan yang remeh, namun kemanpun penting untuk dibawa adalah kantong plastik. Kantong plastik juga sangat dibutuhkan. Saat baju kalian basah terkena air hujan, maka butuh kantong plastik. Agar saat menyimpannya dalam tas, tidak ikut membahasi benda lainnya. Selain itu kantong plastik juga sebagai tempat untuk menyimpan sendal. Dan masih banyak lagi kegunaa kantong plastik. Jadi, usahakan bawa beberapa kantong plastik ya guys. Jangan terlalu banyak juga menggunakan kantong plastik, karena benda ini sulit terurai dalam tanah. So, tetap bijaksana dalam penggunaannya.

 

10. Multivitamin & Obat Pribadi

multivitamin saat berliburAktivitas di musim hujan dapat memembuat tubuh gampang sakit. Terlebih lagi traveling yang sebagian besar aktivitasnya dilakukan di luar ruang. Jadi, perkuatlah daya tahan tubuh. Salah satunya dengan multivitamin. Atau bagi kalian yang rentan sakit saat kehujanan, usahakan bawa obat-obatan pribadi ya guys. Dan yang paling penting dan sering diabaikan adalah, pola makan yang baik. Kecenderunganya, traveler sembarang menyantap kuliner/makanan di obyek wisata. Awas, dimusim hujan prioritaskan menyantap hindangan yang sehat dan buah-buahan.

Di atas tadi, 10 benda & perlengkapan musim hujan yang mesti dibawa saat travelling. Kesemuanya akan membantu wisata mu menjadi lebih lancar dan nyaman. Destinasi wisata Jogja yang cocok dikunjungi saat penghujan adalah yang berkonsep indoor seperti De Walik Museum, Taman Pintar Yogyakarta dan sejenisnya yang berada di dalam ruangan. Meski demikian, berwisata di alam terbuka terutama wisata air seperti Cave Tubing Gua Pindul juga tetep asik. Sebab, jika musim penghujan tiba, kita tidak perlu takut basah selama wisata air sekalian basah oleh air hujan yang menambah seru wisata. Okey, semoga informasi seputar barang yang wajib dibawa saat musim hujan tersebut dapat mencerahkan kalian yang sebentar lagi memasuki liburan akhir tahun. Saatnya ngetrip yuk

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja