PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

7 Jenis Transportasi Wisata Sesuai dengan Jumlah Peserta

Armada atau transportasi wisata yang digunakan dalam penyelenggaraan paket wisata pasti berbeda-beda. Biasanya penentuan jenis armada yang digunakan untuk wisata disesuaikan dengan jumlah peserta. Jika jumlah peserta sedikit maka jenis transportasinya lah yang akan disesuaikan agar harga paket wisata tidak mahal. Hal demikian adalah bentuk efisiensi. Karena itu, seorang Tour Planner atau perencana perjalanan di Biro Perjalanan wisata harus tanggap dan tepat dalam penentuan jenis armada ini. Pemilihan armada yang pas dan tepat merupakan salah satu komponen kepuasan wisatawan yang membeli sebuah paket wisata. Sebab travel agent juga mempertimbangkan bagasi dan kenyamanan tempat duduk selama menikmati perjalanan wisata tersebut.

Transportasi Merupakan Komponen Wisata yang Penting untuk Mendapatkan Kenyamanan

Mengapa transportasi menjadi sangat penting dan menjadi komponen penting penunjang kepuasan wisatawan?. Jawabannya adalah karena sebagian besar waktu wisata dihabiskan di dalam perjalanan. Apalagi untuk jenis wisata yang membutuhkan waktu tempuh lumayan maka jelas armada yang nyaman akan membuat wisatawan bisa nyaman di perjalanan. Terutama untuk kondisi wisata group atau rombongan yang membeli paket wisata. Mereka juga butuh fasilitas dan hiburan lain di dalam bus sepanjang menuju ke destinasi wisata.

Adanya pemandu wisata, Mic dan juga fasilitas karaoke yang menunjang akan menjadi poin plus untuk biro perjalanan wisata. Nah, apa saja ini jenis- jenis armada yang bisa digunakan untuk trip berdasarkan jumlah wisatawan yang ikut. Tentu peserta yang berjumlah 2 orang saja tidak mungkin menggunakan transportasi dengan jumlah 30 orang. Kita pelajari dan perhatikan baik-baik untuk menjadi pertimbangan dalam memilih fasilitas yang ada di paket wisatamu.

7  Transportasi Wisata

 

1. Mobil: Avanza

transportasi wisataAvanza atau yang dikenal dengan mobil paling laris dan menjadi andalan untuk wisata keluarga ini cocok untuk trip kecil. Peserta 2 orang dalam paket honeymoon Jogja juga bisa menggunakan kendaraan jenis ini untuk berwisata. Kapasitas maksimal untuk mobil avanza sebenarnya nyaman untuk 6 orang jika tanpa bagasi. Apalagi jika kita membawa bagasi lebih, maka 4 hingga 5 orang adalah ideal untuk menggunakan avanza selama wisata ini. Untuk wisata dengan jumlah 3 atau 4 orang juga masih cocok menggunakan avanza ini. Seperti halnya wisata keluarga kecil yakni kedua orang tua dan 2 anak.

 

 

 

 

 

2. Mobil: Innova

armada wisataInnova, memang lebih nyaman dan lebih besar daripada avanza dan tentunya juga lebih mahal sedikit. Nah 2 orang peserta trip juga bisa memilih avanza untuk wisatanya, asalkan berani untuk membayar lebih. Maksimalnya, kapasitas untuk innova adalah 7 orang masih mungkin jika tanpa bagasi. Akan tetapi jika membawa bagasi lebih maka 5 orang hingga 6 orang peserta sudah cukup sesak rasanya. Innova cocok untuk jenis wisata family Jogja yang kapasitasnya biasanya 4 hingga 5 anggota keluarga.

 

3. Short Elf

short elfShort elf ini adalah salah satu jenis armada wisata untuk jumlah peserta tanggung yakni dibawahb 15 orang. Jika jumlah peserta wisata nanggung melebihi 7 orang yang tidak bisa ditampung dengan Innova, maka short elf lah solusinya. Kapasitas short elf yang ideal adalah untuk 10 orang saja, akan tetapi jika dimaksimalkan nanti bisa diisi hingga 12 orang sudah termasuk dengan driver. Short elf masih memiliki harga sewa yang cenderung terjangkau sehingga ini bisa menjadi solusi daripada menggunakan 2 armada avanza dalam satu trip.

 

4. Long ELf

long elfLong Elf atau Elf panjang bisa menampung setidaknya sampai 16 orang peserta dan jika dimaksimalkan bisa sampai di 17 orang peserta termasuk driver apabila tanpa bagasi. Maka, paling nyaman adalah digunakan untuk 15 orang peserta saja dan sudah termasuk dengan bagasi.

 

 

5. Hiace

hiace jogjaTransportasi wisata bernama hiace termasuk salah satu armada yang cenderung baru dalam dunia transportasi pariwisata. Kapasitas orang yang bisa diangkut di armada ini adalah hingga 14 orang termasuk driver. Sehingga jika jumlah peserta di atas 10 yakni sekitar 12 hingga 13 orang, Hiace bisa diandalkan untuk digunakan berwisata. Kendaraan jenis ini tentu lebih nyaman dan lebih mahal daripada short elf. Armada jenis ini juga lebih diminati dan favorit dibandingkan short elf dan long elf.

 

6. Micro Bus

medium busMicro Bus adalah jenis kendaraan berikutnya yang biasanya digunakan untuk wisata rombongan. Bus jenis ini cocok untuk peserta wisata lebih dari 16 orang hingga 30 orang jumlahnya. Apabila peserta di angka tersebut maka memang sudah masuk dalam kategori wisata group atau group tour. Tentu kelebihannya jika menggunakan micro bus atau bus kecil seperti ini kita akan lebih nyaman selama wisata. Apalagi untuk group tour sudah termasuk dengan fasilitas pemandu wisata di dalamnya. Adanya mic, karaoke dan TV di dalam bus akan lebih membuat acara wisata semakin seru. Apalagi jika perjalanan menuju daerah tujuan wisata berikutnya cukup lama, wisatawan bisa menikmati hiburan yang ada di micro bus.

 

7. Big Bus

big busBig Bus atau bus besar ini merupakan jenis armada paling besar yang selama ini digunakan dalam industri wisata. Jika jumlah wisatawan lebih dari 30 orang dan kurang dari 50 orang maka kita bisa menggunakan armada jenis ini. Jumlah peserta hingga 50 orang ini sudah bisa dibilang sebagai big group dalam sebuah agenda perjalanan wisata. Fasilitas yang ada dalam big bus mirip dengan yang ada di micro bus pastinya. Sehingga tidak perlu khawatir bagi kalian yang mengambil paket wisata Jogja dengan jumlah peserta tersebut. Pastikan kalian mendapatkan fasilitas armada yang standar sesuai dengan seharusnya.

Di luar 7 jenis transportasi wisata yang sering digunakan oleh wisatawan dalam perjalanan paket wisata tersebut ada satu jenis armada lagi. Jenis ini  memang belum sering digunakan oleh pihak travel agent karena memang belum banyak tersedia. Rata-rata perusahaan transport hanya menyediakan micro dan big bus untuk melayani kebutuhan wisatawan. Nah ada namanya Medium Bus dengan kapasitas antara 35 orang hingga 40 orang. Sehingga jika sebuah biro perjalanan wisata mendapatkan tamu dengan jumlah tersebut, armada inilah solusinya.

Kenyamanan selama perjalanan wisata juga ditunjang oleh usia armada yang dipilih. Pastikan untuk semua armada kalian mendapatkan jenis tahun armada yang baru/ Sehingga kenyamanan dan juga performa transportasi masih bisa nyaman dan bagus. Untuk wisatawan rombongan yang biasanya menggunakan micro hingga big bus biasanya mereka berjumlah cukup besar. Dalam satu perjalanan wisata bisa terdiri dari 3 hingga 10 Big Bus tergantung jumlah peserta. Seperti halnya paket wisata Family Gathering dan Corporate Gathering yang bisa kalian dapatkan di Jogjakartour.com

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja