PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Budaya Jogja Pendukung Sektor Pariwisata

Jogja merupakan kota yang paling banyak dikunjungi sebagai pilihan tujuan wisata. Dengan ini menjadikan kota jogja memiliki julukan yaitu kota wisata. Hal yang mendukung kota Jogja sebagai tujuan wisata adalah dimana kota jogja memiliki bermacam – macam kebudayaan yang mendukung adanya pariwisata. Apalagi budaya jogja yang hingga kini masih terpelihara dengan baik. Banyak sekali kebudayaan yang dapat ditemukan dikota Jogja ini. Sehingga Jogja diberikan julukan sebagai kota budaya yang pastinya sudah dikenal hingga mancanegara.


Nah, untuk mengetahui lebih dalam mengenai kebudayaan yang dimiliki kota jogja serta wisata jogja, artikel ini akan mengulas dan membahas mengenai beberapa budaya lokal Jogja yang mendukung sektor wisata. Budaya sendiri merupakan bagian dari kehidupan yang bisa dinikmati sekaligus dilakukan. Karena budaya juga akhirnya akan berkembang atau bertumbuh sebuah peradaban. Budaya Jawa misalnya adalah bagian dari kepribadian masyarakat Jawa dan juga identitas masyarakat. Jogja sebagai kota wisata selayaknya terus menjaga dan melestarikan budaya Jawa yang ada. Bahkan budaya dan adat Jogja bisa dikemas dengan apik dalam paket wisata Jogja.


Beberapa Budaya Jogja Pendukung Pariwisata

Adanya wisatawan yang datang ke suatu kawasan wisata memang untuk menikmati keindahan alam dan budaya. Budaya ini seperangkat adat, kehidupan, prinsip dan identitas yang melekat pada suatu masyarakat. Dalam paket wisata Jogja misalnya, akan dicantumkan beberapa budaya lokal yang bisa menyokong pertumbuhan pariwisata. Bahkan industri wisata Jogja bisa terus ada dengan budaya yang dijaga. Paket wisata Jogja yang menampilkan pertunjukan Ramayana Ballet, tarian dan juga upacara adat adalah produk yang bisa dijual. Berikut ini ada beberapa budaya khas Jogja atau Jawa yang mendukung dan menunjang pertumbuhan pariwisata di Jogja.

Batik


Batik merupakan hasil budaya yang sudah terkenal yang dimiliki kota Jogja. Kain dan baju batik menjadi kebudayaan yang diturunkan oleh nenek moyang yang masih bertahan hingga sekarang. Banyak sekali macam – macam batik sehingga hal tersebut menjadikan batik adalah sebuah budaya karya seni yang menarik dan penuh makna. Bahkan kota jogja memiliki daerah khusus batik yang sudah terkenal di mancanegara, yaitu baitik Giriloyo. Kampung tersebut memberikan pelayanan khusus bagi para wisatawan untuk belajar membatik.

Bukan hanya sembarang membatik, para wisaawan akan dibimbing langsung oleh tetua yang sudah mempunyai pengalaman membatik sejak lama. Selain kota jogja memiliki suatu daerah untuk memperkenalkan batik lebih dalam bagi wisatawan, jogja banyak menjual jenis – jenis batik dan membuka banyak outlet yang sudah terkenal. Dari banyaknya outlet batik yang ada di kota jogja, menjadikan batik sebagai oleh – oleh khas jogja yang banyak diminati oleh wisatawan. Sehingga batik menjadi oleh – oleh yang wajib dibeli oleh para wisatawan saat berkunjung ke kota Jogja. Paket membatik bisa dijual dalam paket wisata Jogja yang bertema edukasi.

Gamelan

Gamelan adalah alat musik tradisional khas kota Jogja. Musik gamelan ini telah menjadi peninggalan nenek moyang yang masih digunakan hingga sekarang. Meskipun dijaman sekarang sudah memasuki era modern, Jogja tidak akan melepaskan budaya ini. Seringkali jogja mengadakan sebuah pertunjukan – pertunjukan seni di setiap temanya. Dari semua itu gamelan selalu digunakan sebagai alat musik yang ikut mengiring pertunjukan seni Jogja. Bahkan dalam sebuah pertunjukan nontradisional, gamelan juga terkadang dipadukan dengan alat musik modern lainnya. Pertunjukan-pertunjukan tersebut biasanya diadakan ditempat- tempat strategis yang banyak dikunjungi oleh masyarakat maupun wisatawan. Seperti malioboro, titik pusat Jogja, bahkan dalam suatu acara khas tahuan Jogja. Dari semua itu wisatawan pastinya akan melihat dan menikmati iringan gamelan jogja yang masih bertahan ini. Apalagi wisatawan mancanegara identik dengan ketertarikannya dengan sesuatu hal yang baru.

Sekaten Jogja

Sekaten menjadikan ciri khas kota Jogja yang banyak menarik masyarakat setempat maupun luar. Pesta rakyat sekaten ini merupakan wisata pasar malam sebagai tandai memperingati hari lahir Nabi Muhammad yang diadakan setahun sekali. Lokasi sekaten ini dilaksanakan di alun – alun utara kota jogja yang diadakan selama kurang lebih dua minggu. Dalam sekaten terdapat panggung yang mendukung untuk pertunjukan seni tradisional khas Jogja. Puncak pada sekaten ini akan diadakan dengan iring – iringan gunungan yang di angkat oleh para abdi dalem keraton sebagai hasil bumi. Dari hasil bumi tersebut akan diperebutkan oleh masyarakat yang datang, bahkan wisatwan pun banyak yang tertarik untuk melihat acara ini. Dalam puncak sekaten ini disebut dengan grebeg. Paket wisata Jogja yang menyertakan kunjungan dan melihat upacara sekaten misalnya sangat diminati turis asing.

Wayang Kulit

Kebudayaan ini masih menjadi kebudayaan yang masih banyak menarik masyarakat untuk mempertahankannya. Wayang kulit sebagai pertunjukan yang mempunyai cerita yang unik dan memiliki makna yang dalam. Pertunjukan wayang kulit menceritakan kisah – kisah kerajaan khayangan yang sudah terkenal hingga penjuru dunia. Dari cerita – cerita tersebut menjadikan banyak masyarakat apalagi wisatawan yang masih ingin mengetahui dan melihatnya. Bahkan setiap diadakan pertunjukan wayang kulit, banyak sekali penjual – penjual yang berdatangan karena mereka sudah mengetahui bahwa pasti akan banyak masyarakat yang akan menyasikannya.

Selain itu wayang kulit juga dijual dalam bentuk karya seni. Wisatawan dapat menemukan wayang kulit ini disetiap toko oleh – oleh barang khas Jogja. Banyak juga wisatwan asing yang penasaran dan tertarik untuk membelinya. Ada desa Pucung sebagai sentra pengrajin wayang yang masih eksis hingga sekarang. Wayang ini menjadi komoditas yang bisa dijual kepada wisatawan yang menikmati paket wisata Jogja.

Sendratari Ramayana

Sendratari Ramayana merupakan kebudayaan yang menjadi ciri khas bagi wisatawan asing yang berkunjung ke kota Jogja. Disebut juga Sendratari Ramayana Ballet memberikan sebuah pertunjukan yang menceritakan rama & sinta yang sudah dikenal diberbagai negara. Pertunjukan sendratari Ramayana dikemas sedemikian rupa untuk menampilkan sesuatu hal yang menarik bagi wisatawan mancangera. Sendratari Ramayana ini diadakan di area komplex Candi Prambanan.

Hal tersebut sangat mendukung sekali budaya lokal untuk sektor pariwisata. Apalagi kebudayaan ini dekat dengan destinasi wisata yang dikenal sebagai warisan dunia yang ada di Jogja. Khususnya untuk paket wisata gathering perusahaan, banyak yang meminta untuk menikmati pertujukan tali klasik ini. Paket wisata Jogja khusu pelajar juga bisa mengikutsertakan pertunjukan ini. Ada juga digelar di Purawisata atau satu komplek dengan gazebo garden resto untuk pertunjukan tari Ramayana. Akan tetapi harganya jauh lebih murah dan cocok untuk kalangan pelajar.

Nah, itu merupakan pembahasan dari beberapa budaya lokal yang mendukung sektor pariwisata. Dengan sebuah karya seni ciri khas jogja, acara tahunan tradisional khas Jogja. Serta pertunjukan seni tradisional membuktikan bahwa budaya lokal jogja mendukung sekali dalam pariwisata kota Jogja. Jogja membuktikan bahwa julukan kota budaya bukan hanya julukan semata. Ayo nikmati paket wisata Jogja bertema budaya yang membuat kita melihat sisi lain kehidupan.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja