PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Sering Kehausan Saat Dipantai? Lakukan Tips Berikut untuk Mengindari Dehidrasi Saat Traveling

menghindari dehidrasiTraveling adalah sebuah perjalanan dari satu tempat ke tempat lain untuk menikmati suasana dengan tujuan mengembalikan kejernihan pikiran. Identik traveling dengan perjalanan memang sangat erat, baik melalui darat, udara maupun laut. Oleh karenanya, sering didapati masalah saat diperjalanan. Baik berupa masuk angin, mual, muntah, pusing maupun dehindrasi. Kalian sendiri pasti merasakan salah satu dari beberapa masalah di atas. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan seputyar tips menarik agar tidak kehausan saat berlibur. Berikut 7 Tips menghindari dehidrasi saat traveling. Checkidot…

Sering Merasa Kehausan Saat Traveling?

Ada juga yang menjadikan pantai untuk penghilang penat. Dengan suasana yang berbeda untuk mengeluarkan beban berat yang banyak. Cara ini dapat menyeimbangkan aktivitas menjadi baik dan seru. Pantai bisa menjadi tempat yang unik dengan keindahan air lautnya. Ada beberapa air laut yang tidak mempunyai gelombang yang besar. Sehingga banyak yang melakukan aktivitas berenang. Namun bila pantai mempunyai gelombang yang besar, kalian dapat bermain air di pesisir pantai. Bisa juga bermain pasir untuk dibuat tempat main anak anak. Wisata ke pantai juga menjadi hal yang tidak dilewatkan dalam paket wisata Jogja.

Seiring bermain air di pantai, pasti lupa untuk melakukan aktivitas yang lainnya. Seperti istirahat, makan dan minum yang sangat diperlukan tubuh. Jika tidak maka akan mudah terkena dehidrasi. Pasti tidak maukan. Karena asupan pada dalam tubuh berkurang. Dengan cuaca pada siang hari di pantai yang sangat panas. Ciri ciri orang yang terkena dehidrasi seperti pusing, lemas, mulut kering, badan panas, jantung berdebar debar, air mata kering, dan sebagainya. Maka dari itu kita harus mementingkan kesehatan yang lebih baik. Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Ada cara untuk mengatasinya sebelum terkena dehidrasi.

7 Tips Menghindari Dehindrasi Saat Traveling

1. Istirahat Yang Cukup Sebelum Melakukan Perjalanan

Tips menghindari dehidrasi yang eprtama adalah beristirahat yang cukup. Sebelum melakukan aktivitas sebaiknya beristirahat yang cukup. Agar badan siap untuk melakukan aktivitas yang kuat. Karena aktivitas akan membuat tubuh kita menjadi lelah. Maka istirahat sangat penting bagi tubuh. Istirahat yang cukup bisa menambah stamina dalam tubuh untuk menjaga kestabilan yang ada pada tubuh. Apalagi jika ingin melakukan aktivitas di Pantai, yang akan menambah energI. Istirahat yang cukup juga mengurangi beban. Istirahat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh jika kesehatan tubuh terganggu maka akan tidak berjalan dengan baik. Faktor utama yang tubuh butuhkan dengan hal yang baik. Namun juka jangan sampai kelebihan ya secukupnya saja.

2. Membawa Bekal Minuman

Ada baiknya membawa bekal minuman yang banyak dari rumah. Karena dapat memilih sesuai keinginan. Dan sewaktu waktu juga dapat diminum . Karena kapan pun orang akan membutukan nutrisi untuk disalurkan ke dalam tubuh. Dalam tubuh kita sangat penting untuk menambah cairan. Menyiapkan bekal yang sehat dan bermanfaat untuk tubuh. Bila membawa bekal menjamin kualitasnya. Karena dehidrasi bisa dicegah denan asupan cairan yang cukup. Membawa bekal dari rumah akan lebih sehat dibanding membeli sembarangan di area wisata. Dan bisa mengurangi pengeluaran biaya saat di obyek wisata. Dalam paket wisata Jogja yang ditawarkan kepada wisatawan sudah termasuk dengan fasilitas air mineral di dalamnya.

3. Sebaiknya Minum Air Putih

Nah yang paling penting adalah minum air putih yang cukup. Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Agar bisa mencegah terkena dehidrasi saat di perjalanan maupun di obyek wisata. Jangan lupa untuk meminum air putih setiap hari.  Air putih berperan sangat penting dan wajib dikonsumsi untuk memeprlancar metabolisme dalam tubuh.

Mengapa sebaiknya air putih, bukan minuman manis? Air putih memiliki rasa yang tawar dan tidak bercampur dengan komposisi bahan makanan lainnya. Terkadang rasa manis yang dicampurkan dalam minuman justru akan membuat manusia ketagihan untuk terus meminumnya. Sehingga, yang dirasakan bukannya hilang rasa hausnya, namun justru ketagihan terhadap rasa manisnya. Sifatnya yang tawar adalah kemurnian yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh. Jadi sebaiknya minum air putih yang cukup untuk asupan yang sangat diperlukan untuk tubuh kita.

4. Buah-buahan Alami

Sebagai orang Indonesia, setiap hari kita sudah terbaiasa dengan  menyantap minuman manis. Memang, manis akan diubah menjadi glukosa dan akhirnya menghasilkan tenaga untuk tubuh kita. Manis yang baik adalah manis yang berasal dari alam, bukan pemanis buatan yang biasanya dicampurkan dalam minuman saji. Sebagai solusinya, kalian dapat mengkonsumsi buah-buahan manis sebagai sumber glukosa penghasil tenaga. Buah-buahan dapat menghindari dehidrasi, karena kaya akan air kandungan air di dalamnya. Seperti halnya; jeruk, peer, apel, melon, semangka dan lainnya. Jika kalian ribet membawa buah utuh, kalian bisa memotongnya lebih dahulu saat dirumah dan dijadikan salad buah sebagai bekal traveling.

5. Hindari Makanan Berminyak

Tips menghindari dehidrasi yang sering diremehkan nih. Hmm, .. Siapa yang suka makan gorengan? Ya, sebagai warna negara indonesia masyarakatnya sudah terbiasa dengan gorengan. Namun tahukan Anda, gorengan banyak mengandung minyak. Banyaknya kandungan minyak inilah yang akan menyebabkan mudah haus dan panas dalam di tenggorokan. Oleh karenanya, saat mau traveling sebaiknya hindari dulu makan gorengan ya guys.

Dan tips bagi yang benar-benar tidak bisa menghindar dari makan gorengan, jangan lupa setelahnya minum air jeruk hangat. Jeruk berfungsi untuk melunturkan minyak-minyak yang ada di kerongkongan, agar tidak menempel. Selain itu minyak berlebih dalam tubuh juga dalam mengakibatkan panas dalam. Jadi, tetap seimbang ya guys mengatur pola makan.

6.  Jangan Terlalu Lama Terkena Panas

Ini dia pasti jika kita berwisata di luar ruang seperti; pantai, gunung, candi pasti akan terkena sinar matahari secara langsung. Dengan adanya paparan sinar matahari langsung mengenai badan. Jangan sampai seharian penuh terkena panas. Sehingga dapat mengurangi kesehatan kulit dan tubuh karena terlalu lama. Kekebalan tubuh juga dapat berpengaruh. Maka nantinya tubuh akan merasa lemas, lelah dan pusing.

Ada baiknya sebelum ke pantai memakai sun blok ke tubuh. Karena dapat mengurangi kerusakan kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, saat anda berada di obyek wisata, sesekali berteduh. Jangan terus menerus berada di bawah terik matahari. Misalnya saja saat dipantai, berikan alokasi waktu berteduh setiap 15 menit sekali, baru kembali lagi bermain air. Tempat berteduh dapat didapatkan pada pohon, warung maupun payung yang disewakan di pinggir pantai.

7. Tidak Melakukan Aktivitas Yang Membuat Cepat Lelah

Ada banyak yang bisa dilakukan saat bermain di pantai. Terlebih jika masih anak anak pasti akan bermain dengan melakukan apa yang disenangi. Jangan sampai ditunggu saat badan sudah terasa capek. Karena bisa menguras tenaga pada tubuh. Tubuh akan cepat merasa terbebani dengan aktivitas yang berat.

Ada waktu untuk istirahat dan bermain yang teratur. Tubuh memerlukan nutrisi yang berperan penting. Melakukan aktivitas seperlunya. Tanpa melakukan aktivitas yang dapat membuat lelah. Karena kelelahan berlebih bisa memberi efek yang tidak baik. Dengan menikmati keindahan pemandangan yang ada di pantai sudah sangat menyenangkan dan asyik.

Nah, itulah cara menghindari dehidrasi saat traveling. Jangan lewatkan pengalaman berwisata di pantai. Pilih pantai yang kalian suka untuk wisatamu dalam paket wisata Jogja. Agar menjadi wisata yang berbeda dan menambah keseruan. Gunakan momen- momen menyenangkan ketika di pantai. Semoga menjadi wisata yang tak terlupakan dengan keadaan yang baik dan sehat. Cara tersebut bisa digunakan agar wisata kali ini berjalan dengan lancar tanpa kendala dan halangan apapun.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja