PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Paket Wisata Berjalan Efektif

Paket Wisata, atau paket perjalanan wisata tentu istilah yang sudah tidak asing lagi bagi kita yang hobi traveling. Apalagi jika kita menyukai dan lebih memilih menggunakan jasa travel agent yang kita percayai. Memang reservasi paket wisata pasti lebih banyak memiliki keuntungan dibandingkan  dengan mengelola jenis wisata kita sendiri. Selain alur wisata yang sudah rapi dan tentu ada guiding yang akan memberikan informasis elama diperjalanan. Nah, paket wisata dalam penyusunannya memang harus memiliki beberapa kaidah agar rute yang dilalui efektif. Agar wisata dapat berjalan dengan lancar. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar menjadi paket wisata efektif:

 

Lakukan 7 Hal Berikut Agar Paket Wisata Berjalan Efektif

1. Tidak melewati rute yang sama/backtrack

Apabila ada sebuah kegiatan wisata atau tour ke sebuah destinasi hendaknya tidak melewati rute yang sama. Kecuali hanya ada satu jalan yang bisa dilewati. Karena hal tersebut bisa menyebabkan para turis atau tamu menjadi bosan dalam perjalanan. Sebab paket wisata yang ideal justru lebih terfokus pada tamu guys karena kepuasan/mood/keinginan tamu merupakan prioritas dalam perusahaan kita.

 

2. Destinasi tidak monoton

Yang dimaksud destinasi tidak monoton adalah tujuan wisata yang tidak hanya satu jenis wisata. Contohnya ketika di Jogja, wisata sejarah menuju candi prambanan-candi ijo-candi ratu boko saja. Sehingga agar sebuah destinasi wisata tidak membosankan bisa diselingi wisata alam ke puncak becici atau ke merapi volcano. Agar terwujud suatu paket wisata efektif sehingga mengindari bosan para tamu.

 

3. Makan siang tidak di hotel

Jadi gini guys, semisal kita sedang melaksanakan kegiatan di luar rumah yang   jaraknya cukup jauh, apakah anda berpikiran untuk pulang ke rumah hanya untuk makan siang.  Kemudian kembali ke tempat anda melakukan kegiatan di tempat tadi? Tentu tidak kan. Nah begitu juga dalam hal menyusun paket wisata yang efektif, tidak rasonable untuk melaksanakan makan siang di hotel atau tempat akomodasi. Hal ini dikarenakan jarak kita berwisata rata rata memiliki jarak yang jauh. Selain itu kemungkinan backtrack cukup besar jika kita melaksanakan makan siang di hotel.

 

4. Penempatan waktu yang tepat

Nah guys kalian pasti memiliki suatu rancangan kegiatan tiap hari maka juga membutuhkan waktu kan. Contohnya saja untuk menjadi orang yang sukses pengelolaan managemen waktu yang baik merupakan salah satu kunci penting dalam hal kesuksesan. Kali ini penempatan waktu yang tepat akan saya kaitkan dengan konten paket wisata yang ideal. Disini waktu merupakan akar dari sebuah rangkaian acara karena tiap kegiatan yang ada harus memiliki penempatan waktu yang pas. Mulai dari perjalanan, menikmati obyek wisata hingga waktu makan dalam rangkaian paket wisata yang ada.

 

5. Perkiraan intensitas kemacetan

Jika sebuah paket wisata sudah jadi dan memiliki destinasi yang baik bagus dan sedang trending,apa kabar dengan macet dijalan?. Nah gaes perkiraan intensitas kemacetan di jalan juga termasuk dalam hal yang dipertimbangkan dalam pembuatan paket wisata yang ideal . Karena kemacetan pasti juga memakan waktu lebih dari rencana yang sudah diperkirakan sebelumnya. Rundown dan urutan wisata bisa error atau terganggu akibat kemacetan dijalan terutama saat high season atau musim ramai wisata. sSlusi untuk mengatasinya adalah bisa menggunakan rute lain yang paling tidak tidak menyebabkan keterlambatan waktu yang telah sesuai dengan tour itinerary. Atau bisa juga dengan berangkat lebih awal dari jadwal yang sudah direncanakan dalam rencana perjalanan.

 

6. Waktu kunjungan di destinasi wisata

Hei guys disini kita akan membahas waktu kunjungan di destinasi wisata. Jadi gini ketika para tour planner menyajikan paket wisata menuju destinasi wisata lebih baik jauh dari jam tutup kunjungan. Karena apabila kita mengantar para tamu menuju  destinasi wisata dan kita sampai disana 3 jam sebelum tempat itu ditutup maka waktu yang ada akan sangat sempit sehingga memaksa para tamu menjadi tergesa-gesa.  Apalagi berada di tempat yang sedang trending dan banyak pengunjungnya. Selain itu pengelola wisata akan menghentikan beberapa fasilitas yang ada disana menjelang jam tutup kunjungan. Sehingga apabila kita sampai di destinasi wisata tersebut fasilitas yang kita dapat tidak maksimal. Maka untuk mencapai kriteria paket wisata yang ideal kita harus pandai pandai mengatur waktu agar sampai di destinasi wisata paling tidak 4 jam sebelum jam tutup. Hal ini  agar pelayanan dan fasilitas yang kita dapat bisa lebih baik atau mungkin mendapat yang terbaik asal kita bisa menggunakannya.

7. Tour guide

Nah ini dia guys peran yang cukup penting dalam suatu perjalanan wisata entah saat dalam perjalanan atau saat di destinasi wisata. Tour guide memiliki peran penting dalam menjelaskan detail-detail yang ada dalam tiap destinasi atau tiap perjalanan yang kita lalui. Peran Guide bisa memberi tips atau saran pada tamu agar perjalanan wisata dapat berjalan sesuai yang telah direncanakan serta tidak membosankan. Tour guide juga harus memiliki standar khusus agra apa yang disampaikan dapat dimengerti oleh para tamu. Contohnya Guide yang menghandle paket wisata Jogja harus kompeten menguasai destinasi Jogja agar paket wisata yang disusun menjadi benar-benar ideal.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja