Wisata Jogja: Paket Liburan & Tour Custom

"Couple Honeymoon, Family Trip, Company Gathering"

085-329-196777 (AS)        BBM: 5E5C3FAE / JG196777
087-837-196777 (XL)        WA: 087 837 196777
Email: [email protected]

Tempat Wisata Dekat Malioboro, Cukup Berjalan Kaki

Menginap di hotel area Malioboro selain menjadi pilihan wisatawan, juga memiliki keuntungan tersendiri. Karena jika hotel di Malioboro, ini akan menjadikan kita bisa mengakses dengan mudah destinasi wisata. Sebab kita berada di tengah-tengah kota Jogjakarta yang memang strategis. Apabila ingin wisata kota jogja tinggal melaju berapa menit saja sudah sampai ke destinasi. Sedang jika menghendaki berwisata di tempat kekinian yang notabene ada di area Imogiri Dlingo maka dibutuhkan sekitar 30 menit saja perjalanan ke arah selata kota Jogjakarta. Tetapi, tak perlu khawatir jika tidak ingin terlalu jauh-jauh menjangkau dari Malioboro kita bisa berwisata area Kota dan berdekatan dengan Malioboro ini. Memang, menginap di hotel area Malioboro juga membuat kita bisa jalan-jalan di malam hari di sepanjang Malioboro dan mencoba kuliner nya. Intip yuk beberapa kuliner dan tempat wisata dekat Malioboro yang bisa kita kunjungi hanya berjalan kaki tanpa transportasi.

10 Tempat Wisata Dekat Malioboro, Area Obyek Wisata yang Dapat Dijangkau dengan Berjalan Kaki, Tanpa Transport

 

1. TUGU JOGJA (Malam hari)

Lokasi tugu jogja berada di sebelah utara malioboro. Jika Hotel Anda berada di Malioboro, Silahkan berjalan menuju arah utara lurus dr jalan malioboro. Kami rekomendasikan datang ke Tugu Jogja pada malam hari. Tugu ini menyimpan eksotisme dan saksi sejarah kota Jogjakarta. Berfoto di area Tugu Jogjakarta menjadi kebanggan tersendiri dan sebagai bukti kita pernah sampai di Jogjakarta. Mungkin agak menunggu malam atau tengah malam untuk bisa berfoto dan tidak terganggu oleh arus lalu lintas yang hilir mudik. Semakin malam justru semakin ramai dan banyak anak muda yang menyegaja mengabadikan moment nya di Tugu Jogjakart ini di malam harinya.

 

2. PASAR BERINGHARJO

Pasar bringharjo adalah pasar tradisional terbesar di Jogjakarta. Terletak persis di sebalah selatan Malioboro. Bahkan lokasi pasar beringharjo ini bisa dibilang nempel dengan malioboro. Berada di satu lokasi. Jika Kalian berada di malioboro, berjalannya terus ke arah selatan. Dan belok kiri sebelum museum benteng vreedeburg. Pasar beringharjo ini seperti pasar pada umumnya, namun bisa dibilang lebih lengkap dan lebih besar. Barang-barang di pasar beringharjo juga terkenal cukup murah. Bahkan banyak pedangan luar jogja yang membeli barang dalam jumlah besar kemudian dujual kembali. Contohnya adalah batik dan aksesoris. Bagaimana, berminat memburu batik murah? Ayo ke pasar beringharjo.

 

3. MUSEUM BENTENG VREDEBURG (Siang hari)

Museum Benteng Vredeburg ini terletak persis di selatan malioboro, bahkan masih termasuk dalam area malioboro. Dari malioboro silahkan Anda berjalan ke arah selatan, sampai sebelum lampu merah. Tengok ke arah kiri, dan disitulah letak museum benteng vreedeburg. Obyek wisata benteng vreedeburg dapat dikunjungi pada siang hari, dan akan tutup pada sore hari pukul 16.00. Di dalam museum Terdapat 4 diorama yang menggambarkan perjuangan merebut kemerdekaan. Jadi sarana yang seru untuk wisata edukasi dan lainnya bagi wisata keluarga anda. Selain berwisata indoor, benteng vreedeburg juga memiliki taman yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk selfie. Terdapat juga persewaan sepeda tandem, itu loh guys sepeda yang dinaiki 3-5 orang reader. Jadi pastinya akan seru.

 

4. TAMAN PINTAR JOGJAKARTA (Siang hari)

Tempat wisata area Malioboro yang mengandung nuansa edukasi yaitu taman pintar. Setelah berkunjung ke benteng vredeburg, Silahkan berjalan ke arah timur. Anda akan menemukan taman pintar yang berada di sebalah utara jalan. Jarak museum benteng vredeburg dengan taman pintar hanya 200m. Cukup dekat kan guys, dapat kalian tempuh dengan berjalan kaki. Museum ini buka dari jam 10.00 hingga pukul 16.00. Berkunjung ke taman pintar merupakan pilihan yang tepat untuk anak dan keluarga. Sehingga tidak hanya pengalaman wisata saja yang kalian dapat, tetapi juga nilai dan pesan pendidikan di Taman Pintar ini cocok untuk anda dan anak-anak.

 

5. ALUN2 UTARA JOGJAKARTA (Malam hari)

Tempat wisata area Malioboro selanjutnya adalah alun-alun jogja. Alun-alun di jogja ada 2, yaitu alun-alun selatan dan alun alun-utara. Yang paling dekat dengan malioboro adalah alun-alun utara. Bahkan saat kalian berada di depan benteng vreedeburg, lihatlah lurus ke arah selatan. Terlihat alun alun utara. Aksesnya adalah, dari benteng vreedeburg silahkan berjalan kaki ke arah selatan sekitar 5 menit saja. Maka kalian akan sampai di alun-alun utara. Namun alun-alun utara jogja ini lebih baik dukunjungi pada malam hari atau sore hari. Di sini kalian dapat melakukan permainan melintasi dua beringin dengan mata yang tertutup. Apakah kalian bisa? Ayoo buktikan guys.  Ada juga kegiatan seru, yaitu menyewa gowes. Apa gowes itu? Gowes adalah sepeda beroda empat yang bentuknya menyerupai mobil, dihiasi dengan lampu-lampu dan cara mengendarainya dengan dikayuh. Ada 4 orang yang akan mengayuh mobil gowes ini, yaitu penumpang yang duduk di paling pinggir kanan dan kiri. Karena kunjungan di alun alun dilakukan malam hari, jadi mumpung masih siang kalian bisa berkunjung ke kraton jogjakarta.

 

6. KRATON JOGJAKARTA (Siang hari)

Tempat wisata dekat malioboro yang populer, yaitu Kraton Jogjakarta. Sebagai pusat pemerintahan kota Jogjakarta dan simbol keistimewaan Jogjakarta, Kraton Jogja ini masih menjadi tujuan utama wisata. Kurang lengkap rasanya jika berwisata ke Jogjakarta tidak mengunjungi Kraton dan Malioboro ini. Terutama bagi keluarga, Kraton Jogja juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai wisata edukasi sejarah. Lokasi kraton jogjakarta ini persis di sebelah selatan alun-alun. Jadi Sempatkan dahulu berjalan sejenak, sekitar 5 menit dari alun-alun ke arah selatan. Anda akan tiba di Kraton Jogjakarta. Di dalam Kraton, Anda akan melihat benda-benda peninggalan bersejarah. Meskipun kraton jogja ini berada di tengah kota, namun suasana di dalamnya bernuansa tradisional khas jogja. Udaranya juga sejuk, karena terdapat banyak pohon-pohon yang rindang. Jadi, selagi di Jogja kalian harus sempatkan ke sini guys.

 

7. MASJID KAUMAN

Setelah mengunjungi Kraton Jogjakarta, mungkin waktu sudah cukup sore. Sempatkan mampir ke Masjid Kauman untuk shalat maghrib. Masjid Kauman ini adalah masjid yang sangat bersejarah. Masjid bersejarah peninggalan kerajaan Mataram dan merupakan bagian dari Kraton Jogjakarta ini terawat dengan baik. Saking bersejarahnya sampai dibuat sebuah film dengan lokasi di masjid ini guys. Ya, pernahkan kalian nonton film “sang pencerah”? Betul sekali, Masjid kauman memiliki peran yang besar terhadap penyebaran dan dakwah islam di Jogjakarta. Shalat dan istirahatlah sejenak di masjid ini, rasakan hawa spiritual dan pikirkanlah secara flashback apa yang terjadi beberapa abad silam di lokasi tersebut. Setelah cukup, waktu mungkin sudah mulai petang. Kalian dapat kembali ke lapangan / alun-alun. Nah ini waktu yang tepat buat kalian berwisata malam di alun-alun uatara jogja ini guys.

 

8. MUSEUM SONOBUDOYO

Setelah kalian puas berwisata di alun-alun jogja, kalian pasti akan pulang dan berjalan menuju arah utara. Nah tepat di utara alun-alun ini terdapat museum namanya Museum Sonobudoyo. Tentu kunjungan di museum Sonobudoyo dapat kalian lakukan di siang hari. Di Museum yang menyimpan berbagai jenis benda sejarah mulai dari Batik, Keris dan pusaka serta hal- hal yang berkaitan dengan budaya Jogjakarta. Berada tepat di sebelah utara Alun-Alun Utara Jogjakarta. Namun karena waktu yang tidak cukup mari kita lanjutkan perjalanan ke arah utara lagi. Dan Tibalah di perempatan yang tadi kita sebut pada point nomer 2.  Disinilah disebut titik nol kilometer.

 

9. NOL KILOMETER JOGJAKARTA

Tempat wisata dekat malioboro malam hari yang nge-hits, adalah Nol kilometer. Bangunan berarsitektur Belanda dan berada di ujung selatan malioboro ini semakin menarik dan ramai di malam harinya. Bangunan yang kuno namun artistik. Ditambah dengan penataan lampu dan sinar yang menyoroti bangunan. Membuat lokasi ini sebagai salah satu lokasi hunting fotografi khas jogja. Di sini juga terdapat banyak anak muda yang kumpul dan nonkrong. Jika beruntung, disaat tertentu ada banyak komunitas yang singgah di sini. Misalnya komunitas sepeda ontel, komunitas vespa, bahkan terdapat beberapa orang berkostum hero (spiderman, ironman, batman dll) yang dapat kalian ajak untuk berfoto. Bagaimana liburan kalian, seru kan? Setelah kalian seharian berwisata mungkin akan sedikit lelah. Mari kembali ke hotel, namun sempatkan dahulu mampir ke pusat oleh-oleh, yaitu bakpia pathok.

 

10. BAKPIA PATHUK

Bakpia pathuk atau yang terkenal dengan bakpia 25, terletak persis di belakang malioboro/sebelah barat malioboro. Bakpia pathuk ini adalah makanan oleh-oleh khas jogja. Dahulunya bakpia hanya dikenal dengan bakpia isi kacang ijo, namun kini seiring dengan modernisasi ada banyak varian rasa bakpia. Rasa cokelat, rasa keju dan lain sebagainya. Saat membeli bakpia, kalian bahkan dapat melihat proses pembuatannya. Jadi dijamin bakpianya adalah produk yang baru. Jangan lupa beli yang banyak ya guys, buat oleh-oleh saudara di rumah.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja I Paket wisata Jogja
Chat whatsApp