PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Wisata Akhir Tahun Enaknya Kemana? Simak 10 Tips yang Menginspirasi Berikut ini.

wisata akhir tahunLiburan bagi keluarga kecil merupakan momen yang perlu untuk diagendakan. Mengingat sepanjang tahun mungkin sudah dihabiskan dengan berbagai aktifitas dan rutinitas. Maka, jika para orangtua dpaat cuti dari kantor, tidak ada salahnya untuk menyempatkan liburan akhir dan awal tahun. Meskipun jika dilihat secara waktu, wisata akhir tahun dan awal tahun seperti tidak menjadi pilihan. Akan tetapi liburan tahun baru menjadi lebih berkesan  bagi keluarga tentunya. Tidak ada salahnya jika mengambil paket wisata family di periode tahun baru untuk keluarga. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan periode akhir dan awal tahun adalah kemacetan di obyek wisata.  Hal ini disebabkan karena liburan akhir tahun masuk dalam periode padat wisata atau disebut dengan high season periode.

Jika dibandingkan periode selain akhir tahun, tentu kondisi jalan dan obyek wisata jauh lebih padat di periode akhir tahun ini. Maka, untuk mengantisipasi hal-hal yang kurang menyenangkan, beberapa hal perlu diperhatikan. Setidaknya ada 10 hal yang perlu diperhatikan dan menjadi antisipasi untuk liburan di musim padat seperti ini. Jogjakarta seringkali menjadi daerah tujuan wisata untuk menyambut awal tahun. Sehingga paket wisata Jogja banyak yang terjual di akhir periode tahunan seperti ini. Yuks, disimak apa saja yang menjadi perhatian dalam paket wisata akahir tahun dan awal tahun agar liburan keluarga menjadi nyaman.

 

Tips Wisata Akhir Tahun

 

1. Pahami Jika Liburan Akhir Tahun Dan Tahun Baru Beda Dengan Periode Normal

Hal ini harus dipahami oleh calon wisatawan yang akan mengambil paket wisata tahun baru. Sebab, jika wisatawan sudah mengetahui bahwa wisata di periode tahun baru akan tidak senyaman dengan periode normal. Maka potensi keluhan atau complain akan sangat minimal. Terlebih jika menggunakan jasa travel agent tentunya. Meskipun tidak senyaman periode normal, akan tetapi pengalaman yang didapatkan dalam periode awal tahun lebih berkesan.

2. Buat Tour Itinerary Yang Tidak Terlalu padat

Agar kenyamanan bisa didapatkan selama berwisata, jangan membuat jadwal wisata yang padat. Setidaknya dalam satu hari cukup kunjungi dua destinasi wisata saja.Agar waktu yang ada cukup untuk berwisata dan sampai hotel tidak terlalu malam.

3. Kunjungi Destinasi Dengan Jarak Berdekatan

Akan lebih baik jika paket wisata tahun baru Jogja mengunjungi destinasi yang terjangkau jaraknya. Destinasi seperti Gunung Kidul dan Kulon progo tidak menjadi rekomendasi sebab diperlukan jarak tempuh yang panjang. Jika periode normal saja kita butuh dua jam perjalanan, makan untuk periode padat bisa empat jam menuju ke sana.

4. Hindari Menginap di Hotel City Center (Ex: Area Malioboro)

Hotel di area Malioboro menjadi pilihan hampir sebagian besar wisatawan ketika di Jogja. Akan tetapi, ketika periode normal, menginap di area Malioboro sangat menjadi pertimbangan dari macetnya. Akses ke sana sangat padat dan cukup susah dijangkau apalagi ketika malam tahun baru.

5. Homestay atau Hotel Melati Bisa Menjadi Pilihan Memanaj Budget

Lain hal lagi, jika di area Malioboro hotel rata-rata sudah penuh dan sangat mahal yakni hampir 100 % naiknya. Maka, pilihan untuk menginap di hotel melati atau nonbintang menjadi solusi. Sebab dengan mengelola budget atau menghemat budget penginapan, kita sekaligus bisa menghemat biaya wisata.

6. Villa di Area Kaliurang Cocok Untuk Liburan Keluarga Besar Akhir Tahun

Solusi yang cukup menjadi referensi untuk  menginap ada di area Kaliurang. Meskipun jarak perjalanan sekitar satu jam dari pusat kota, tetapi kaliurang punya banyak villa. Villa di sana terdiri dari berbagai tingkat harga dan fasilitas yang bisa kalian pilih. Menghabiskan malam tahun baru di Kaliurang bisa menjadi pengalaman berkesan dan serasa di puncak Bogor lho.

7. Gunakan Jasa Travel Agent Untuk Mempermudah Wisata

Apabila menghendaki kenyamanan dalam paket wisata tahun baru, kami rekomendasikan menggunakan jasa travel. Sebab, mereka yang biasa profesional mengelola wisata banyak orang tentu akan lebih sigap. Berbagai hal penyesuaian di lapangan yang dibutuhkan bisa dilakukan lebih tepat. Contohnya adalah jika harus mengganti destinasi tujuan dengan obyek lain karena satu dan lain hal travel bisa mengelola dengan baik.

8. Segera Booking Tiket Kereta Dan Pesawat PP

Apabila rencana liburan akhir tahun atau mengambil paket wisata tahun baru sudah bulat, segera booking transportasi. Sebab pasti nanti akan cepat habis quota seats kereta atau pesawat yang tersedia. Jangan kaget juga jika kalian tidak bisa mendapatkan harga promo di periode ini. Sebab periode akhir dan awal tahun pasti sudah menjadi rahasia umum jika tiket pesawat dan kereta akan naik.

9. Buat Balita atau Lansia Senyaman Mungkin Ketika Macet di Perjalanan

Jika keluarga di ajak serta dalam agenda liburan tahun baru ini, seringkali terdapat balita. Selain balita juga dimungkinkan ada lansia atau seseorang lanjut usia entah nenek maupun orang tua kita. Maka, pastikan mereka mendapatkan kenyamanan dengan ditanyakan berkala perlunya toilet stopping. Toilet stopping adalah berhenti selama perjalanan untuk menuju ke toilet. Sebab, berwisata di periode akhir dan awal tahun kita akan mendapat kemacetan di mana-mana. Hal yang biasanya dilakukan oleh driver dari travel agent  adalah memilih jalan tikus. Yakni semacam jalan pintas yang memudahkan kita sampai ke daerah tujuan lebioh cepat. Inilah salah satu kelebihan menggunakan jasa travel agent, yakni mereka tahu harus bagaimana ketika macet terjadi.

10. Selesai Trip Setiap Harinya Usahakan Pukul 17.00 sore

Nah, untuk mengantisipasi macetnya jalanan di malam tahun baru, tentu perlu dikelola juga jam berapa wisata selesai. Setidaknya pilih waktu wisata selesai sebelum pukul 17.00 sore. Dan secepat mungkin untuk bisa sampai di hotel dan mengikuti acara dinner di hotel yang biasanya diadakan. Sangat tidak direkomendasikan wisata hingga larut malam, sebab nanti akan kejebak macet. Apalagi jika hotel tempat menginap berada di kawasan Malioboro atau tengah kota. Usahakan di sore hari semua wisata yang kita targetkan untuk dikunjungi sudah beres. Maka, memulai wisata dari pagi hari dan bahkan lebih pagi dari jadwal yang tercantum juga lebih oke. Koordinasikan dengan driver dan travel agent tempat kamu memesan paket wisata tahun baru.

Itu dia 10 hal yang dipertimbangkan dan perlu diperhatikan jika kalian mengambil paket wisata tahun baru. Sebab, banyak hal yang terjadi di lapangan seperti halnya macet dan juga bisa jadi hujan turun di periode itu. Periode awal dan akhir tahun adalah periode musim penghujan tiba. Sehingga menambah kemacetan panjang juga di jalanan. Oke, sudah jelas ya apa-apa yang menjadi pertimbangan untuk wisata akhir tahun dan tahun barumu nanti. Jogja bisa menjadi pilihan paket tour Jogja Akhir tahunmu lho. Have a Happy New Year TripJ

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja