PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Beberapa Aktivitas Wisata Gumuk Pasir Parangtritis

Indonesia merupakan negara yang mempunyai berbagai destinasi wisata. Kita sebagai bangsa Indonesia seharusnya bangga karena negara kita mempunyai berbagai macam bentuk keajaiban dunia. Terutama terletak pada destinasi wisatanya, salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang pernah dicatut adalah Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah. Jogjakarta dan sekitarnya yang memiliki potensi wisata sejarah dan budaya berupa candi memang sangat ajaib. Jogja menjadi daerah tujuan wisata yang diminati destinasi dan sejarahnya. Keajaiban dunia di Indonesia, khususnya berada di Jogja yang lainnya adalah Gumuk Pasir Parangtritis.

Gumuk Pasir Pangtritis, tempat ini seering disebut sebagai keajaiban dunia karena gumuk pasir hanya ada dua di dunia yaitu di Negara Indonesia dan di Negara Meksiko. Gumuk  pasir adalah gundukan bukit   yang terbentuk dari butiran-butiran pasir yang terhembus angin. Proses terbentuknya  gumuk pasir yaitu dibentuk oleh alam.  Gumuk pasir Parangtritis juga terbilang cukup unik lho karena dimana material erupsi gunung Merapi menjadi material penyusun utamanya . Kemudian mengalir di sungai di Daerah Istimewa Yogyakarta lalu bermuara di Samudra Hindia. Lalu tertiup angin dan mengendap di pesisir dan proses pembentukkannya pun membutuhkan waktu ribuan tahun. Gumuk pasir yang berada di Indonesia ini berlokasi di pantai Parangtritis, lebih tepatnya di kecamatan kretek kabupaten Bantul DIY. Luas gumuk pasir di pantai Parangtritis mencapai 412,8 hektar dan berbentuk barchan.

7 Aktivitas Wisata Di Gumuk Pasir Parangtritis yang Bisa Dilakukan

Pantai Parangtritis, hingga saat ini masih terus dikunjungi oleh wisatawan terutama wisatawan domestik. Entah mengapa sepertinya dari masa ke masa tidak ada yang bosan untuk tetap mengunjungi Pantai Parangtritis ini. Meskipun Jogja sudah memiliki puluhan pantai baru yang notabene pantai pasir putih di daerah Gunung Kidul. Yang paling menarik di Pantai Parangtritis adalah melihat keindahan matahari terbenam. Dan sembari menunggu indahnya sunset ini, perlu juga untuk mengisi waktu sembari melakukan aktifitas seru. Sebelumnya tadi dijelaskan ada Gumuk Pasir Parangkusumo, Parangtritis yang terletak bersebelan dengan pantai Parangtritis. Selain gundukan pasir yang indah memukau dan elok untuk dipandangi, tempat ini merupakan tempat seru untuk melakukan aktifitas. Berikut ini ada setidaknya 7 aktifitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan ketika mengunjungi Gumuk Pasir Parangtritis. Jangan lewatkan keseruan menikmati paket wisata Jogja dengan banyak agenda asyik di Gumuk Pasir yang mendunia ini. checkitdot..

1. SandBoarding Atau Selancar Pasir

wisata gumuk pasir parangtritis

 Olahraga sandboarding digemarin oleh anak muda di Jogja. Bahkan para wisatawan luar daerah yang berkunjung di tempat ini mencoba olahraga unik ini yaitu sandboarding. Olahraga sandboarding dilakukan saat pagi hari atau waktu matahari menjelang tenggelam. Cara melakukannya pun cukup mudah yaitu tinggal menggunakan papan yang sudah disediakan. Seru banget pastinya apalagi jika kita wisata dengan rombongan dalam agenda wisata di Jogja.

2. Thematic Photomoment

Wisatawan juga bisa berfoto-foto karena tempatnya sangat bagus.  Karena gumuk pasir merupakan spot yang unik dan langka. Banyak Photographer yang mengunjungi tempat ini karena spot foto disini. panorama alamnya berbeda dengan tempat lainnya. Para Photographer memanfaatkan tempat ini untuk prewedding, buat video klip, dan syuting film. Tidak sedikit pasangan bulan madu yang menikmati tempat ini dalam paket wisata Honeymoon Jogja.

3. Sighseeing Trip

Wisata sightseeing adalah wisata sekilas dan singkat hanya karena kita penasaran dengan destinasi wisata.  Karena lokasi gumuk pasir berada di pinggir pantai jadi anda dapat menikmati hembusan angin yang segar dan sejuk. Kita bisa menikmati tempat ini hanya dengan turun sebentar dari mobil wisata. Atau bisa juga hanya dengan berada di dalam mobil sambil menikmati indahnya pemandangan Gumuk Pasir Parangtritis.

4. Menikmati Sunset

 Banyak wisatawan yang datang di gumuk pasir untuk berburu sunset. Waktu yang tepat untuk datang yaitu pada pukul 17.00 karena pada saat itu adalah waktu yang pas. Disana banyak penjual jajanan jadi sambil menikmati sunset yang indah dengan orang yang istimewa. Selain di Pantainya langsung, menikmati matahari tenggelam juga sangat bisa dilakukan di Gumuk Pasir Parangtritis.

5. Camping

Camping atau berkemah yang biasanya dilakukan di pinggir pantai bisa juga diadakan di Gumuk Pasir ini. Berkemah bisa menjadi bagian dari paket wisata family Jogja yang diadakan di Gumuk Pasir ini. Camping akan lebih seru tentunya jika dilakukan secara bersama-sama dengan banyak tenda.

6. Offroad

Off road menjadi salah satu wisata petualangan yang biasanya dilakukan dengan motor trail atau mobil off road.Komunitas atau Wisata Rombongan dalam bentuk paket wisata gathering Jogja dari perusahaan sangatlah cocok mencoba alternatif seru satu ini.

7. Museum Gumuk Pasir Parangtritis ( Geomaritime Science Park)

Museum gumuk pasir dibangun karena dijadikan sebagai tempat geospasial pesisir parangtritis. Fungsinya sebagai tempat penyimpanan berbagai benda yang berkaitan dengan ekosistem pesisir pantai. Seperti jenis berbagai batuan dan pasir pantai. Museum ini diresmikan Menristekdikti, Prof H Muhamad Nasir PH.D Bersama dengan Gubernur DIY pada tanggal 11 September 2015. Wisatawan tidak  dikenakan tarif untuk masuk ke museum Gumuk Pasir. Wow, menarik juga ya, yang terakhir ini bisa menjadi bagian dari edukasi untuk anak-anak. Sehingga wisatawan dari kalangan sekolah bisa mencoba menilik dan menjadikan museum Gumuk Pasir ini sebagai destinasi yang dikunjungi. Sebab tidak sedikit sekolah yang menjadikan Jogja sebagai daerah tujuan wisata karena memang Jogja sebagai kota Pelajar.

Sebagai kota pelajar banyak sekali spot wisata yang mengandung nilai edukasi atau pendidikan. Paket wisata Study Trip Jogja umumnya mengunjungi Taman Pintar, Kraton Jogjakarta dan juga beberapa Museum di Jogja. Kali ini Museum Gumuk Pasir Parangtritis lumayan menarik dan bisa menjadi alternatif wisata untuk dikunjungi bagi kalangan pelajar.

Itu tadi semuanya ya guys, ada 7 aktifitas seru yang bisa dilakukan oleh para wisatawan ketika di Gumuk Pasir Parangtritis. Di sana kita tidak hanya melihat keindahan dan panorama alamnya, tetapi juga ada aktifitas yang tidak menjemukan yang bisa dilakukan. Selain 7 pilihan aktifitas tadi, ada satu lagi kegiatan yang sangat mungkin untuk diadakan di sana. Yakni aktifitas semacam ice breaking dan outbound team building yang biasanya dibutuhkan oleh para group dari perusahaan. Paket wisata Corporate Gathering yang menginginkan konsep berbeda bisa memilih Gumuk Pasir Parangtritis ini sebagai tempat wisata. Kemudian ada aktifitas kebersamaan, dan juga video drone yang mengabadikan kegiatan wisata di Gumuk Pasir ini. Pasti hasilnya akan sangat menarik dan memukau seindah Gumuk Pasir Parangkusumo itu sendiri..

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja