PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

10 Daftar Desa Wisata di Jogja yang Elok dan Recommended

desa wisata di jogjaWisata Jogja yang menyajikan nuansa alam dan sekaligus kearifan lokal masyarakat adalah Wisata Desa. Biasa disajikan dalam satu Paket Desa Wisata Jogja, membuat kita bisa memilih konsep wisata yang tidak biasa. Apalagi jika sudah bosan dan penat dengan rutinitas harian di Ibukota dan kemacetan nya, pulang ke Desa adalah pilihan. Ini membuat banyak sekali destinasi Desa Wisata di Jogja yang terus menerus dikelola. Berikut ini beberapa Desa Wisata di Jogja yang rekomended untuk dikunjungi dan dipilih sebagai alternatif Wisata di Jogja agar tidak jemu ya guys.

Daftar 10 Desa Wisata di Jogja yang Recomended untuk Dikunjungi

1. Desa Wisata Penting Sari

Desa wisata penting sariDesa Wisata penting sari ini berada di Daerah Penting Sari, Cangkringan, Sleman Yogyakarta (dekat dengan Gunung Merapi dan Wisata Lava Tour Merapi). Kunjungan paket  Desa Wisata Penting Sari ini bisa menjadi alternatif liburan keluarga maupun Study tour, karena memiliki unsur edukasi. Paket Wisata Jogja yang mengunjungi Desa Wisata Penting Sari ini semakin digemari kalangan pelajar dan sekolah. Karena tidak hanya belajar tentang budaya lokal dan tanaman herbal, kita juga diajak untuk mengelola dan mengolah hasil bumi. Mulai dari memetik hingga menyeduh kopinya dengan nikmatnya. Di sini juga terdapat bumi perkemahan pentingsari lho, berminat untuk camping di ini? Sepertinya perlu dicoba deh. Namun apabila sobat malas membawa peralatan camping, singgah saja di homestay desa wisata penting sari. Coba kesana ya guys, rasakan suasana khas desa yang sejuk di lereng gunung merapi.

 



2. Desa Wisata Ketingan

desa wisata ketinganLokasi Desa Wisata Ketingan ini masih berada di Wilayah Sleman, Jogjakarta di bagian utara. Terletak di daerah Ketingan Desa Tirtoadi, Mlati Sleman. Daerah ini mempunyai Fenomena Unik berupa burung Kuntul yang membuat sarang di beberapa Pohon di sana. Yang tak kalah uniknya adalah hanya Desa Ketingan yang dijadikan sarangnya dan tidak di desa-desa lainnya. Padahal di desa-desa sebelahnya mempunyai vegetasi dan jenis pepohonan yang sama. Menarik bukan? Sambil menginap di Desa Wisata Ketingan, anda juga dapat mengamati hijaunya persawahan yang dihiasi dengan ribuan burung kuntul.

Baca lebih lanjut mengenai Dewa Wisata  ketingan

 






3. Desa Wisata Tembi

desa wisata tembiDesa Wisata di Jogja kali ini berada di Dusun Tembi, Bantul Jogjakarta. Berada di seberang jl. Parngtritis. Jadi apabila sobat traveller wisata ke pantai parangtritis, bisa mampir di desa wisata tembi, karena satu alur perjalanan. Di sana yang bisa kita nikmati adalah berbagai kerajinan yang berasal dari Batik. Selain itu, di desa wisata tembi juga terdapat banyak  homestay yang menyatu dengan masyarakat. Terdapat juga seni dan permainan tradisional yang masih bisa kita nikmati apabila menginap bersama rombongan dan mengambil paketnya. Tersedia Paket Desa wisata Tembi dengan permainan sawah dan permainan tradisionalnya.

 





4. Desa Wisata Manding

Kerajinan Kulit menjadi satu Ikon menarik dan diburu wisatawan ketika di Jogjakarta. Berbagai produk hasil dan kulit ini dapat kita beli di Kawasan Manding, Bantul. Terdapat kelompok-kelompok masyarakat yang menjadi pengrajin dan sebagai sentra industri Kulit terbesar di Jogjakarta. Jangan lupa menawar, dan setelah berwisata dari Pantai Parangtritis atau Hutan Pinus Asri Dlingo kita bisa mampir di sini. Lokasi desa wisata manding juga berdekatan dengan desa wisata Tembi. Jadi, masukkan juga kunjungan wisata kerajinan manding ke dalam list paket wisata jogja mu.

 

5. Desa Wisata Kasongan

kerajinan Gerabah Kasongan jogjaDesa Wisata kasongan ini terkenal dengan kerajinan Gerabahnya dan kita bisa sekaligus Praktik membuat berbagai jenis hasil karyanya. Gerabah atau keramik adalah olahan seni dan kerajinan dari tanah liat. Potensi lokal berupa tanah pegunungan yang tandus, dijadikan oleh masyarakat sebagai sentra seni hasil karya gerabah yang sudah diekspor ke berbagai negara. Kualitas gerabah di sini bahkan sudah terdengar sampai tingkat nasional guys. Cobalah sekali-kali berwisata sambil praktik membuat gerabah, kan bisa juga dijadikan oleh-oleh atau kenang-kenangan.








6. Kampung Edukasi Watu Lumbung

watu lumbung jogjaBelajar tentang keramah tamahan terhadap alam dan kebersajaannya dapat kita rasakan di Kampung Wisata Edukasi Watu Lumbung. Di sana tidak hanya panorama pegunungan dan pedesaan alami tetapi nilai-nilai hidup bisa kita pelajari bersama. Mulai dari kepedulian,. Kejujuran dan kemandirian dikemas oleh pengelola dalam satu Paket Tour Jogja yang unik.Tertarik untuk mengajak serta anak-anak dan pelajar mengunjungi nya? Anda dapat memesan Paket Wisata Study Trip Jogja ke Jogjakartour.com ya guys..

Baca lebih dalam mengenai keunikan kampung  Edukasi Watu Lumbung








7. Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo ini terletak di Jogja Bagian Barat atau wilayah Kulon Progo. Kita membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Di sana terdapat hamparan pegunungan dan Kebun Teh yang menghijau. Kebun Teh ini berada di daerah Samigaluh Kulon Progo dimana kita juga bisa menyatu dengan masyarakat untuk menginap. Berbagai aktifitas bisa dilakukan seperti Walking Tea atau berkeliling di sepanjang perkebunan teh. Wisata Camping atau berkemah juga bisa dilakukan disini. Aktifitas unik di sana adalah kita berlatih dalam proses pembuatan Gula Aren, Teh Sangit, Kopi Hitam dan proses pembuatan Batik. Cocok untuk Paket Wisata Keluarga berbasis edukasi dan pembelajaran.

 

8. Desa Wisata Nglanggeran

desa wisata nglanggeranDesa Wisata selanjutnya ini berada di Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul. Kawasan ini termasuk kawasan eko wisata dan butuh untuk terus dijaga kelestarian nya. Kawasan Wisata Gunung Nglanggeran ini bisa dikunjungi baik siang maupun malam. Saat siang kita dapat melakukan aktivitas tracking. Sedangkan untuk malam hari kita bisa camping di atas bukit. Bagi yang malas camping, kalian juga dapat menginap di homestady gunung api nglanggeran. Terdapat panorama Sunrise dan Sunset nya yang indah jika dilihat dari atas bukit ini. Dari atas bukit kalian juga dapat melihat birunya Embung Nglanggeran.






9. Desa Wisata Kebonagung

desa wisata kebon agung jogjaSalah satu Desa Wisata di Jogja yang berada di kabupaten Bantul ini bisa dibilang menjadi pelopor Desa Wisata yang ada di Jogjakarta. Karena destinasinya yang cukup menarik dan unik, yakni wisatawan diajak untuk menanam padi, membersihkan hama tanaman, memanen padi, mencari ikan, belajar membatik dan lainnya. Biasanya Paket Wisata Jogja Study Trip banyak mengambil Desa Wisata Kebonagung sebagai destinasi wajibnya. Pengalaman bermalam dengan penduduk dan juga keterlibatan langsung dengan aktifitas masyarakat di kenduri, karawitan, ronda dan kesenian gejok lesung menjadi tak terlupakan. Wisatawan diajak bermalam dengan menyatu bersama masyarakat dan juga ikut dijamu secara langsung. Tidak sedikit wisatawan yang menangis haru ketika mesti berpisah dengan penduduk setelah trip selesai. Kesederhanaan dan ketulusan menjadi nilai yang berkesan dan dirasakan oleh wisatawan yang bermalam di sana. Menarik ya?

Baca lebih lanjut mengenai daya tarik Desa Wisata Kebun Agung

 

10. Desa Wisata Pulesari

pulesariDesa Wisata di Jogja yang terkenal dengan salak pondoh yang berada di Turi Sleman ini menyajikan nuansa alam khas perkebunan salak. Aktifitas Outbound Tour Jogja  bisa dilakukan di sana, mengingat terdapat tracking sungai yang bisa menjadi destinasi wisata dan petualangan seru. Soft game dan permainan tradisional sangat cocok untuk Paket Wisata Jogja edisi Gathering Trip Jogjakarta. Aktifitas perikanan, seni budaya, outbound, bermalam di Homestay dan panen salak di kebun nya langsung bisa kita dapatkan di sini. Terdapat juga Museum Salak yang akan menjadikan kita banyak mengerti tentang salah satu buah tropis ini. Menarik ya, selain kita berwisata, ada nilai-nilai edukasi yang bisa dibangun dan dirasakan langsung oleh pengunjung. Welcome to Jogjakarta




 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja