PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Desa Wisata Sebagai Alternatif Paket Wisata Jogja Kekinian

Desa wisataHaii guys, salam wisata dan salam buat kalian yang lagi mencari Paket wisata Jogja ya. Sudah banyak sekali pembahasan paket tour jogja beserta potensinya yang beragam. Kali ini kita akan membahas tema yang agak berbeda karena bertemakan Desa Wisata. Ya, sudah banyak sebenarnya eksplorasi tentang Desa Wisata di Jogja. Akan tetapi, animo wisatawan belum begitu maksimal untuk berkunjung ke Desa Wisata. Padahal, Desa Wisata ini adalah sebuah terobosan dan alternatif cara menikmati wisata dengan berbeda. Mengapa disebut berbeda? Sebab disana sangat komplek dan dari sebuah konsep Desa Wisata ini kita bisa mengenal keberagaman dan potensi lokal yang ada. Tidak hanya potensi lokal, kearifan lokal dan nilai-nilai dalam masyarakat masih sangat melekat untuk kita bisa amati dan pelajari. Sehingga wisata yang ada, akan menjadi lebih bernilai karena kita tidak hanya berwisata secara fisik dengan menikmati keindahan alamnya.

Benefit Jika Kalian berkunjung ke Desa Wisata

Wisata yang menyertai dalam aktifitas paket desa wisata adalah tentang wisata jiwa dan hati, dimana dengan keserhanaan dan kebersahajaan yang ada mereka mampu bertahan. Banyak sekali masyarakat desa yang tetap bahagia, hidup dengan tenang dan mempunyai harapan dan jangka hidup yang lebih panjang dibanding masyarakat kota. Hal ini, sangat dipengaruhi oleh tingkat stress masyarakat yang cenderung lebih rendah. Maka, Wisata Desa atau Desa Wisata ini menjadi solusi jika kita ingin refreshing lebih dari sekedar melepas kepenatan dan menikmati alam. Wisata Desa tidak hanya menawarkan keindahan alam, potensi lokal, budaya, pola masyarakat, makanan khas, kerajinan, adat dan kebiasaan tetapi juga layanan menginap. Ya, sudah banyak desa wisata di Jogja yang sekaligus menyiapkan all in one kebutuhan wisatawan. Termasuk tempat menginap atau sering disebut homestay yang menyatu dengan rumah penduduk.

Wisatawan yang datang berkunjung dan sekaligus menginap, akan disuguhkan menu masakan untuk sarapan, makan siang dan makan malam dengan menu rumahan yang sama dengan pemiliknya. Jadi, kita seolah menjadi bagian dari rumah tersebut dan anggota keluarga yang ada. Hal ini tentu bernilai sangat mahal dan menjadi kenangan tersendiri yang berkesan. Coba saja sekali dua kali untuk sengaja Live in atau tinggal bersama penduduk di dalam masyarakat Desa. Rasakan keasrian dan kesederhanaan yang ada sehingga bisa menjadi charge dan kondisi yang menyegarkan kembali jiwa anda. Tentu prinsipnya adalah sama dengan berwisata di destinasi wisata jogja lainnya yang kekinian. Mengapa berkunjung dan berakifitas serta Live ini di Desa Wisata ini menjadi alternatif wisata kekinian? Jawabannya adalah karena bisa menjadi solusi merefresh diri kita yang seharian bergulat dengan berbagai aktifitas. Kekinian ini dimaksudkan adalah suatu hal yang baru dan update dan tidak baku hanya terpaku pada sebuah destinasi biasanya.

Desa Wisata Sebagai Paket Wisata Jogja kekinian, Antimainstream dan Mengedukasi

Wisata di Desa disebut kekinian karena, masyarakat saat ini terutama masyarakat kota adalah masyarakat yang rentan akan stress. Sehingga, Kekinian yang dimaksud adalah aktifitas yang mampu menyegarkan kembali fikiran dan keadaan kita dari kebiasaan. Maka, kehidupan alam di Desa ini menjadi pilihan yang mampu mengakomodir aktifitas wisata. Akan tetapi, banyaknya destinasi desa wisata ini haruslah diimbangi dengan perencanaan yang baik dan matang tentang pemasaran dan daya dukungnya. Daya dukung adalah segala hal berkait potensi, kapasitas dan daya tampung yang ada di dalamnya. SDM tentu menjadi daya dukung utama yang sekaligus menjadi penggerak sekaligus promotor Desa Wisata yang ada. Pengembangan Desa pariwisata ini memang berbasis komunitas  atau biasa kita sebut dengan Community Based Tourism. Pengembangan Pariwisata berbasis komunitas menjadi lebih efektif jika dilakukan di Desa berbasis Wisata. Sebab, melalui SDM yang terdidik dan terampil dalam pengelolaan pariwisata inilah sebuah Desa akan terus maju dan bertumbuh.

Biasanya dan hampir semua Desa Wisata mempunyai organisasi pengelolaan yang dikenal Pokdarwis. Pokdarwis adalah singkatan dari Kelompok Sadar Wisata. Melalui organisasi ini, akan terbagi fungsi dan tugas pengelolaan Desa Wisata. Maka, Desa Wisata yang bertumbuh sangat baik pasti maju dan hebat dalam pengelolaan Pokdarwisnya. Potensi Desa Wisata di Jogjakarta ini banyak sekali dan biasanya berbasis dengan kondisi dan potensi lokal yang ada di dalamnya. Wisatawan bisa memilih dengan cermat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan berwisatanya. Apakah rencana wisata Desa ini adalah untuk Study Trip Jogja, Paket Wisata Family Jogja ataukah Wisata gathering Jogjakarta. Desa Wisata sebenarnya mampu mengakomodir kebutuhan tersebut karena mempunyai daya dukung dan daya tampung yang sudah dipersiapkan.

Desa Wisata Di Jogja

Contohnnya adalah Desa wisata Desa Penting Sari menjadi menarik dan terkenal dengan potensi Herbal dan pengelolaan Kopi nya. Desa Kembang Arum adalah dengan potensi salak nya yang melimpah ruah dan dikelola menjadi diversifikasi produknya. Desa Boro di Kulon Progo juga dengan potensi nya sebagai daerah tujuan Wisata Outbound berbasis alam lokal. Tentu di Kulon progo kita mengenal desa Nglinggo dengan hasil dan kebun teh nya yang menhijau nan indah. Lainnya yang ada di bantul lebih didominasi dengan potensi kerajinan seperti desa Giriloyo dengan Batik Tulisnya yang indah dan asli. Desa Pundong dan Kasongan dengan Gerabahnya. Desa Wisata Krebet dengan Batik tulisnya, Desa wisata Manding dengan Kerajinan kulitnya serta desa wisata tembi dan kebonangung dengan potensi agro dan budaya nya. Selain itu, daerah Jogja bagian timur kita akan mengenal Desa Nglanggeran dengan potensi Gunung Api Purbanya serta Desa Wisata Jelok dengan kondisi alam yang indah dan potensi lokalnya, Desa Bejiharjo dengan Cave Tubing Gua pindulnya yang cetar membahana.

Sungguh sangat komplek dan lengkap apabila kita ingin mengekspolarasi Jogjakarta dilihat dari potensi lokal nya yang tersedia di desa-desa yang sudah dikelola. Jadi, wisata di Desa ini dapat menjadi destinasi Wisata alternatif yang kekinian. Kekinian disini dimaksudkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat dan wisatawan akan hiburan yang tidak biasa. Sebuah konsep hiburan dan wisata yang out of box dan juga antimainstream. Mengapa tidak kita menggeser rencana aktifitas kita yang biasanya di hotel berbintang menjadi di Homestay yang menyatu dengan rumah penduduk. Sembari mendengarkan nyanyian alam dari binatang-binatang di sawah pada malam hari seperti jangkrik dan kodok. Juga dengan citarasa masakah resto kelas Internasional, sekali –kali geserlah lidah ini untuk mencicipi masakan khas desa yang diambil dari bahan alam yang tak kalah enaknya. Tetap lezat dan menggoyang lidah dengan sayur lodehnya, Buntil daun ketela, ikan air tawar dari kolam penduduk dan tempe goreng yang gurih. Udara bersih yang jarang kita akses di kota, bisa dengan sangat melimpah kita dapati di sepanjang ruas Desa Wisata .. So, All Everything we get here 🙂

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja