PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Wisata Halal Indonesia dan Potensi Wisata Halal di Jogja

wisata halalWisata Halal? Apa sih itu. Wisata Halal adalah rangkaian wisata yang menerapkan prinsip-prinsip dan nilai-nilai islami. Artinya, dalam Paket Wisata Halal tersebut tidak ada unsur yang melanggar syariah. Unsur yang melanggar syariah atau nilai-nilai islami ini adalah seperti mabuk, unsur makanan yang haram, sogokan (agar deal project) dan aktifitas haram lainnya seperti prostitusi. Jadi, Definisi Wisata Halal adalah serangkaian proses dari awal reservasi, proses wisata, hingga berakhirnya trip tetap menerapkan unsur-unsur halal. Apabila salah satu prosesnya ada yang menyimpang dari nilai-nilai syari dan mengandung unsur keharaman maka bisa dipastikan Paket Wisata tersebut cacat nilai dari kehalalan. Paket Halal tourism juga mengunjungi destinasi yang jelas kehalalannya dan beraktifitas dengan nilai-nilai agama islam tentunya. Terutama yang perlu diperhatikan adalah kehalalan makanan yang disediakan untuk peserta tour.

Bagaimanakah penerapan Wisata Halal di Indonesia?

Sebenarnya karena Indonesia ini adalah negara yang mayoritas masyarakatnya adalah muslim, maka negara ini banyak menyediakan paket Wisata halal indonesia. Kecuali beberapa daerah di Indonesia seperti Bali, NTT, Papua dan lainnya kita mungkin bisa selektif memilih menu makanan khususnya. Nah, khususnya di Aceh dan wilayah sumatera serta Lombok beberapa waktu lalu terpilih sebagai nominasi untuk destinasi wisata Halal dunia.  Indonesia meraih beberapa penghargaan di kontes wisata halal dunia (World Halal Tourism Awards 2016). WHTA tersebut berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab 24 Oktober-25 November 2016 lalu. Penghargaan diserahkan langsung oleh CEO International Travel Week Abu Dhabi, Andy Buchanan dan Menteri Pariwisata Arief Yahya di Gedung Kementerian Pariwisata, Rabu 21 Desember 2012. Pemenang wisata halal dunia yang dimenangkan oleh Indonesia memiliki kategori sebagai berikut:

  1. Kategori World’s Best Airport for Halal Travels: Sultan Iskandar Muda International Airport, Aceh
  2. Kategori World’s Best Airline for Halal Travellers: Garuda Indonesia
  3. Kategori World’s Best Family Friendly Hotels: The Rhadana Kuta Bali
  4. Kategori World’s Most Luxurious Family Friendly Hotels: Luxury Bandung
  5. Kategori World Best Halal Beach Resorts: Novotel Lombok Resort and Villas
  6. Kategori World’s Best Halal Tour Operator: ERO Tours Sumatera Barat
  7. Kategori World’s Best Hajj and Umrah Operator: ESQ Tours and Travel
  8. Kategori World’s Best Halal Honeymoon Destination: Sembalun Valley Region, NTB
  9. Kategori World’s Best Halal Travel Website: wonderfullommoksumbawa
  10. Kategori World’s Best Halal Destination: Sumatera Barat
  11. Kategori World’s Best Halal Culinary: Sumatera Barat
  12. Kategori World’s Best Halal Cultural Destination: Aceh

Jelas, ini karena unsur-unsur syariah dan nilai-nilai islami cenderung unggul di provinsi Aceh. Untuk negara lainnya seperti Jepang dan Thailand, kini mengalakkan wisata minat khusus, khususnya wisatawan yang mencari kehalalan dalam aktivitas liburannya. Hal ini karena di dua negara tersebut, cenderung memiliki beragam keagamaan masyarakatnya, sehingga menemukan wisata islami adalah sebuah solusi. Solusi ini hadir bagi masyarakat muslim yang ingin berkunjung dan menikmati destinasi wisata di dua negara tersebut. Di Indonesia sendiri, Menpar Arief menegaskan: “Indonesia harus siap menjadi destinasi pariwisata halal nomor satu di dunia pada 2019” (Harian Aceh 10 Oktober 2017).

Bagaimana wisata halal di Jogja?

Sebuah kota wisata yang cenderung banyak sekali peminatnya dan menjadi daerah tujuan wisata yang diminati. Tentunya, Kota Wisata ini masih masuk dalam nominasi Paket Wisata Halal. Paket Wisata Halal Jogja banyak disediakan oleh Penyedia Jasa Paket Wisata atau Travel Agent Resmi di Jogjakarta. Prinsip bahwa pariwisata haruslah bersahaja dan tidak boleh keluar dari nilai dan prinsip agama Islam yang ada. Adapun Jogjakarta masih masuk sebagai Destinasi Wisata Halal karena Jogjakarta memiliki beberapa hal yang mendukung ke arah halal tour. Selain itu, beberapa restauran lokal yang mengandung unsur babi dan sejenisnya biasanya secara terang-terangan akan menuliskan tentang produknya yang ada unsur babi nya. Hal lainnnya adalah mayoritas masyarakat di kota Jogja ini adalah beragama islam sehingga akses terhadap masjid dan nilai islam cukup baik.

Akan tetapi, dalam pelaksanaannya, wisata halal haruslah dikaji dan terdapat lembaga sertifikasi yang menjamin kehalalan Paket Wisata tersebut. Hal ini seperti adanya MUI atau Majelis Ulama Indonesia yang mengontrol adanya produk dan olahan halal yang beredar di Indonesia.  Wisata Halal Jogja menjadi keniscayaan dan kebutuhan wisatawan domestik seiring Jogja tetap menjadi pilihan dan tujuan wisata. Dan hal lain yang mendukung mengapa Halal Trip harus terus dikembangkan adalah kebutuhan dan animo masyarakat dunia akan kebutuhan wisata ini. Banyak sekali segmen pasar dari Asia, Eropa bahkan Timur Tengah yang mulai melirik ke Indonesia untuk menjadi sasaran Wisata Halal. Jadi, mengapa tidak kita harus bersegera untuk menyiapkan sarana, sdm, produk, dan faktor pendukung lainnya. Welcome to Jogja. Welcome Wisata Halal Jogjakarta, Wisata Halal Indonesia.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja