Wisata Jogja: Paket Liburan & Tour Custom

"Couple Honeymoon, Family Trip, Company Gathering"

085-329-196777 (AS)        BBM: 5E5C3FAE / JG196777
087-837-196777 (XL)        WA: 087 837 196777
Email: [email protected]

Industri yang Akan Tumbuh Setelah Hadirnya Bandara YIA

industri pariwisata

Kalian warga Jogja maupun sekitarnya, siapa sih yang tidak tau mengenai pembangunan Bandara Internasional  YIA  yang ada di Kulon Progo?. Oke, bandara tersebut memang selalu menjadi perbincangan oleh hampir semua warganya.  Bandara Internasional YIA dibangun karena semakin banyaknya wisatawan yang datang di Kota Jogja sehingga kapasitas di Bandara Adisucipto mengalami kelebihan. Selain itu juga pembangunan dilakukan demi kelancaran aktifitas Industri pariwisata yang semakin meningkat ini.  Mengingat lagi bahwa Jogjakarta menjadi kota kunjungan wisata terbesar setelah Bali. Sehingga jutaan paket wisata Jogja terjual setiap tahunnya. Sampai sekarang, Jogja masih menjadi primadona untuk wisata murah dan asyik.

Pariwisata Adalah Multiflier Effect Industry

Nah mengetahui adanya pembangunan Bandara Internasional YIA, pastinya terdapat suatu perubahan dan penambahan dukungan baru yang terjadi. Lebih khususnya pada industri – industri yang bermunculan, guna mendukung aktifitas dari Bnadara Internasional YIA tersebut. Llau industri apa saja yang akan tumbuh dengan adanya bandara internasional YIA?. Seperti kita ketahui, bahwa pariwisata adalah sebuah industri yang menyerap sdm sangat besar. Sehingga disebut dengan multiflier effect atau efek domino yang besar terhadap sektor lainnya. Sebut saja jika seorang membeli paket wisata Jogja, maka tidak hanya travel agent yang diuntungkan.

Gambaran gamblangnya adalah jika seorang membeli paket wisata Jogja, dia bisa mensejahterakan banyak usaha lainnya. Mulai dari wisatawan yang membutuhkan tiket PP bisa kereta, bus atau pesawat. Hal ini mempengaruhi kesejahteraan orang-orang yang bekerja di industri tersebut. Terutama jika kunjungan wisata sedang naik-naiknya atau berada di musim liburan puncak. Kedua, wisatawan akan mengeluarkan uangnya untuk membeli paket wisata Jogja misalnya. Sehingga di dalamnya ada usaha perhotelan, makanan atau resto, transportasi, obyek wisata dan juga jasa pemandu wisata serta souvenir. Hampir semua wisatawan mengeluarkan uangnya di industri-industri tersebut.

Daya Tampung dan Daya Dukung Menjadi Pertimbangan Kawasan Wisata

Seperti halnya jika paket wisata Jogja yang dinikmati semakin besar animo wisatawan terhadapnya. Tentunya saran dan prasarana menjadi pertimbangan penting yang dipikirkan oleh pemerintah. Sehingga daya dukung dan daya tampung sebuah kawasan wisata harus memenuhi. Jogjakarta yang setiap harinya ada 80 penerbangan di bandar udara Adisucipto, harus mulai melebarkan daya tampungnya. Sehingga dibangunlah Bandara baru yang ada di Kulon Progo Yogyakarta Internasional Airport. Selain tentunya pertumbuhan travel agent yang diuntungkan, ada beberapa lini bisnis lain yang tumbuh kuat di sana. Tentunya dengan adanya pembangunan bandara Internasional Jogja yang baru ini.

Idnustri yang Akan Tumbuh Setelah Adanya Bandara YIA

1. Kuliner / Restoran

Industri Kuliner menjadi industri yang pastinya akan tumbuh di sekitar Bandara Internasional YIA. Kuliner selalu menjadi andalan bagi semua orang saat bepergian. Mengingat setelah melakukan perjalanan jauh, penumpang tentunya membutuhkan waktu untuk makan guna mengisi energi mereka untuk melanjutkan perjalanan setelah landing maupun sebaliknya.  Khusunya untuk kapasitas yang bisa menampung banyak wisatawan. Banyak dari peserta wisata yang membutuhkan tempat makan sesampainya di Jogjakarta. Komponen atau usaha ini sangat mendukung fasilitas dalam paket wisata Jogja yang dijual. Terutama untuk jenis wisata rombongan dalam paket wisata gathering Jogja.

2. Perhotelan / Akomodasi

Selain Kuliner, perhotelan mau akomodasi juga sangat mendukung sekali guna membantu aktifitas  bandara. Industri ini tentunya sangat dibutuhkan untuk tumbuh di sekitar bandara. Hotel maupun penginapan lain sangat dibutuhkan untuk para wisatawan. Mereka yang datang maupun pulang dengan menggunakan jalur udara. Kenapa demikian?. Karena hal ini juga bisa membantu mereka jika terjadi perubahan jadwal penerbangan atau mengalami delay penerbangan. Jika saja mereka sudah stay di bandara, akomodasi bisa menolong mereka untuk menginap maupun singgah sementara.

Bukan perihal itu saja, pembangunan indsutri perhotel di sekitar bandara juga sangat mendukung sekali dalam aktifitas pariwisata. Terkadang wisatawan saat mengunjungi suatu daerah dalam kegiatan wisata, mereka cenderung memilih akomodasi yang strategis. Dengan adanya indsutri perhotelan/ akomodasi di sekitar bandara, tentu nya hal ini menjadi tempat yang strategis yang banyak diinginkn oleh para wisatwan atau pengunjung yang datang dari luar daerah.

3. Perbelanjaan/ Oleh – Oleh Khas Jogja

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi suatu daerah tanpa membawa oleh – oleh untuk dibawa pulang. Bandara  juga menjadi jalur terpenting bagi keluar masuknya wisatawan. Nah, dengan sudah dibangunnya Bandara Internasonal YIA, tentunya  tempat perbelanjaan atau oleh – oleh sangat dibutuhkan untuk tumbuh di arae tersebut.  Aktifitas pariwisata ini juga membantu jalannya aktifitas pariwisata Jogja. Biasanya wisatawan yang tidak keburu membeli oleh – oleh khas , mereka mengandalkan area pada Bandara. Selain mudah dicari, hal ini juga sangat membantu mereka untuk melengkapi perjalanan wisatawan mereka dengan menghadirkan tempat oleh – oleh di sekitar bandara. Oleh- oleh tersebut meliputi makanan khas Jogja seperti Bakpia, Gudeg Kaleng, dan Aksesori khas Jogja. Jadwal wisata dalam paket wisata Jogja selalu ada aktifitas untuk membeli oleh-oleh menuju ke bandara.

4. Perusahaan Transportasi

Seiring dengan maju dan berkembangnya industri pariwisata Jogja, tentu dibutuhkan jumlah transport wisata yang memadai. Seperti halnya jasa penyewaan mobil dan juga bus. Sebab, transportasi menjadi komponen penting dalam paket wisata Jogja. Industri ini yang justru akan menjamur di dekat bandara. Sebab banyak dari mereka yang ingin menikmati paket wisata Jogja dengan nyaman.

5. Toko Swalayan

Toko swalayan merupakan sesuatu hal yang sangat dibutuhkan saat sedang melakukan bepergian. Sering kali wisatawan yang sedang berwisata selalu mencari tempat satu ini. Toko swalayan menghadirkan berbagai macam kebutuhan yang tentu bisa melengkapi kebutuhan para wisatawan yang sedang melakukan perjalanan wisata. Toko swalayan ini sangat memungkinkan tumbuh di area sekitar bandara, apalagi bandara sebagai jalur keluar masuknya para wisatawan luar daerah.

6. Destinasi Wisata

Adanya bandara baru juga menggerakkan sektor industri pariwisata. Yaitu terciptanya daerah-daerah tujuan rekreasi di lokasi sekitar. Dengan demikian, masyarakat sekitar menjadi terberdayakan. Masyarakat yang berdaya, akan mmebuat perkonomian menjadi maju.

Pembanguan pada setiap Bandara, khususnya pada Bandara Internasional YIA  tentu membutuhkan banyak industri guna mendukung aktifitas bandara. Selain itu, hal ini juga sangat dibutuhkan bagi semua orang yang turut serta menjadi bagian dalam aktifitas bandara tersebut. Terlebih lagi dalam kegiatan pariwisata. Nah, Itulah beberapa penjabaran mengenai Industri Yang Akan Tumbuh Dengan Adanya Bandara Internasional YIA. Terutama industri yang mendukung terjualnya paket wisata Jogja dengan maksimal.  Semoga artikel ini juga bisa membuat kalian lebih tau lagi dan bermnfaat bagi semua.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja I Paket wisata Jogja