PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Temukan 11 Tema dan Konsep Gathering Jogja yang Menarik

Menyiapkan agenda family gathering perusahaan, bisa dibilang mudah dan sekaligus cukup menyita pikiran. Betapa tidak, kita harus mulai mensurvey dan mempelajari destinasi, travel agent atau event organizer, destinasi wisata dan lainnya. Tetapi karena family gathering dalam sebuah perusahaan sudah merupakan hal yang rutin dilakukan tahunan, maka kita tinggal mengulang polanya. Biasanya menjadi panitia Family Gathering perusahaan cukup dibuat sibuk dari enam bulan atau minimal tiga bulan sebelumnya. Sebab kita harus memastikan bahwa semuanya berjalan lancar sesuai dengan rencana dan target perusahaan. Apalagi jika mesti membahas tentang konsep gathering dan content acara di dalamnya.

Pilihan destinasi Gathering yang cukup banyak diminati oleh  beberapa perusahaan Nasional adalah kota Jogjakarta. Sebab, daerah tujuan wisata ini memiliki banyak sekali support sebagai tempat yang layak dikunjungi. So, Family gaheting Jogja bukan hanya pilihan tepat, tetapi juga sangat menarik dan akan berkesan karena daya dukung yang dimilikinya. Nah, dalam menentukan konsep, panitia kadang dibuat bingung harus seperti apa konsep yang menarik untuk family gathering perusahaan kali ini. Yuk, kita urai satu persatu pilihan nya dan 11 point ini adalah termasuk dari history klien-klien kami selama ini. Sebagaimana kami Jogjakartour.com menjadi partner perjalanan wisata sekaligus event organizer profesional. Berpengalaman menangani project gathering dari berbagai instansi, goverment dan 300 lebih corporate di indonesia. Let we see the point :

Daftar 11 Konsep Gathering yang Menarik dan Unik

Cocok untuk Indoor maupun Outdoor

konsep gathering

1. Amazing Race Lava Tour Merapi

Amazing Race Lava Tour Merapi adalah memanfaatkan kontur area Lava Tour Merapi yang berkarakter adventure. Dimana peserta Family gathering nanti nya akan dikelompokkan sesuai kebutuhan kemudian menaiki Jeep lava Tour Merapi. Perlu diketahui, kapasitas per Jeep nya bisa menampung sekitar 4 orang saja. Para peserta yang sudah dikelompokkan akan menaiki Jeep dan mengikuti instruksi dari panitia dan travel organizer. Akan disediakan pos-pos yang siap untuk memberikan penugasan, games dan job-job lainnya selama permainan.

Perjalanan Amazing Race ini setidaknya minimal dua jam lamanya, jika dipilih rute Lava Tour yang paling pendek. Jika menghendaki Super Amazing Race , maka bisa dipilih rute long trip di Lava Tour yang berdurasi empat jam lamanya. Pemenangnya adalah yang mampu menyelesaikan semua pos dengan baik dan dengan durasi waktu yang paling cepat. Siapkan stamina dan tentunya kekompakan team mu guys. PT. DKT Group dan beberapa client kami sebelumnya pernah memakai konsep ini ketika trip gathering di Jogja.

2. Gala Dinner Event dan Awarding

Gala dinner dalam sebuah perusahaan ketika momen Family Gathering merupakan acara yang sering ada di dalamnya. Sebab, dari sinilah nanti puncak agenda Gathering perusahaan bisa dimainkan dan dilakukan. Dalam Gala Dinner perusahaan , seringkali diselipkan dengan pembagian doorprize, penganugerahan karyawan berprestasi dan Awarding. Awarding ini menjadi menarik dan lebih berkesan karena semua peserta dalam keadaan sangat fun ketika trip dan gathering event. PT Sucofindo, PT Mega Pratama Insurance, PT Aditya dan PT Jasa Raharja pernah mengambil konsep ini dalam gathering event nya di Jogja.

3. Andong Festival

Naik Delman bisa jadi pengalaman istimewa seperti dalam lagu yang kita kenal semasa anak-anak. Yes.. naik delman alias andong ini bisa menjadi tema gathering unik. Bagaimana tidak, konvoi menggunakan andong sembari menyusuri desa dan persawahan pasti akan menjadikan keseruan. Sekarang ini ketika sudah dewasa pun, kita bisa naik andong ini sembari menyusuri Desa Wanurejo yang ada di Magelang. Paket Wisata Gathering Jogja yang bisa dilakukan adalah menikmati kearifan lokal desa yang ada di sana. Kunjungan yang dilakukan di Desa Wisata Wanurejo ini bisa dilakukan selepas wisata di Candi Borobudur. Desa Wisata Wanurejo juga menyediakan ratusan sepeda yang bisa disewa oleh peserta tour untuk berkeliling desa.

Destinasi wisata yang relatif dekat dengan Wanurejo ini adalah Punthuk Stumbu dan Gereja Ayam AADC2. Sehingga jika tersedia cukup banyak waktu dan bisa menginap, maka esok paginya nikmati keindahan sunrise di Punthuk Stumbu ini. Untuk melengkapi keseruan nya, kita bisa semabri melepas balon di antara hamparan sawah menghijau yang ada di Wanurejo ini. Seolah peserta dibawa ke tengah-tengah green carpet yang semakin menambah syahdu nya gathering momen.

4. Outbound Training di Desa Wisata

Aktifitas Family Gathering di Jogja biasanya dilengkapi dengan momen outbound training. Outbound training dilakukan sebagai agenda kekompakan dan upgrading team annual.  Aktifitas outbound semacam ini dapat dijadikan sebagai konsep gathering outdor. Sehingga ketika agenda trip family gathering di Jogja, kita bisa memanfaatkan destinasi yang luas dan yang mendukung outbound ini. Beberapa permainan yang diberikan pasti yang bernilai fun, menguatkan team, kebersamaan dan tentang kepemimpinan. Destinasi wisata yang sangat cocok untuk outbound training semacam ini adalah yang mempunyai daya tampung yang cukup. Sehingga tidak mengganggu pengunjung lain dan cukup space untuk bergerak. Destinasi yang mendukung adalah Candi Borobudur, Candi Prambanan, Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Becici serta Tebing Breksi.

5. Live in & Merasakan Kearifan Lokal

Live in atau merasakan kehidupan langsung dan terlibat dengan warga setempat merupakan pilihan konsep gathering. Aktifitas ini bisa disebut sebagai konsep yang out of box karena jarang dipilih dan dilakukan oleh perusahaan dalam gathering trip. Berbagai desa wisata di Jogja menyediakan tempat nya untuk peserta Group wisata bisa tinggal, bermalam dan beraktifitas di desa. Selayaknya sebagai penduduk setempat, kita akan tinggal di homestay yang menyatu dengan warga. Setelahnya kita akan makan bersama dengan pemilik rumah dengan menu yang sama. Pada pagi harinya, penyelenggara wisata atau travel agent sudah berkoordinasi dengan pengelola desa wisata untuk meng arrange agenda. Dimulai dari bertanam padi, menyiangi rumput di sawah, menggarap tanah hingga panen padi. Aktifitas di desa wisata berbeda-beda tergantung jenis desa wisata nya.

Beberapa Group kami biasa memilih Desa Wisata Penting Sari untuk kegiatan Live in nya. Desa Wisata Ketingan, Desa Wisata Kebonagung, Desa Wisata Krebet dan Desa Wisata Nglanggeran termasuk destinasi yang bisa kita gunakan untuk Live in. Pengalaman berbeda pasti akan bisa dirasakan dengan konsep ini, terlebih dari sisi kerahamtamahan penduduk dan kearifan lokal beserta keserhanaan nya. Kesemuanya akan memberi energi baru dalam paket wisata family gathering di Jogja.

6. Movie Making Awards di Obyek Wisata

Konsep acara gathering yang menarik dalam pengelolaan family gathering perusahaan di Jogjakarta? Salah satu jawaban nya adalah Movie Making Award yang berkonsep out of Box dan penuh kreatifitas. Konsep ini pernah dilakukan oleh client kami dari BFI Finance yang mengadakan Gathering Nasional nya di Jogjakarta. Dimana para peserta dibagi beberapa kelompok dan mereka harus menentukan konsep movie yang akan dibuatnya. Peserta hanya diberikan waktu satu hari itu saja dan akan ditampilkan hasilnya di malam puncak dalam agenda dinner. Berkaitan dengan tools atau sarana prasarana untuk movie making ini tentu sudah disediakan oleh panitia beserta kameramen dan editor nya. Sehingga peserta tinggal menerima hasil akhirnya dan akan ada penilaian di malam puncaknya. Biasanya justru peserta yang malah tertawa lepas karena kelucuan-kelucuan yang ditampilkan dalam movie tersebut. Kebersamaan dan konsep kreatif harus banyak dimainkan di sini disamping juga budget perusahaan yang cukup tinggi untuk konsep movie ini.

Ingin tau rekomendasi tempat wisata gathering jogja ? cek di sini Tempat gathering di jogja

7. Meeting di Resto Sembari Menikmati Sunset

Paket Meeting dan Touring yang menjadi satu adalah konsep yang biasa dalam paket family gathering tahunan. Tetapi, biasanya paket meeting ini diadakan di Ballroom hotel tempat peserta tour menginap. Adakalanya, kita perlu mengambil tema yang berbeda sembari merasakan nuansa berbeda dalam agenda meeting tahunan perusahaan. Pilihan tempat juga berkontribusi terhadap kenyamanan dan kelancaran agenda meeting annual perusahaan. Bagaimana jika kami menyarankan meeting sebagai target yang harus ada dalam agenda gathering diadakan di Resto. Restoran yang dipilih tentunya yang bernuansa sunset yang memukau. Secara alur, mungkin kita bisa mengagendakan meeting tersebut dilaksanakan lebih awal. Sehingga tiba waktunya matahari terbenam, agend meeting sudah clear, tinggal enjoy the sunset dan dinner moment.

Beberapa perusahaan seperti PT Aditya pernah memilih meeting dalam sela sela dinner nya di gazebo garden Resto. Ada juga yang memilih dinner berlatar senja dari ketinggian di Boko Sunset Resto. PT Sentranet memilih Dinner Group nya dengan menikmati senja di ketinggian Jogja Boko Sunset Resto ini. Jogja juga memiliki banyak sekali Resto yang bisa dinikmati sembari menikmati keindahan Sunset.

8. Sosial Care di Yayasan

Membuat susunan acara family gathering perusahaan yang juga bernilai kemanusiaan atau sosial akan memberikan experience tersendiri. Pengalaman yang dirasakan tidak hanya di level fisik dan jiwa tapi sudah ke dalam hati. Apalagi jika kunjungan dilakukan di Yayasan atau Panti Sosial  maka hal ini memberi kebermanfaatan dan dukungan. Melihat beberapa kondisi anak-anak yang kurang beruntung, menjadikan kita lebih bisa bersyukur. Pengalaman inilah yang pernah dirasakan oleh Group dari perusahaan Kennedy, Voice and Berliner. Dimana aktifitas bermain bersama anak mandi menjadi agenda utama disamping makan bersama mereka. Agenda semacam ini bisa dinilai sebagai sosial Gathering karena menggandeng lembaga sosial. Konsep sejenis ini juga bisa dilakukan terhadap alam, yakni kita menanam puluhan pohon di hutan wisata. Pengalaman semacam ini akan mengingatkan kita dengan keseimbangan hubungan antara manusia dengan alam. Boleh dong ya..sekali-kali kita memilih konsep yang sosial dan berbeda sehingga kebermanfaatnya bisa maksimal.

9. Meking Batik atau Kerajinan Khas Daerah

Ingin memiliki sebuah karya dan pengalaman kreatif bersama pengrajin daerah?. Ide semacam ini bisa menjadi pilihan konsep gathering perusahaan di Jogja. Sebab Jogja merupakan pusatnya berbagai jenis kreatifitas dan karya. Sebut saja Batik dan aktifitasnya, kita bisa memilih praktik membatik di kampung Wisata Batik Giriloyo maupun Sentra bati Tirtodipuran. Di sana, kita akan diajari proses membatik yang panjang dan runtut. Dimulai dari memilih kain, memberi gambar dengan pola tertentu, mencanting yakni memberi lapisan lilin yang biasa disebut dengan malam yang panas. Setelahnya mewarnai dengan mencelup dilanjutkan melorot yakni menggodok kain batik agar lapisann lilin nya luntur. Dilanjutkan dengan finising nya berupa menjemur Batik langsung di bawah sinar matahari agar warna nya bisa keluar dengan baik.

Itu baru bicara Batik, belum dilanjutkan dengan Batik Kayu, Gerabah, Keris dan berbagai kerajinan lainnya yang ada di Jogja. Family gathering Jogja kali ini tentu akan membuat kita membawa oleh-oleh dari hasil praktik sendiri.

10. Costum Bertema Adat dan Budaya Daerah

Menjalani kegiatan family gathering perusahaan yang itu-itu melulu, kadangkala bisa memberi efek jemu atau bosan. Nah berikut ini merupakan susunan acara family gathering seru. Agar tidak bosan, memang dibutuhkan kreatifitas dalam mengemas dan membuatkan konsepnya. Jika kita tidak berganti secara konsep acara, kita bisa memilih konsep dalam hal kostum atau baju yang dikenakan. Jika biasanya, kostum atau sergam selama trip dan family gathering berupa kaos, kali ini dibuat beda. Apalagi jika bertepatan dengan momen tertentu, maka pilihan baju adat bisa semakin memeriahkan. Tentu dalam acara dinner dan momen puncak, peserta diharuskan memakai kostum seperti ini. Sehingga nanti bisa dipilih pemenang dengan kostum terbaik, terlucu, terheboh dan sejenisnya.

Pernah sebelumnya Group PT. Mega Pratama Insurance memilih tema baju lokal daerah sesuai dengan asal daerah masing-masing. Bertema kebaya bagi wanita dan baju adat khas bagi laki-laki adalah acara terbaik merayakan kebersamaan dalam gathering. PT.Bumi Putera Sekuritas justru memilih tema 19th atau sembilan belas tahunan berkostum ala Remaja atau ala ABG lainnya. Ini menarik, dan bukti dari kreatifitasan pemilik agenda Gathering.

11. Photo Moment Kece

Konsep Gathering Jogja berikutnya yang tak kalah menarik adalah biasanya, tamu memilih kostum yang sudah direncanakan. Kemudian di destinasi wisata, mereka akan berfoto ria dalam agenda photo momen cantik. Konsep seperti ini paling banyak dipilih oleh ibu-ibu dan yang mayoritas Group wisatanya adalah wanita. Sebab, narsisme dan dandan ala ala paling banyak disukai oleh kaum hawa seperti ini. Destinasi alam seperti Hutan Pinus asri Imogiri, Peninggalan Bangunan Heritage dan budaya seperti kotagede juga menjadi spot foto yang menarik. Photo momen dengan latar destinasi wisata akan terasa lebih hidup dan lebih semarak. Kabar baiknya, sebenarnya konsep gathering dengan foto momen seperti ini tidak hanya bisa dilakukan oleh ibu-ibu saja.

Ada konsep gathering Indoor berupa studio foto di Jogja yang menyediakan jasa photo group berkonsep. Sebut saja Studio Sinten dan Raminten Photography adalah tempat yang tepat untuk agenda sejenis ini. Berkonsep dan berkostum ala Jawa, menjadikan hasil foto terlihat menarik dan berbeda. Apalagi jika foto dilakukan bersama dengan group dalam agenda Family gathering Jogja. Tetapi, perlu booking jauh-jauh hari untuk bisa photo moment berkonsep Jawa di sua studi tersebut. Perusahaan bisa bekerjasama dengan travel Agent Terbaik di Jogja untuk membantu mengatur agenda ini.

Demikianlah beberapa opsi dan jenis konsep Gathering yang  bisa dilakukan untuk menghidupkan agenda perusahaan. Agenda yang memang sudah dianggarakan dan sudah dipastikan berjalan tiap tahun, butuh disiapkan dengan baik. Termasuk juga dalam variasi konsep Gathering yang cocok dengan kebutuhan perusahaan. 11 Konsep tersebut diharapkan mampu memberi gambaran panitia untuk menyusun paket company gathering jogja.

Jogjakartour.com , We are Expert in Corporate Gathering

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja