Paket Wisata Jogja & Tour Custom

"Couple Honeymoon, Family Trip, Company Gathering & Outbound"

PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA
085-329-196777 (WA)    Office: (0274) 2810683
087-837-196777 (WA)    Email: [email protected]

Kapan dan Alasan Mengapa Uang Tip Perlu diberikan? Simak 6 Kriteria Kepantasan Mendapatkan Tip

uang tip

Menikmati aktifitas wisata yang memuaskan pastinya tidak lepas dari bantuan para team. Team atau crew wisata yang bertugas di lapangan ada beberapa mulai dari driver, co driver, tour leader dan tour guide. Kesemuanya akan menjadi partner perjalanan  wisata selama di lapangan. Team atau crew wisata pastinya akan memberikan yang terbaik untuk para tamu atau wisatawan. Mereka juga adalah SDM yang kompeten dan berkapasitas. Pelaku wisata yang sudah berpengalaman dalam melayani para wisatawan yang datang.

Aktifitas wisata menjadi sangat berkesan dan memuaskan apabila wisata bisa berjalan dengan lancar. Mulai dari proses transfer in atau penjemputan wisata, on board atau selama berwisata berjalan sangat baik. Pun juga dengan aktifitas pengantaran tamu ke stasiun atau bandara yang disebut dengan transfer out.  Jika kesan dan informasi yang diberikan oleh para crew mulai dari driver, co driver hingga tour guide sangat bagus, layak untuk dipuji. Mereka berhak mendapatkan apresiasi mulai dari pujian, testimoni yang bagus hingga dalam bentuk uangtip.

Mengapa Crew Wisata Pantas Mendapat Tip?

Crew wisata atau yang bertugas di lapangan pastinya akan mengerahkan segala kemampuan dan kompetensi. Terutama bagi seorang pemandu wisata atau tour guide, mereka akan memberikan sambutan dan pelayanan yang terbaik. Ujung tombak keberhasilan sebuah aktifitas wisata adalah pemandu wisata. Seorang tour guide yang mengantar para wisatawan ibarat nahkoda yang akan menuju ke suatu arah atau tujuan. Dengan nahkoda yang baik tentu kapal dapat berlabuh dengan lancar. Begitupun juga dengan paket wisata yang dijalankan dan dipimpin oleh pemandu yang kompeten, agar memberikan kepuasan wisatawan.

Team lapangan sudah bekerja keras menyampaikan informasi, memimpin rombongan dan mengarahkan wisatawan. Dari hal ini pastinya juga perlu diapresiasi untuk diberikan testimoni yang baik berikut dengan tip. Tip wisata memang dalam bentuk uang yang biasanya sudah disiapkan oleh wisatawan. Pemandu wisata berlaku untuk paket wisata rombongan seperti halnya outing kantor. Atau dalam bentuk paket wisata gathering Jogja dnegan jumlah peserta massif. Sedangkan untuk wisata individual dengan mobil kecil, driver lah yang bisa diberikan tip wisata.

Mengapa seorang crew wisata yang bertugas pantas diberikan apresiasi berupa tip?Berikut ini penjelasannya.

1. Tips Merupakan Hal Yang Sudah Lumrah Dalam Wisata.

Pemberian uang tip ini sudah menjadi standar yang baku dan memang harus ada dalam wisata. Sehingga mulai dari lingkup hotel, wisata hingga resto sudah biasa mereka mendapatkan tip dari pelanggan.

2. Tip Sebagai Bentuk Tanda Terima Kasih Kepada Crew

Pemberian tip oleh wisatawan kepada crew merupakan bentuk terimakasih atas pelayanan. Tip juga merupakan apresiasi terhadap kompetensi yang dimiliki oleh staff dan pelaku wisata. Pemberian tip ini bahkan sudah menjadi hal yang umum terutama di lingkup belanja yakni oleh-oleh wisata. Pihak toko oleh-oleh akan memberikan tip bagi pemandu wisata yang mengajak tamu belanja di tokonya.

3. Tip Akan Memberikan Semangat Bagi Crew Untuk Berprestasi

Tip dan sejenisnya adalah bentuk awarding atau tanda penghargaan atas jerih payah yang dilakukan. Seorang tour guide dan crew lainnya pasti ada harapan untuk setiap pelayanan yang diberikan mendapat apresiasi. Tidak ada salahnya berharap jika memang mereka layak mendapatkan tip tersebut.

4. Wisata Adalah Industri Jasa Yang Sudah Biasa Dengan Tip Dan Komisi

Sebuah industri jasa dan pelayanan memang akrab dengan yang namanya tip. Mereka tidak akan canggung untuk menyiapkan tip bagi pelayanan terbaik yang didapatkan. Tip ini kadangkala malah lebih banyak dari pendapatan asli seorang crew wisata seperti halnya driver. Apabila dia bisa memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan.

5. Komisi Atau Tip Akan Menambah Senyum Para Staff Dan Crew

Tidak ada salahnya membuat orang lain tersenyum karena kita. Uang Tip adalah bahasa cinta yang menjadikan senyum mereka merekah. Itulah sediakan tip untuk para pelaku wisata yang menyiapkan layanan bagi anda.

Kapan Uang Tip Harus Diberikan? Berikut 6 Kriteria Crew Pantas Mendapatkan Uang Tip

Seorang pemandu wisata atau crew wisata ada yang pantas mendapatkan tip jika pelayanan mereka bagus. Ada beberapa kriteria yang menjadikan mereka layak mendapatkan tip dari wisatawan

1. Crew dan Pemandu Wisata Yang Memiliki Kompetensi dan Lisensi.

Ada lisensi atas kompetensi dari para pelaku wisata yang biasanya didapatkan oleh lembaga. Bagi mereka yang sudah memiliki lisensi pasti sudah teruji kompetensi dan keahliannya.

2. Crew dan Pemandu Wisata Yang Memberikan Informasi Akurat dan Tepat

Pemandu wisata yang mampu memberikan informasi dengan benar dan tepat layak diapresiasi. Mereka berhak mendapatkan tip dari kita atas pelayanannya dalam paket wisata yang dijalankan.

3. Crew dan Pemandu Wisata Yang Menawarkan Bantuan Kepada Wisatawan

Ada crew dan pemandu wisata yang aktif memberikan bantuan dan berusaha membatu wisatawan. Mereka adalah pribadi yang proaktif dan inisiatif tanpa menunggu instruksi.

4. Crew dan Pemandu Wisata Yang Memberikan Solusi Dengan Tepat Dan Cepat

Ada kalanya kondisi di tempat wisata sangat tidak mendukung. Sehingga dibutuhkan perubahan tertentu selama di lapangan. Untuk pemandu dan crew yang sigap dan solutif layak mendapatkan apresiasi berupa tip.

5. Crew dan Pemandu Wisata Yang Memberikan Service Excellent

Pemandu wisata yang memberikan pelayanan prima yakni mereka memberikan jauh dari ekspektasi. Maka mereka juga layak mendapatkan apresiasi berupa tip dari wisatawan.

6. Crew dan Pemandu Wisata Mampu Memberi Opening Dan Closing Terbaik

Opening atau sambutan awal merupakan kesan pertama yang tidak akan dilupakan wisatawan. Begitu juga dengan closing atau penutup agenda wisata yang berkesaan akan diingat oleh mereka. Tidak sedikit wisatawan yang terharu dan tidak ingin berpisah dengan pemandu di akhir trip. Hal ini menandakan bahwa pemandu wisata mampu mengikat hati para wisatawan dengan sangat baik. Merakalah yang kemudian layak mendapatkan tambahan berupa tip dari wisatawan.

Well, keseruan dalam paket wisata Jogja contohnya tentu dipengaruhi oleh keberhasilan pemandu wisata. Dia dapat membawakan rundown wisata dan berkomunikasi dengan baik kepada wisatawan. Pemandu wisata Jogja yang baik tentuk memiliki legalistas atau izin dari HPI. HPI adalah singkatan dari Himpunan Pramuwisata Indonesia yang merupakan lembaga resmi untuk para pemandu wisata.

Paket wisata Jogja dalam bentuk outing kantor atau berupa family gathering pasti membutuhkan pemandu wisata. Sebab jumlah peserta akan sangat banyak dan lebih dari dua puluh orang. Peserta wisata yang jumlahnya lebih dari dua puluh orang biasa disebut dengan rombongan wisata. Menginginkan paket wisata Jogja ke travel agent, pastikan bahwa pemandu yang ada sudah kompeten. Mereka juga memiliki sertifikat resmi yang meyakinkan bahwa mereka terdaftar dan legal. Sehingga pantas kemudian jika guide ini mendapatkan apresiasi berupa tip wisata. Okay..selamat menikmati perjalanan wisata dengan pelayanan terbaikJ

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja I Paket wisata Jogja