PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Jembatan Sukorame, Spot Instagramble Jembatan Bambu Dengan View Sawah Hijau

sukorame
Spot Foto: Jembatan Sukorame

Sukorame – Bantul, sebagai kabupaten  paling selatan yang ada di Jogjakarta menyimpan keindahan tersendiri. Mulai dari hamparan sawah menghijau, hutan pinus berjejer yang menjadi spot selfie kekinian hingga wisata pantainya. Masih berbicara tentang potensi wisata alam, Kota Jogja bagian selatan ini menarik untuk terus dikunjungi oleh para wisatawan. Pasalnya ada puluhan destinasi wisata alam yang hits dan instagrammable cocok banget untuk kawula muda. Mereka suka untuk berfoto dan mengambil spot gambar di spot foto yang kece seperti Mangunan, Bukit Pathuk kediwung, Bukit Mojo Gumelem hingga Pintu Langit Dahromo.

Bicara tentang Jogja dan potensi wisatanya memang tidak ada habisnya. Kita terus saja akan menemukan tempat wisata baru yang menarik dan instagrammable. Sumber Daya Manusia yang ada di Jogja cenderung kreatif dan memiliki daya seni yang tinggi. Mereka terus saja akan menciptakan potensi-potensi wisata batu untuk membuat Jogja semakin menarik. Seperti yang saat ini masih hangat dibicarakan yakni Jembatan Sawah Sukorame yang ada di Imogiri Bantul Jogjakarta.


Jembatan Bambu “Sukorame”

Jembatan sawah Sukorame di Mangunan, Imogiri Bantul memang sangat unik dan menarik. Berlokasi di sebelah selatan Jogja, daerah Dlingo Dusun Sukorame Desa Mangunan. Terdapat jembatan sawah yang dibuat seperti melingkar di atas persawahan. Sawah, dan potensi agraris memang dimiliki oleh kabupaten Bantul yang sebagian warganya hidup sebagai petani. Di Kawasan Mangunan, Jembatan Bambu Sukorame ini awalnya dibangun oleh para mahasiswa yang sedang KKN di sana. Akhirnya pembangunan jembatan bambu ini dilanjutkan oleh masyarakat setempat secara swadaya. Pembangunan jembatan bambu ini dimulai pada akhir tahun 2017 dan diresmikan di bulan februari 2019 ini.

Pengelolaan selanjutnya diserahkan kepada Kelompok Desa Wisata Songgolangit. Mereka juga yang mengelola kawasan hutan Pinus Rumah Hobbit Songgolangit. Luas hamparan sawah yang menghijau ini sekitar 6 hektar besarnya. Wow konsep yang sangat unik karena mengusung potensi agraris berupa persawahan di desa. Siapa lagi kalau bukan anak muda dan pecinta wisata kekinian yang tertarik dan memburu tempat wisata ini.    

 


Spot Foto di Tengah Hamparan Sawah Bak Permadani Hijau

Hamparan sawah yang menghijau dan luasnya 6 hektar ini seperti halnya permadani luas terbentang. Bagi masyarakat desa mungkin terkesan biasa saja dan pemandangan sehari-hari yang dilihat. Akan tetapi bagi masyarakat kota, pemandangan seperti ini adalah hal yang langka. Mereka jarang bisa menikmati hijaunya sawah apalagi dengan sejauh mata memandang seperti ini.  Udara khas alami ala pedesaan juga terasa segar dan menambah rasa rileks bagi para pengujungnya. Jembatan bambu inilah jadi spot favorit yang instagrammable untuk para pengunjung. Panjang jembatan sekitar 360 meter dibuat melingkat di atas persawahan. Tinggi jembatan dibuat kurang lebih 2 meter sehingga nyaman dan tidak akan merusak lahan persawahan yang ada.


Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Fasilitas Jembatan Sukorame

Bagi kalian yang penasaran pastinya ingin segera datang ke tempat ini. Terutama bagi wisatawan yang akan membeli paket wisata Jogja. Untuk menuju ke tempat ini sangatlah mudah jika kita berangkat dari pusat kota Jogjakarta. Kurang lebih hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 30 menit dari Malioboro. Cari jalan menuju Jalan Imogiri Timur dan ikuti sampai arah Mangunan atau Hutan Pinus Mangunan yang sudah hits sebelumnya. Setelah itu sampai di kantor kelurahan Mangunan ambil jalan ke arah kanan. Ikuti saja petunjuk jalan yang mengarahkan ke destinasi jembatan Sukorame ini.

Harga tiket masuk sangatlah murah, karena tempat wisata baru di Jogja ini masih dikelola oleh penduduk. Hanya perlu merogoh kocek Rp. 5000 saja kamu sudah bisa berfoto selfie dengan puas di tempat wisata ini. Jam buka Jembatan Sukorame mulai dari Pukul 07.00 hingga 18.30, kecuali hari sabtu dan Minggu. Jika akhir pekan jam buka lebih awal yakni pukul 06.00 di pagi hari. Jika kalian bertanya tentang fasilitas, di sini tersedia parkir dan juga toilet. Selain itu ada properti berupa payung yang dapat disewa oleh para pengunjung. Selain itu ada juga garpu pandang satu lagi yang mungkin jadi pilihan spot foto menarik di sana. Woow. Keren juga ya, hanya memanfaatkan potensi lahan pertanian dan penduduk lokal bisa memberdayakan sebuah kawasan baru yang bisa dinikmati.


Tips Foto di Jembatan Sukorame Agar Ciamik

Jembatan Bambu Sukorame

Wisata Jembatan Sukorame menyajikan eksplorasi pemandangan sawah yang menghijau. Yang dijual dari tempat wisata baru ini adalah kesejukan dan keasrian pemandangan sawah. Apalagi jika kalian datang lebih pagi pasti akan bisa merasakan sejuknya embun pagi d tengah sawah. Karena jembatan bambu adalah spot yang paling kece untuk berfoto, maka tempat inilah yang dituju oleh para pengunjung. Berikut ini ada beberapa tips agar foto di Jembatan Sukorame semakin Instagrammable dan ciamik.

1.Datang Lebih Pagi Agar Tidak Antri Panjang.

Mendatangi tempat ini lebih pagi pastinya kita mengindari antrian yang mengular atau padatnya kunjungan. Sehingga usahakan datang lebih cepat dari pengunjung lainnya agar berfoto selfiemu bisa maksimal.

2. Hindari Jam Terik Matahari Di Atas Kepala

Namanya wisata outdoor, pastinya kita akan bertemu dengan matahari yang panas menyengat. Sehingga untuk hasil foto yang keren dan waktu foto yang nyaman usahakan jangan di tengah hari. Pagi hari sebelum jam 10.00 pagi dan sore sebelum jam 16.00 adalah waktu yang tepat untuk berfoto di luar ruangan.

3. Pilih Kostum Warna Cerah Agar Terlihat Serasi Dengan Hijaunya Sawah

Ketika kita foto di luar ruangan, pilih kostum atau baju yang berwarna cerah dan menyala seperti merah, orange dan lainnya. Sehingga foto kita akan terlihat lebih menonjol dan hasilnya bagus.

4. Pilih Tema Foto Dan Juga Propertinya

Ada kalanya berfoto berdua atau couple dengan pasangan bisa terlihat lebih menarik. Bisa juga dengan cara membelakangi kamera juga tampak menarik dengan konsep jembatan seperti ini. Selain itu, gunakan properti dari payung yang disediakan oleh pengelola di Sukorame ini.

5. Ambil Angel Menarik Dari Beberapa Sudut Dan Gardu Pandang

Selain jembatan Sukorame, terdapat juga gardu pandang yang bisa dimanfaatkan untuk foto kekinian di sana. Pilih angel-angel menarik dengan konsep yang sudah dibuat matang seperti halnya prewedding photography.


Obyek Wisata lainnya yang Berdekatan Dengan Jembatan Sukorame

Gak ada salahnya ketika kamu sudah ingin datang dan berwisata ke Jogja untuk segera ke tempat ini. Pasalnya Jembatan Sukorame sebenarnya berlokasi dekat dengan wisata kekinian di Jogja bagian selatan. Jejeran Hutan Pinus Songgolangit, Hutan Pinus Asri, Hutan Pinus Mangunan, Hutan Pinus Becici dan Bukit Panguk Kedhiwung. Adalah beberapa destinasi hits di Imogiri Bantul yang lokasinya dekat dengan Sukorame. Jika kalian mengambil paket wisata Jogja dan ada wisata ke Jajaran Hutan pinus tersebut, sempatkan ke Sukorame. Jangan lupa berfoto ria di atas jembatan yang keren dan kecey ini serta nikmati pemandangan sawahnya. Enjoy your trip…

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja