PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Tips Liburan Dibulan Puasa, Jadikan Liburan di Bulan Ramadhan Tetep Seru

Tips Liburan dibulan Puasa – Hai sobat traveler, tak terasa bulan puasa sebentar lagi yaa. Di bulan suci tersebut, banyak orang memilih untuk diam di rumah sambil bersantai dan lebih fokus untuk melaksanakan ibadah. Kebanyakan dari mereka menghindari traveling saat puasa. Hmmm, alasannya adalah takut tidak kuat menahan godaan lapar dan haus saat traveling ketika puasan. Tenang guys, saat puasa kamu tetap bisa kok traveling dengan enjoy dan fun. Dan memang sebetulnya puasa tidak akan menjadi alasan menghalangi kamu untuk tetap eksis dan heitzz, yakaan? Guys, menahan lapar dan haus ketika puasa memang bukan perkara mudah bagi para pelancong. Menyambangi dan meng-explore berbagai tempat wisata di jogja serta melakukan beragam aktivitas fisik ketika traveling pastilah menghabiskan tenaga yang lumayan bikin keringat mengucur deras yaaa. Ketika berkeringat itulah sebagian ion tubuh berkurang, jadi bikin kamu cepat haus.

Tapiii, bukan berarti agenda menyenangkan saat traveling harus berhenti saat bulan suci tersebut tiba. Justru momen traveling saat berpuasa bisa jadi akan sangat mengesankan. Kenapa? karena akan ditemui berbagai atraksi wisata saat puasa yang tidak akan bisa dijumpai ketika hari biasa. Contohnya pasar Ramadan yang ada di beberapa destinasi muslim di Indonesia. Pasar Ramadan ini tidak hanya buka ketika menjelang maghrib  dan saat berbuka saja lho guys, tetapi terkadang beberapa tempat tersebut bisa buka lapak pada waktu sahur. Jangan khawatir bakal kelaparan di waktu-waktu tersebut. Dijamin suasana ngabuburit dan sahur kamu akan jadi momen special dan menyenangkan. Dan pastinya kamu bisa mencicipi makanan khas daerah tertentu ketika berbuka puasa. Biasanya hidangan iftar dari beberapa tempat tertentu memiliki keunikan rasa dan patut banget menyandang gelar kelezatan tanpa banyak kata.

 Kali ini kita akan mengulas beberapa tips liburan dibulan puasa. Apa saja sih yang perlu kamu persiapkan agar traveling kamu terasa nyaman, lancar dan pastinya berkesan? Yuk simak beberapa tips dan trik dibawah ini. Langsung saja ya guys.

Tips Liburan Dibulan Puasa

Tips liburan dibulan puasa

1. Rencanakan liburanmu dengan baik

Merencanakan dengan baik itu mencakup segala persiapan, mulai dari penetapan kota tujuan, pemilihan tanggal liburan dan mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan selama liburan. Tentukan destinasi dan kota tujuan wisata kamu dengan baik. Setelah menentukan tempat mana yang ingin kamu sambangi, jangan lupa kamu harus membuat arrangement yang baik pula agar liburanmu tetap asyik, fun dan puasa mu tetap lancar dan rolling smooth. Jika perlu, kalian buat list kebutuan saat travelling. Ini akan membantu kalian mempersiapkan dengan sempurna.

2. Pilih Pathner Perjalanan Wisata

 Jika tidak mau ribet, langsung cari tour and travel di jogja. Konsultasikan mengenai keinginan dan kebutuhanmu selama liburan. Konsultasi sebelum tour itu bagus, guna menyamakan persepsi antara peserta tour dengan travel agent. Sehingga tour organize dapat membuat rangkaian progam liburan sesuai dengan yang diinginkan. Rangkain program yang dibuat berupa nantinya berupa paket wisata jogja yang dapat kalian pelajari dengan baik. Setelah kalian setuju, make a deal dan lanjut ke persiapan berikutnya.

3. Siapkan Multi Vitamin

Sebelum mulai eksplorasi tujuan liburanmu, pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik. Untuk menambah daya tahan tubuh ada baiknya konsumsi vitamin demi menjaga stamina tubuh selama berpuasa pada saat melakukan perjalanan. Perbanyak minum air putih pada saat sahur agar tercukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh dan terhindar dari dehidrasi berlebihan selama kamu travelling. Saat berangkat, pastikan tubuh harus dalam keaadan fit ya guys. Semangat J.

4. Pilih  Makanan Bergizi dan Bernutrisi saat Sahur dan Berbuka

Sahur adalah waktu makan paling penting saat berpuasa, tapi juga paling membuat malas karena harus bangun dini hari dan mengisi perut untuk bekal seharian berpuasa hingga tiba waktu berbuka saat maghrib. Buat kamu yang lagi traveling, sempatkan makan sahur ya guys, supaya perut tetap nyaman saat melakukan aktivitas teraveling. Pilihlah makanan dengan asupan karbohidrat, protein, dan serat yang cukup. Tapi ingat jangan berlebihan. Nasi, lauk dan sayur bisa jadi pilihan tepat guys. Apalagi ditambah dengan asupan buah-buahan akan dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu.

Tapi niih, jika kamu tipe orang yang malas makan nasi saat sahur, roti dengan selai coklat  atau nutella serta segelas susu coklat maupun susu putih hangat bisa jadi menu pilihanmu. Selain mengeyangkan makanan tersebut tidak terlalu sulit di cerna. Satu hal yang penting guys, jangan minum teh ataupun kopi berlebihan saat sahur. Karena kedua minuman tersebut dapat memicu pengeluaran urine, sehingga akan membuatmu cepat haus.

Untuk itu minumlah air putih yang cukup banyak minimal lima gelas saat sahur dapat membantumu kuat saat berpuasa. Ketika waktu berbuka tiba, jangan dulu mengkonsumsi makanan yang terlalu berat untuk dicerna. Konsumsilah cemilan yang manis dan ringan. Kurma bisa jadi pilihan tepat untuk membatalkan puasamu ketika waktu berbuka. Selain itu makanan manis lainnya yang sedap untuk sajian berbuka adalah kolak pisang, es buah (disarankan es sedikit), dan lain sebagainya. Kalau mau tetap fokus ibadah dan berpahala lebih, jangan lewatkan waktu sholat tarawih nya ya guys. Nah setelah melaksanakan sholat tarawih boleh deh dilanjut makan yang lumayan berat. Tapi jangan berlebihan juga yaaa. Catat nih guys, ini juga termasuk tips liburan dibulan puasa yang tak boleh diabaikan lho.

5. Bawa Barang Bawaan Seperlunya

Don’t bring your baggage too much ya guys. Tips liburan dibulan puasa satu ini, sederhana tp kalau diabaikan justru akan merepotkan. Selain bikin tambah berat,  barang bawaan yang terlalu banyak bisa membuat kamu cepat lelah ketika menenteng atau menggendongnya. Bawalah barang-barang yang penting seperti handphone, powerbank, dompet (jangan lupa diisi ya guys , hahai), passpor ketika kamu liburan keluar negeri, baju ganti seperlunya sesuai lama tinggal kamu di tempat liburan tersebut, cash money secukupnya, kartu identitas untuk keperluan check in hotel, kamera, serta jangan lupa bawa lah perlengkapan ibadah agar  kamu bisa tetap beribadah saat berada di tempat tujuan liburan dan pda saat eksplorasi daerah tersebut.

Buat para wanita niih, yang tidak boleh ketinggalan adalah membawa make-up simple saat berwisata agar wajahmu tetap segar dan hitz ketika berfoto di destinasi liburanmu. Tempatkan simple make-up di dalam pouch kecil dan masukkan ke dalam bagian tas yang mudah diambil. Nggak mau kan, wajah kusam dan kumal bikin bad-mood ketika traveling? Hihii.

6. Memaksimalkan waktu istirahat yang ada

Beriwisata itu membuat seseorang menjadi senang, namun juga cukup mengeluarkan energi. Untuk mengantisipasi kecapekkan, kalian dapat memaksimalkan waktu untuk istirahat. Agar akvitas dan istirahat menjadi seimbang. Bagaimana memaksimalkan waktu istirahat dengan baik? Pertama; Begini guys, ketika di perjalanan (kendaraan), kalian gunakan waktu untuk tidur, sehingga sesampai di tempat wisata kalian akan lebih fresh. Kedua; jika kalian sudah sampai di hotel, segeralah beristirahat. Hindari nongkrong dan tidur larut malam. Agar keesokan harinya kalian dapat memulai aktivitas dengan fresh.

7. Pilih-lah Tempat Wisata secara Bijak

Tips liburan dibulan puasa  selanjutnya ga kalah penting guys. Pastinya banyak sekali wishlist kamu untuk mengunjungi destinasi unik dan menarik di suatu kota maupun negara tujuan liburanmu. Namun alangkah pentingnya jika kamu bisa memilih dan memilah tempat mana saja yang akan kamu kunjungi. Prioritaskan tujuan mana saja yang layak kamu kunjungi. Kalau perlu bikin vote nih sama teman-teman mu mengenai destinasi favorit kalian di suatu kota maupun negara tujuan liburan. Untuk sementara waktu pikir dua kali deh keinginan untuk wisata adventure seperti rafting, tubing dan naik gunung (heehe ya kalii naik gunung pas puasaa, ogah kan yaa?).

Inti nya hindari mengunjungi tempat wisata yang dapat menguras daya tahan tubuh ketika puasa. Sebaliknya nih guys, pilihlah tempat wisata jogja dengan spot foto yang unik dan asik serta mudah dijangkau. Seperti hunting foto di pusat kota saat sunset, foto live folks, heritage museum, menyambangi masjid terkenal suatu kota sambil bisa istirahat dan ibadah, shopping ke pusat perbelanjaan dengan harga terjangkau, serta mengunjungi pantai bisa jadi pilihan bagus ketika traveling di bulan Ramadhan.

8. Pilihlah destinasi Ramah Muslim

Tips liburan dibulan puasa yang tak kalah penting ni guys yaitu tentang pemilihan destinasi wisata ramah muslim. Salah satu travel blogger mengatakan , lebih baik carilah destinasi ramah bagi umat Muslim ketika kamu traveling di bulan Ramadhan. Mayoritas kota di Indonesia masih ramah Muslim. Maka jika kamu ingin pergi keluar negeri, negara-negara Asia dengan penduduk ramah Muslim seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina bisa jadi pilihan. Sedangkan untuk negara-negara Eropa seperti Turki juga bisa masuk ke dalam destinasi tujuanmu. Tapi ingat ya guys, waktu berpuasa di Eropa kurang lebih selama 18 jam. Jadi jangan mengeluh yaa ketika berpuasa di negeri orang, hihii. As your choice, make it simple.

Keuntungan memilih destinasi ramah Muslim adalah kamu tidak perlu susah payah sempoyongan cari masjid dan mushola. Karena pastilah tempat ibadah tersebut mudah ditemui. Selain itu kamu juga masih bisa merasakan atmosfer Ramadhan di tempat tersebut karena mayoritas penduduknya muslim. Dan jangan khawatir soal makanan, karena pasti banyak yang halal dan banyak pula yang buka pada saat sahur. Sehingga ibadah puasa tetap terasa nyaman walaupun di negeri orang.

9. Dapatkan Info Akurat tentang Waktu Sahur dan Berbuka Puasa di tempat tujuan liburan

Tips liburan dibulan puasa berikutnya nih guys, kalian harus tahu. Jangan sepelekan informasi waktu berbuka dan sahur ya guys ketika liburan di bulan puasa. Bukan jadi persoalan jika kamu traveling di zona waktu yang sama. Namun jika destinasi nya lumayan jauh nih, kamu perlu mempersiapkan diri untuk menikmati santap sahur dan berbuka di tempat yang berbeda. Di era baru ini, semua serba mudah. Cukup dengan men-download aplikasi khusus muslim di smartphone kamu. Bisa browsing dahulu aplikasi apa nih yang cocok dan compatible dengan handphonemu. Yang terpenting adalah aplikasi tersebut dapat membantu mengingatkanmu akan waktu-waktu ibadah serta sahur dan berbuka. Selamat mencoba yaa.

10. Pilih Resto untuk Buka Puasa dengan View sunset

Hmm, asik nih. Buka puasa sambil melihat sunset. Travellling jalan, puasa juga jalan. Menjelang adzan manghrib, kalian harus beranjak menuju tempat mkan ni guys. Pilihlah resto yang memiliki view sunset. Jika kalian tidak tahu dimana resto tersebut, cari tau via internet atau seklian reservasi paket liburan jogja ke agen tour jogja. Agar semuanya di atur oleh penyelenggara tour.

Nahh, itu tadi beberapa tips liburan saat Ramadhan. Nggak usah ragu lagi guys, liburan saat puasa bisa jadi moment berkesan buatmu dan kawan-kawan ataupun keluarga. Kapan lagi menikmati ngabuburit di tempat liburan dengan suasana baru dan menenangkan khas Ramadhan? Let’s arrange your short fasting getaway~ J

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja