Paket Wisata Jogja & Tour Custom

"Couple Honeymoon, Family Trip, Company Gathering & Outbound"

PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA
085-329-196777 (WA)    Office: (0274) 2810683
087-837-196777 (WA)    Email: [email protected]

10 Tips Wisata di Musim Kemarau, Siapkan Perlengkapan ini!

tips wisata musim kemarauIndonesia sebagai kawasan tropis memiliki dua iklim yang berlaku sepanjang tahun. Yakni musim kemarau dan musim penghujan. Masing-masing memiliki periode waktunya sendiri-sendiri dan biasanya berlangsung sepanjang tahun dengan dua musim tersebut. Meskipun akhir-akhir ini karena pengaruh dari pemanasan global dan lainnya, ada kalanya masing-masing musim mengalami pergeseran. Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki banyak destinasi wisata alam dan buah tropisnya yang melimpah. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri bagi kita yang tidak mengalami empat musim seperti di Eropa.

Hanya ada dua musim di Indonesia, memungkinkan kita bisa beraktifitas sepanjang waktu. Termasuk aktifitas indoor maupun outdoor. Kita bisa memilih untuk mengadakan agenda wisata ke negara tropis untuk berkeliling di Indonesia sepanjang tahun. Mau wisata musim kemarau atau musim penghujan pastinya memiiliki karakteristik tersendiri. Wisata di musim penghujan pastinya membuat kita memilih destinasi yang cocok untuk wisata di kala itu. Sedangkan jika dilakukan di musim kemarau, pandai-pandainya kita menyesuaikan diri dengan lingkungan yang cenderung panas.

Tips Wisata di Musim Kemarau

Liburan saat musim kemarau tentunya membuat kita harus menyiapkan beberapa hal. Karena musim kemarau itu identik dengan cuaca yang panas. Sehingga di saat itulah tubuh kita akan membutuhkan asupan air yang banyak. Kita akan lebih mudah merasa lelah saat kita sedang haus atau dehidrasi. Untuk itu pastikan kamu selalu membawa air mineral kemanapun kamu akan pergi berwisata. Agar liburanmu bisa berjalan dengan lancar dan liburanmu itu menyenangkan tanpa ada kendala meskipun saat musim kemarau. Jogjakartour sebagai penyedia paket wisata Jogja terbaik, akan memberikan beberapa ulasan. Kali ini tentang Tips wisata di Musim Kemarau untuk Para Wisatawan. Di bawah ini hal-hal yang harus di perhatikan saat kamu akan melakukan traveling di saat musim kemarau :

1. Jaga Kesehatan

Siapa sih yang ingin berwisata tapi sakit? Pastinya gak ada kan, maka dari itu pastikan keadaan tubuhmu itu benar-benar sehat dulu sebelum kamu akan melakukan kegiatan wisata. Urungkan saja niatmu jika kondisi kesehatanmu tidak memungkinkan untuk berwisata. Sehingga jika bertepatan dengan musim kemarau yang banyak debu, pastikan kalian jaga pola makan dengan baik. Agar tidak batuk pilek karena pengaruh debu yang banyak.

 

2. Traveling di Dalam Ruangan (Wisata In Door )

Saat musim kemarau tiba kebanyakan orang memilih traveling di dalam In Door. Alasan tersebut merupakan hal yang tepat karena dengan traveling di indoor kita tidak akan merasakan panas. Berikut ini ada 4 contoh tempat  wisata Jogja yang berada di  in door yang cocok saat musim kemarau:

-De Mata Eye Trick Museum

Museum De Mata ini merupakan museum pertama di Indonesia yang mengusung tema wisata foto menggunakan ilusi optic. Agar pengunjung mendapatkan hasil foto yang keren dan menarik. Jika kalian sedang di Jogja jangan sampai melewatkan waktu kalian untuk mengunjungi tempat wisata yang hits ini ya. Museum ini sangat cocok untuk dikunjungi saat cuaca sedang tidak mendukung seperti saat musim kemarau ini. Wisata di Jogja ini cenderung diminati dalam paket wisata Jogja untuk keluarga.

-De Arca Statue Museum

Museum ini juga merupakan museum patung pertama di Indonesia yang memiliki konsep dan desain yang unik dan menarik. Di museum ini kalian bisa melihat berbagai macam patung tokoh-tokoh terkemuka di Indonesia dan di mancanegara. Seperti patung presiden, pahlawan, artis hingga tokoh superhero. Tempat wisata ini bisa menjadi alternative tempat liburan saat musim kemarau.

-De Walik Museum

Museum ini berada satu area dengan De Mata dan De Arca sebelumnya. De Walik Museum ini mengusung tema terbalik untuk photographynya. Sehingga kita akan mendapatkan hasil foto dengan menakjubkan seperti di dunia terbalik. Sudah ada properti foto yang disediakan di sana dan kita tinggal berfoto saja.

-Up Side Down World

Sama dengan konsep De Walik, musuem yang berada di Ring Road utara Jogja ini juga mengusung tema terbalik. Paket wisata Jogja untuk honeymoon dan juga family sangatlah cocok untuk mengunjungi tempat wisata ini.

 

3. Wisata Sunset atau Wisata Malam Hari (Night Trip)

Buat kalian yang takut kulitnya gosong karena terkena paparan sinar matahari, apalagi saat itu adalah musim kemarau sebaiknya kalian pilih waktu untuk wisata yang tepat. Saat siang hari, lebih baik mengunjungi destinasi indoor. Dan barulah pasa sore hari kita pergi ke pantai, untuk melihat sunset. Tidak hanya selesai sampai sunset, kalian dapat juga melanjutkan agenda dengan wisata malam, mungkin seperti wisata kuliner dan mengunjungi spot-spot romantis di malam hari.

 

4. Pakai Pakaian yang Nyaman dan Tidak Panas

Jika kamu sedang berwisata pada saat musim kemarau hal ini tentunya sangat penting yang harus kamu perhatikan yaitu kostum. Gunakan kostum yang tidak berbahan tebal dan berwarna gelap. Karena pada saat musim kemarau jika kita memakai pakaian yang berbahan tebal dan berwarna gelap tentunya kita akan mudah merasakan gerah dan membuat kita tidak nyaman. Bagi yang mengenakan hijab, pilihlah jilbab atau kerudung dengan bahan yang lembut dan nyaman dikenakan.

 

5. Membawa Skincare Untuk Kulitmu

Mengingat kamu akan menghabiskan waktu liburan di musim kemarau, dan kulitmu akan terkena paparan sinar matahari yang lama. Jadi sebaiknya saat liburan kamu harus membawa produk perawatan kulit seperti tabir surya, atau pelembab untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari yang begitu panas.

 

6. Perbanyak Wisata Alam yang Menyejukkan

Salah satu destinasi wisata yang cukup dapat kita rasakan kesejukannya meskipun siang hari adalah berupa hutan lindung, puncak dan perkebunan . Kalian dapat mengunjungi hutan pinus, puncak pegunungan yang dingin atau bermain di kebun teh. Meskipun cuaca panas, namun kalian akan tetap merasakan kesejukan. Ya, karena kebanyakan destinasi seperti ini berada di dataran tinggi yang memiliki suhu rendah.

 

7. Bawa Air Mineral atau Infused Water

Wisata di musim kemarau akan membuatmu lebih banyak merasakan gerah di badan. Sehingga banyaklah bawa bekal minuman yang segar seperti air mineral. Jangan minum minuman bersoda dan manis karena akan membuat tenggorokan lebih cepat haus. Direkomendasikan justru lebih baik minum air mineral. Air mineral yang memiliki kadar basa, akan membuat tubuh lebih segar. Bagi yang ingin tetapterus bugar, tak ada salahnya mmebuat infused water lemon. Karena kadar vitamin C nya dapat menjaga imun tubuh dan pastinya tidak mudah terkena sakit.

 

8. Bawa Payung

Payung identik dengan hujan, namun fungsi payung tidak hanya digunakan saat hujan. Saat cuaca terik menyengat, payung dapat berfungsi juga melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari. Terutama bagi wanita yang hobi melakukan perawatan, payung dapat melindungi wajah agar tidak menjadi kemerah-merahan saat terkena panas. Jadi, payung tetap berguna saat traveling di musim kemarau ya guys.

 

9. Pakai Masker

Musim kemarau identik dengan panas dan debu. Karena tidak ada hujan yang turun, banyak debu-debu beterbangan. Oleh karena itu, penggunaan masker sangat disarankan, terutama saat di destinasi berpasir seperti lava tour merapi atau bromo. Penggunaan masker juga disarankan saat berwisata City tour. Cuaca yang panas ditambah asap kendaraan, sangat tidak menyehatkan. Sehingga penggunaan masker adalah solusi untuk kesehatan.

10. Pakai Kacamata

Kacamata, selain bikin gaya makin keren juga memiliki fungsi lain. Beberapa fungsi kacamata diantaranya adalah melindungi mata dari debu dan mengurangi pantulan cahaya yang masuk ke retina mata. Saat cuaca sedang terik, seringkali kita silau melihat suatu obyek benda. Maka, gunakanlah kacamata riben. Kacamata ini akan membuat pandangan lebih redup sehingga kita menjadi nyaman dalam melihat obyek saat cuaca panas.

      Nah itulah hal yang harus diperhatikan ketika kita akan merencanakan liburan di musim kemarau. Perhatikan kesehatan dan juga persiapan matang sebelum wisata musim kemarau. Jogja sebagai daerah tujuan wisata unggulan di Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata favorit. Terutama cocok dikunjungi di musim kemarau seperti hutan pinus Pengger, Hutan pinus Asri Mangunan Dan Hutan Pinus Rumah Hobbit. Semoga tips wisata musim kemarau di atas dapat bermanfaat buat kalian yang akan bertraveling ria.. ya guys.

 

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja I Paket wisata Jogja