Wisata Jogja: Paket Liburan & Tour Custom

"Couple Honeymoon, Family Trip, Company Gathering"

085-329-196777 (AS)        BBM: 5E5C3FAE / JG196777
087-837-196777 (XL)        WA: 087 837 196777
Email: [email protected]

Ingin Traveling di Bulan Ramadhan? Simak Tips Wisata Saat Puasa

wisata saat puasaWisata adalah serangkaian aktifitas fisik yang dilakukan untuk mengadakan perpindahan dan kunjungan ke suatu tempat. Wisata adalah hal yang mengasikkan karena membuat kita bisa merasakan kesenangan dan kesegaran. Wisata ke beberapa tempat menjadi hal yang ditunggu oleh sebagian besar kalangan. Sebab, dengan mengunjungi suatu tempat baru kita otomatis akan bertambah wawasan dan pengalaman. Wisata juga berarti membuat kita bisa kembali rilek untuk mengerjakan rutinitas harian setelahnya. Lalu bagaimana dengan wisata saat puasa? Berikut ada beberapa tips akan membuat kita tetap figt traveling di bulan ramadhan.

Sebuah agenda wisata sebenarnya bisa dilakukan kapanpun, asalkan waktu dan kesehatan memungkinkan. Wisata juga bisa menjadi suatu hal yang sudah diagendakan jauh-jauh hari sebelumnya. Ada yang karena hal tertentu, bertepatan dengan kegiatan profesi atau lainnya wisata sekaligus dilakukan. Ada kalanya pula hal tersebut bersamaaan dengan datangnya bulan Ramadhan. Iya, bulan suci bagi umat islam yang berpuasa dan sedang menjalankan amalan tidak makan dan minum di siang hari. Ramadhan, sudah hal yang ditunggu oleh sebagian besar umat islam karena beberapa keutamannya.

Wisata Saat Puasa Bisa?

Ramadhan Tidak Menjadi Penghalang untuk Berpuasa

Bulan Ramadhan bukan penghalang untuk kita melakukan kegiatan wisata. Menahan lapar dan haus seharian bukanlah hal yang mudah disaat kita sedang berwisata. Apalagi mengunjungi beberapa tempat dan melakukan berbagai aktivitas tentunya akan menghabiskan tenaga. Tetapi bukan berarti kegiatan wisata saat bulan Ramadhan harus berhenti total kan?. Traveling saat bulan Ramadhan juga mempunyai keuntungan lho. Selain tempat wisata semakin murah dan tidak banyak orang yang mengunjungi tempat wisata tersebut. Sehingga tempat wisata yang kita kunjungi tidak dipadati oleh pengunjung. Nah disini saya akan berbagi beberapa tips wisata dibulan puasa.

Berikut Ini Tips-Tips Traveling Saat Bulan Puasa :

  1. 1. Cari Destinasi Wisata Ramah Muslim

wisata ekstrimMengapa kita harus selektif memilih destinasi wisata? Ya, karena kita sedang berada di bulan ramadhan, dan sedang pula menjalankan ibadah puasa. Apabila kita mengunjungi tempat wisata yang mengandung unsur maksiat, maka dapat menggugurkan pahala berpuasa. Jadi pilihlah tempat wisata yang bijak. Jadikan wisata tidak hanya sekedar mencari kesenangan, namun juga bernilai ibadah.

  1. 2. Membawa Makanan Dan Minuman Sendiri

tips wisata agar tidak hausBagi yang sedang tidak berpuasa ada baiknya ketika traveling kita membawa makanan dan minuman sendiri. Karena ketika bulan puasa kita akan sedikit kesulitan mencari tempat makan pada siang hari. Sebab biasanya tempat makan di saat bulan puasa baru buka pada sore hari menjelang waktu buka puasa. Membawa makanan sendiri akan memudahkanmu untuk wisata di bulan puasa.

3. Makanlah Makanan Sehat & Multivitamin

makanan sehatMakan yang sehat akan menjadikan metabolisme tubuh lancar. Konsumsilah makanan yang sehat agar tubuh juga sehat. Tubuh yang sehat akan lebih fit dan tidak mudah terkena sakit. repot juga kan kalau saat traveling malah sakit, bukanya kesenangan yang didapat tapi malah rasa sakit. Bila perlu, konsumsu multivitamin agar tubuh semakin berenergi dan siap melakukan aktivitas traveling luar

4. Cari Makanan Halal

tips wisata pas puasaTips wisata saat puasa berikutnya sangat peerlu diperhatikan nih guys. Mencari makanan halal adalah tips yang sangat wajib dilakukan buat kita para traveler muslim. Kita sebagai umat muslim harus cermat saat memilih tempat makan dan pastikan makanan yang akan kita makan adalah makanan yang halal. Jangan sungkan untuk bertanya-tanya tentang bahan apa saja yang dimasukkan kedalam menu masakan yang kita beli. Seharian penuh kita menahan haus dan lapar tetapi kalau buka puasanya dengan makanan yang tidak halal percuma kan.

5. Hormati Orang Lain Yang Sedang Berpuasa

Di saat bulan puasa dan disaat itulah kita sedang tidak berpuasa tetapi kita harus tetap menghormati orang yang sedang berpuasa. Apalagi kita sedang berwisata di daerah yang domnasinya umat muslim. Ada banyak cara untuk tetap bisa makan dan minum tetapi kita harus tetap menghormati orang yang sedang berpuasa. Saat kita melakukan traveling di bulan puasa kita harus tahu terlebih dahulu konsekuensinya agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

6. Tetap Sholat 5 Waktu dan Cari Tempat Ibadah

tetap sholat saat wisataCatat baik-baik nih ya guys, tips wisata saat puasa yang tidak boleh ditinggalkan. Jangan sampai ketika kita melakukan kegiatan traveling, kita sampai lupa untuk menjalankan kewajiban sebagai umat islam yaitu shalat. Apalagi kegiatan traveling yang kita jalankan itu pada saat puasa kan sangat disayangkan sekali kalau puasa tapi kita tidak menjalakan shalat. Sehingga kurang sempurna pahala puasanya dan bisa dibilang kita akan rugi.

7. Pakai Jasa Travel Agent, Hindari Backpackeran

Berlibur di bulan puasa sebaiknya menggunakan jasa travel agent. Hindari wisata mandiri jenis backpackeran. Mengapa? Wisata backpacker biasanya merencanakan, menjalankan dan berfikir sendiri. Sehingga akan sangat menguras tenaga dan pikiran. Belum lagi jika tersesat. Oleh karenanya disarankan menggunakan jasa biro perjalanan wisata. Dari mulai perencanaan, penyusunan program itinerary, hingga eksekusi akan sangat terbantu. Wisatawan cukup duduk di dalam mobil, maka driver yang akan mengantarkan sesuai program kunjungan. Dengan demikian, kita dapat menghemat tenaga, pikiran dan waktu.

8. Hindari Wisata Ekstrim Menguras Tenaga

Wisata ekstrem yang dapat menguras tenaga sebaiknya dihindari. Karena saat puasa tenaga kita tidak sekuat hari biasanya. Sehingga tenaga harus dihemat untuk menjalani rangkaian aktivitas tour selama seharian. Wisata ekstrem juga akan lebih besar memunculkan resiko keselamatan. Oleh karenanya wisata ekstrem tidak cocok dijalankan bagi wisataawan yang sedang menjalankan wisata.

9. Wisata Indoor Dapat Menjadi Solusi

Bagi beberapa orang yang tidak tahan terhadap sengatan terik matahari, maka wisata indoor menjadi solusi. Apalagi bagi yang sedang menjalankan ibadah puasa. Wisata indoor tidak akan membuat haus seperti halnya kalau kita sedang berwisata di luar. Mengapa demikian, akrena wisata indor tidak ada sengatan terika matahari, bahkan dalam ruangan sudah terdapat fasilitas AC. Lalu wisata indoor apa saja? Pilihan wisata indoor dapat berupa kunjungan ke beberapa Museum atau Belanja di pusat oleh-oleh.

9. Hindari Wisata Bermain Air

wisata airHehe, bagi yang puasa namun tetap ingin bermain air, maka perlu dipertanyakan tuh puasanya. Bayangin saja ya guys, misalnya kalian lagi wisata ke pantai, kolam renang atau air terjun. Hmm, apakah bisa menjamin air tidak akan masuk ke mulut atau ke hidung? pasti sulit kan. Mungkin kalian bisa berdalih kalau air masuk tidak sengaja, eit… namun kalian nyebur kolamnya sengaja, bagaimana tuh. Tetap saja kan guys. Jadi sebaiknya saat puasa, hindari wisata air. Ini sangat berisiko membuat puasa kita menjadi batal.

12. Wisata Religi

Hai travelers, wisata religi tidak melulu dengan ziarah dan mengunjungi sejarah islam. Wista relegi di bulan ramadhan lebih variatif. Hal ini diakrenakan suasana ramadhan adalah suasana yang lebih hidup khususnya untuk kegiatan-kegiatan yang bernilai ibadah. Contoh wisata religi saat bulan ramadhan diantaranya: Siang hari Berkunjung ke masjid-masjid bersejarah sambil sholat i’tikaf. Sore hari, berburu ta’jil di masjid atau ikut buka puasa bersama lokal masyarakat. Melaksanakan safari tarawih, yaitu tarawih di masjid-masjid dan lain sebagainya.

11. Cari Resto untuk Buka Puasa yang Dapat Melihat Sunset

Ada cara yang asik berbuka saat traveling di bulan puasa. Cobalah berbuka di resto yang memiliki view dapat melihat sunset. Ini akan membuat traveling kalian menjadi lengkap, yaitu nikmatnya berpuasa sambil traveling. Lalu resto mana saja yang memiliki view tersebut? Kalian bisa berkunjung ke tempat makan yang ada di bibir pantai. Atau mengunjungi resto yang berada di puncak perbukitan. Wah sudah bisa bayangin? Yuk wisata sambil traveling.

12. Wisata Malam Hari

Wisata juga bisa dilakukan dimalam hari ko guys. Ada beberapa spot yang dapat dijadikan kunjungan. Misalnya saja di Jogja, ada beberapa spot wisata malam seperti alun-alun, wisata lampion, spot foto di area malioboro, spot foto malam hari di hutan pinus pengger dan lain lain. Wisata malam hari juga dapat menjadi solusi bagi yang tidak tahan haus dan lapar. Ketika malam hari, meskipun berada di bulan puasa, tetap bisa berburu kuliner wisata setempat.

Ada lagi tips wisata selama bulan puasa, yakni kita mengunjungi destinasi wisata religi dan spiritual seperti masjid yang unik. Masjid juga ada yang memiliki nilai sejarah dan perjuangan Islam. Jika paket wisata yang diambil adalah paket wisata Jogja, maka datangi beberapa pasar sore Ramadhan. Tempat ini selain menyediakan menu makanan berbuka juga bisa menjadi alternatif untuk ngabuburit. Pasar sore ramadhan yang cukup terkenal di Jogja adalah pasar sore Jogokaryan. Di sepanjang perjalanan menuju masjid Jogokaryan ini kita akan menemukan puluhan pedagang menu buka puasa. Setelahnya kalian juga bisa mencoba untuk ikut menunggu buka di masjid. Setiap harinya di masjid ini disediakan 1000 porsi menu buka khusus untuk para jamaah yang datang.

Nah itu tadi semuanya tips-tips traveling dibulan puasa. Jadi bulan puasa bukan penghalang buat kita melakukan kegiatan traveling kan?. Traveling saat bulan puasa malah bisa mengisi waktu luang sehingga puasa yang kita jalankan akan terasa lebih cepat menuju waktu berbuka puasa.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja I Paket wisata Jogja
× Chat whatsApp