PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

7 Dari 20 Balkondes di Dekat Candi Borobudur

Balkondes – Corporate Social Responsibility atau biasa disingkat dengan CSR adalah kewajiban bagi perusahaan dan BUMN. Badan Usaha Milik Negara sebagai bagian dari instrumen pemerintah harus berperan serta dalam pengembangan masyarakat. Termasuk juga menyediakan berbagai program yang bisa memberdayakan masyarakat melalui aktifitas CSR. BUMN menjadi bagian dari pemerintah untuk mempercepat tercapainya tujuan pembangunan masyarakat.

Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah dikelola oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC). Sebagai daerah tujuan wisata budaya dan heritage, Borobudur memiliki dampak potensi ekonomi yang luar biasa. Terutama bagi kawasan sekitar candi Borobudur. Sehingga potensi-potensi wisata desa yang ada mulai muncul dan dikembangkan menjadi lebih massif. Harapannya, ke depan adanya kegiatan di desa-desa tersebut semakin memeriahkan paket wisata Jogja maupun wisata Borobudur.

Kementrian BUMN, membangun beberapa Balai ekonomi untuk menjadi barometer pertumbuhan potensi wisata di masing-asing desa. Melalui Balkondes atau Balai Ekonomi Desa ini, BUMN berharap bisa mengembangkan potensi-potensi lokal masyarakat yang ada. Ada lebih dari 20 desa di Borobudur yang bisa dikembangkan dan memiliki daya tarik. Sehingga dijadikan sebagai destinasi wisata unik bertema local wisdom atau kearifan lokal.

Desa Potensial Akan Diberdayakan Oleh BUMN

Dari 20 Dessa potensial di kawasan Borobudur ini nantinya akan didampingi oleh satu BUMN di satu desa. One Village One BUMN dengan One Balkondes adalah upaya untuk memajukan pariwisata lokal. Masyarakat diharapkan mampu menjadi tuan rumah bagi wisatawan yang datang. Mereka selayaknya harus bisa bersaing dengan produk-produk wisata lokal yang dapat diterima pasar wisata.

Beberapa aktivitas wisata yang bisa dilakukan di sini adalah wisata desa yang disebut dengan Live in. Konsepnya hampir sama dengan menginap dan berwisata di desa wisata. Kita terlibat secara aktif dengan kegiatan di desa kawasan Balai Ekonomi Desa. Wisatawan bisa menginap di homestay Balkondes yang nyaman dengan konsep bangunan Joglo yang sejuk dan Asri. Mereka juga bisa menikmati aktifitas outdoor yang menyegarkan sembari menikmati kunjungan di Candi Borobudur. Berikut ini pilihan aktifitas yang bisa dilakukan ketika berada di Balkondes area Candi Borobudur.

1. Cycling Tour : Adalah aktifitas berkeliling menggunakan sepeda untuk menikmati keasrian desa. Sepeda sudah disediakan oleh pengelola dan dapat disewa wisatawan.

2. Tour Offroad : Tour menaiki Jeep yang mengajak kita berkeliling di area pegunungan Menoreh.

3. Wisata Andong : Wisata tradisional dan kearifan lokal dapat dicoba dengan menaiki andong. Kita akan diajak menikmati area persawahan dan ladang yang hijau di area Borobudur.

4. Wisata VW : Mobil VW yang antik dan nyentrik bisa kita rasakan sensasinya. Tanpa harus membeli dan merawatnya. Cocok untuk jenis paket wisata Jogja bersama keluarga di area Borobudur.

7 Balkondes yang Ada di Sekitar Candi Borobudur

1. Balkondes Kenalan

balkondes

Balkondes kenalan

Balkandes kenalan ini adalah salah satu dari beberapa Balai Ekonomi Desa. Letaknya tidak jauh dari wisata candi Borobudur. Dalam kurun waktu kurang lebih 30 menit Anda bisa sampai ke candi Borobudur  ketika menginap di homestay bolkandes Kenalan. Balkondes ini menyediakan pendopo, spot foto, homestay yang dapat dijadikan untuk alternatif menginap di area Borobudur. Selain itu masih banyak lagi fasilitas yang disediakan oleh balkondes kenalan. Balkondes ini juga menyediakan makanan khas daerah ini yaitu jenang leri, slondok, dan minuman berupa minuman klamijoro.

2. Balkondes Ngadiharjo

balkondes ngadirejo

Balkondes Ngadirejo

Balkandes Ngadiharjo ini lebih mengunggulkan makanan khas dan pemandangannya yang indah. Sambil menikmati kuliner para wisatawan juga akan disuguhi pemandangan empat gunung yang menjulang yakni gunung merapi, gunung merbabu, gunung sumbing, dan pegunungan suroloyo. Karena pemandangannya yang indah balkondes Ngidiharjo juga sering dijadikan referensi untuk acara resepsi, reuni, dan ulang tahun. Hingga saat ini balkondes Ngidiharjo masih berada dalam tahap penyempurnaan dimana akan dibangun 7 homestay untuk wisatawan yang akan menginap di kawasan ini.

3. Balkondes Tanjungsari

Terletak tidak berjauhan dengan candi Borobudur kini terdapat balkondes Tanjungsari dengan jarak 3 km dari candi Borobudur. Yang menarik dari Balai Ekonomi Desa ini ialah memiliki latar belakang deretan perbukitan monoreh yang indah dan sejuk. Balkondes Tanjungsari menawarkan beberapa akomodasi berupa homestay dengan wifi gratis, AC, serta lengkap dengan TV layar datar. Setiap  pagi pun akan disajikan beberapa makanan vegetarian untuk sarapan para wisatawan. Fasilitas yang lain berupa resepsionis 24 jam yang akan memberikan saran mengenai daerah sekitar serta taman yang enak untuk dipandang.

4. Balkondes Wringin Putih

balkondes Wringin Putih

Balkondes Wringin Putih

Desa wisata Wringin Putih terletak 2,3 km dari candi Borobudur. Bambu akan menjadi daya tarik wisata ketika mengunjungi Balai Wringin Putih tersebut. Tanaman bambu juga akan dbuat menjadi sebuah bangunan berbentuk atap yang megah. Bangunan ini akan dimanfaatkan sebagai kafe untuk istirahat melepas penat. Selain itu kalian juga bisa wisata kuliner di pasar yang menjual  beragam makanan tradisional. Balkondes ini menyediakan sekitar 20 homestay yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk menginapp wisatawan apabila ingin berkunjung di desa wisata ini lebih lama. Vegetasi tanaman seperti rambutan, ketela, pepaya, serta bambu akan dapat ditemukan sengan mudah di tempat ini.

5. Balkondes Tuksongo

balkondes tuksongo

Balkondes Tuksongo

Berjarak 2  km dari candi Borobudur menjadi tempat yang sempurna untuk liburan Anda. Tidak hanya menyediakan balai berbentuk pendopo yang klasik saja namun homestay juga disewakan ditempat ini.  Tempat bermalam yang sederhana dengan bangunan bergaya Joglo Jawa klasik menggunakan fondasi berupa kayu serta genteng yang terbuuat dari tanah liat dan lis kayu berukir. Homestay yang unik tersebut akan ditemui dengan jumlah sekitar 10 homestay.

6. Balkondes Wanurejo

balkondes wanurejo

Balkondes Wanurejo

Desa wisata Wanurejo merupakan desa wisata yang merupakan gerbang pintu masuk menuju kawasan Borobudur. Ketika mengunjugi tempat ini kalian akann disuguhkan dengan segala jenis wayang. Baik wayang khas nusantara maupun mancanegara seperti Turki, Kamboja, dan Cina. Balai Ekonomi Desa ini juga menyediakan hotel dan restaurant yang memiliki konsep dan desain yang menarik. Pondok rumah yang dikonsep seperti omah bugis ini berisi 50 kamar (family, standar, VIP).  Ada juga youth hostel yang bisa diisi hingga 250 tempat tidur. Fasilitas pondok ini sangat lengkap mulai dari hall, garden, restaurant dan area outbound.

7. Balkondes Candirejo

balkondes candirejo

Balkondes Candirejo

Berlokasi tidak jauh dari Wanurejo dan memang hanya tetangga desa. Balai Ekonomi Desa Candirejo berjarak 4 km dari candi Borobudur ini menawarkan panorama alam yang sangat indah yakni deretan pegunungan Menoreh. Ada pula berbagai wisata air disekitar Kali Progo yaitu rafting menggunakan gethek (kapal kapalan yang dibuat dengan bambu) serta bermain – main dengan mobil offroad.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja