Paket Wisata Jogja & Tour Custom

PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA
085-329-196777 (WA)    Office: (0274) 2810683
087-837-196777 (WA)    Email: cs.jogjakartour@gmail.com

10 Wisata Candi di Jogja Selain Prambanan Dan Borobudur

Candi di Jogja – Hai para traveller, berwisata ke Jogjakarta memang tidak ada bosan-bosannya ya. Karena Jogjakarta selalu menawarkan hal-hal baru untuk dikunjungi. Tetapi kali ini kita akan mencoba eksplorasi dengan wisata lama berupa Candi di Jogja. Candi-Candi yang dieksplore ini pastinya selain Candi Prambanan dan Candi Borobudur ya guys. Karena kedua Candi tersebut sudah sedemikian terkenal nya dan sering sekali dikunjungi wisatawan ketika di Jogjakarta. Meskipun tergolong bukan Obyek Wisata baru di Jogjakarta, beberapa Wisata Candi di jogja tetap menawarkan nuansa yang apik dan menarik. Tentunya untuk melengkapi liburan mu agar makin berkesan dan tetap cetar membahana hehheehe. Beberapa destinasi Candi di Jogjakarta yang bisa kita intip dan kita sambangi yaa guys.

candi di jogja

10 Candi di Jogja selain Prambanan dan Borobudur

1. Candi Ratu Boko

Bangunan Candi di jogja yang masih merupakan satu pengelolaan dengan Candi Borobudur dan Candi Prambanan dibawah PT Taman Wisata Candi. Nah, Candi Ratu Boko ini disinyalir adalah peninggalan Ratu Saba yang dikenal dengan Ratu Balqis guys. Itu menurut penelitian Ustadz Fahmi Basya selama kurang lebih 35 tahun penelitian nya. Dan tentunya Candi Ratu Boko ini sebagai Istana Ratu Balqis, berhubungan erat dengan Candi Borobudur sebagai peninggalan Sulaiman. Itu menurut versi penelitian berdasarkan ayat-ayat dan tanda-tanda yang ada di dalam Alquran. Tetapi  jika dijelaskan dari pendekatan Arkeologi tentunya akan lain lagi ceritanya. Akan lebih baik lagi dan tidak membuat penasaran, maka kalian bisa mengakses dan menjajal wisata atau Jelajah Negeri Saba. Di luar itu semua, Candi Ratu Boko ini memang penuh dengan misteri dan juga sangat eksotik untuk menikmati senja hari. Suasana Sunset nya memang menawan, sehingga cocok jika anda bermaksud berwisata Honeymoon Jogja atau Wisata Family Jogjakarta.

 

2. Candi Ijo

Candi Ijo ini letaknya juga tidak begitu jauh dari Candi ratu Boko, yakni hanya ke arah selatan nya kurang lebih 15 menit an perjalanan. Candi ini belum dikelola sepenuhnya dan kita cukup memnerikan donasi atau fee sebagai tiket masuknya. Candi Ini menawarkan suasana bukit yang indah yang bisa dinikmati dengan sempurna ketika pagi dan sore harinya. Terletak berdekatan dengan wisata baru Tebing Breksi, kita hanya perlu naik mengikuti satu jalur ke atas ke arah Candi Ijo ini. Kita paling bisa menyaksikan dan menikmati pemandangan Candi Ijo lebih apik adalah ketika musim penghujan. Candi ini ditumbuhi rumput-rumput hijau yang subur dan terkesan indah seperti Green Carpet sehingga sangat menarik jika musim penghujan. Well, cobalah berkunjung kesana dan dilanjutkan dengan Wisata Tebing Breksi dan Wisata Hutan Pinus Pengger.

 

3. Candi Plaosan

Candi Plaosan ini terletak cukup dekat dan terjangkau jika dituju dari arah Candi Prambanan. Kita hanya perlu menuju ke utara sejuah 1 km an dan kita akan dengan mudah menemukan Candi Plaosan ini. Candi Plaosan ini adalah sebuah komplek Candi yang luas yang dibangun Oleh Rakai Pikatan. Terdapat Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan kidul. Sehingga, kita bisa bereksplorasi sekitar satu hingga satu setengah jam lamanya mengelilingi komplek Candi Plaosan ini. Dalam Paket Wisata Jogja, Candi Plaosan bisa dikunjungi se alur dengan Candi Prambanan dan Umbuk Ponggok. Sebab Candi Plaosan ini sudah masuk wilayah Klaten atau perbatasan Jogja dan Jawa Tengah di bagian timur.

 

4. Candi Sambisari

Candi Sambisari ini masiah terletak cukup berdekatan dengan Candi Prambanan. Berada di area Kalasan, yakni Candi Prambanan ke utara sekitar 1,5 km an kita bisa melihat Candi Sambisari yang unik. Mengapa disebut unik? Karena candi ini berbeda dengan Candi kebanyakan dan pada umumnya. Candi ini berada 7meter di bawah permukaan tanah sehingga kita perlu berjalan ke bawah untuk menuju komplek Candi yang cukup luas ini. Kita bisa menikmati berbagai relief nya dengan kisaran waktu sekitar satu jam berkeliling. Masih penasaran? Ambil Candi Sambisari untuk wisata Jogja Backpackermu dan juga Paket Wisata Jogja murah meriah.

 

5. Candi Banyunibo

Candi Banyunibo ini dalam Bahasa Jawa artinya adalah Air yang menetes. Candi Banyunibo masih terletak di  Kecamatan Prambanan. Candi ini adalah Candi yang dikelilingi oleh persawahan dan perbukitan. Beberapa simbol-simbol yang ada di reliefnya adalah berhubungan dengan pertanian. Ukuran Candi Ini mungil dan cukup kecil jika dibandingkan dengan Candi- candi lainnya. Tinggi Candi Banyunibo ini juga hanya sekitar 14meter saja dan keindahan nya adalah kita bisa menikmati suasana asri persawahan yang alami.

 

6. Candi Gebang

Candi Gebang ini terletak di daerah Condong Catur, Sleman Jogjakarta. Sekitar 11 kilometer letaknya dari pusat kota Jogjakarta. Candi Gebang ini belum begitu eksis dan belum begitu dikenal oleh banyak orang. Karena letaknya yang cukup berjauhan dari komplek Candi Prambanan dan Kalasan yang biasanya letaknya berdekatan di area tersebut. Sehingga Candi ini memang terpisah letaknya dari Candi-Candi yang utama. Candi Gebang ini bisa dibilang sangat kecil dan mungil untuk ukuran sebuah Candi. Tetapi dikelola dengan bersih dan apik sehingga tampak Cantik dan mempesona.

 

7. Candi Barong

Candi barong ini terlatak di daerah Candisari, Sambisari Prambanan. Candi Barong adalah Candi yang tidak ber ruang atau tidak ada space di dalamnya. Candi ini juga sangat sederhana dan tidak ada relief nya yang menyelimuti bangunan, tidak sama seperti Candi pada umumnya.

 

8. Candi Kedulan

Candi ini terletak sekitar 2,5 km dari Candi Sambisari yang berada di area Kalasan , Sleman. Dimana di area tersebut banyak sekali terdapat kompleo-komplek Candi yang terpisah dari Candi Prambanan. Candi Kedulan ini tertimbun tanah dari reruntuhan sisa Erupsi Gunung Merapi.

 

9. Candi Pawon

Candi Pawon ini terletak di daerah Magelang, Jawa Tengah dan dekat dengan Cndi Borobudur. Sekitar 2,5 km ke arah timur laut dari Candi Borobudur kita akan menemukan Candi Pawon. Terletak satu garis lurus dengan Candi Mendut dan candi Borobudur, disinyalir Candi Pawon ini mempunyai hubungan erat dengan Borobudur.

 

10. Candi Mendut

Candi Mendut ini juga berada berdekatan dengan Candi Borobudur. Dalam Paket Wisata Jogja ,  Candi Mendut ini seringkali di digabungkan dengan Candi Borobudur sebagai destinasi yang dikunjungi. Posisi Candi Mendut, Candi Pawon dan Candi Borobudur memang membentuk satu garis lurus. Sehingga disinyalir ada hubungan erat antar ketiga candi tersebut pada masa lampaunya. Candi Mendut ini dapat dijangkau selama 2 jam perjalanan jika dari pusat kota Jogjakarta ke arah utara arah Magelang.

So, Jadikan Wisata Candi di Jogjakarta ini sebagai alaternatif destinasi selain Candi Prambaban dan Candi Borobudur. Let welcome to  the Temple..

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja I Paket wisata Jogja