PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

3 Hotel Halal Jogja Area Malioboro

Wisata Halal saat ini menjadi tema yang cukup menarik dalam pembahasan di dunia pariwisata lokal, nasional bahkan Internasional. Karenanya, beberapa Daerah Tujuan Wisata mulai menata dan mendata kesiapan nya dalam menyambut Era Wisata Halal Dunia. Tidak hanya Aceh dan Lombok sebenarnya yang berpotensi untuk bisa menjadi bagian dari World Halal Tourism. Jogjakarta juga mempunyai beberapa potensi berkaitan dengan wisata halal jogjakarta ini. Dalam unsur wisata halal, komponen-komponen atau fasilitas pendukung juga harus menjadi point yang diperhatikan. Salah satunya adalah unsur Hotel atau akomodasi, karena di dalamnya memuat unsur meals atau makanan dan minuman. Istilah perhotelan nya adalah Food & Beverage service nya juga harus jauh dari alkohol dan sejenisnya yang mengandung keharaman. Dan yang pasti makanan, minuman dan restoran yang berada di dalam hotel harus bersertifikat halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesi).

Beberapa Hotel halal Jogja memang sudah mentagline dan membrandingkan Hotelnya sebagai Hotel Halal dan Syari. Bagi beberapa kalangan yang sangat jeli dan memperhatikan nilai-nilai kehalalan dan unsur syari, maka perhatian dalam hal ini menjadi penting. Sebab bagi seorang muslim, kehalalan sebuah produk dan makanan akan mempengaruhi perilaku dan kehidupannya. Tentunya pula dalam hal berwisata, selain mempertimbangkan aktifitas wisata, proses berwisata dan lainnya maka akomodasi juga memegang peran penting. Hotel yang notabene sangat riskan dalam berbagai jenis menu nya khususnya Kontinental, dalam halal hotel tidak ada lagi alkohol dan babi. Jadi, selain wisata happy kita juga tentu merasakan kenyamanan dan keamanan dalam ukuran kehalalannya. Yuks, simak 5 Hotel dengan Predikat Halal yang ada di Jogjakarta..

Daftar Hotel Halal Jogja

1. Hotel Halal: Pesonna Malioboro

Hotel Pesonna Malioboro dengan Bintang 3 ini memang terletak di area yang sangat strategis di pusat perbelanjaan Malioboro. Malioboro sebagai jantung kota Jogjakarta sekaligus ikon wisata Jogja menjadi daya tarik sendiri bagi para traveller. Public Relation Manager Pesonna Malioboro Hotel (Maya Kusuma dalam Solopos com, 18 Juli 2017), mengatakan “hotel ini mengusung tema lifestyle dan halal concept”. Meskipun mengusung konsep syariah, namun tetap menerapkan standart Internasional untuk layanan hotelnya. Halal hotel ini mempunyai kamar yang cukup banyak yakni 141 kamar dan konsep tema yang diusung adalah Jawa. Nuansa Jawa tampak kental di Pesonna Malioboro hotel yang khas ini. Pola Batik Kawung sebagai bagian dari warisan budaya Jawa yang menghiasi kaca di restoran hotel ini. Keunggulan lainnya selain konsep Halal yang diusung, hotel ini memiliki Chef yang handal dalam masakan khas Jawa dan tradisional. Keunggulan lainnya yang menyamankan tamu adalah area parkir yang luas sehingga bisa mengakomodir kebutuhan tamu terutama untuk Group atau Rombongan wisata.

 

2. Hotel Halal Jogja: Sofyan Inn Unisi Jogjakarta

Berada di area yang strategis yang masih di bagian utara Malioboro, tepatnya di sebelah selatan Tugu Jogjakarta. Letak strategis ini menjadi keunggulan tersendiri sehingga bagi siapapun yang wisata ke Jogja menggunakan kereta bisa mengakses dengan mudah. Cukup menyeberang sekitar 5 menit kita sudah akan menemui hotel yang berkonsep syariah ini. Hotel Sofyan Inn Unisi ini juga merupakan hotel baru secara bangunan dan juga menerapkan konsep syariah. Jika ingin berkunjung dan menikmati malam di Malioboro, cukup berjalan 5 hingga 10 menit saja kita sudah akan mengakses Malioboro dari ujung utara. Hotel ini tidak terlalu besar secara bangunan akan tetapi di sana diterapkan Syariah Check in Hotel. Dimana hanya pasangan halal saja yang bisa menempati kamar yang sama. Dengan aturan seketat ini, tentunya akan menjadi kontrol dan penguat Branding Hotel syariah di Jogjakarta yang pertama. Dalam artian yang pertama menerapkan syariah check in dengan standar Islami atau Syari dan bukan standar umum atau Internasional. Jika sistem check in nya sedemikian ketat, tentu kualitas makanan yang ada juga pastinya lebih terjaga secara kehalalannya. Hotel ini adalah Hotel Bintang 2 dengan standart fasilitas bintang 3 yang sangat baik.

 

3. Hotel Halal di Jogja: Pesonna Tugu Jogjakarta

Sama dengan Hotel Pesonna Malioboro yang berada dalam managemen BUMN yakni pegadaian Syariah, membuat hotel ini juga berkonsep halal. Hotel dengan Slogan Halal Lifestyle Concept ini memang berada di tengah- tengah kota Jogja. Pas banget berdekatan dengan Tugu Jogjakarta sebagai Ikon kota dan Wisata di Jogja. Hotel ini berada di Jl. Pangeran Diponegoro Jetis Jogjakarta dan menerapkan konsep klasik Jawa dalam arsiterktur dan nuansanya. Konsep Klasik yang sengaja diusung ini memang tidak jauh-jauh dari Filosofi Tugu Jogjakarta sebagai Ikon Heritage dan Sejarah. Hotel Bintang 3 dengan Fasilitas Bintang 4 ini menawarkan Halal Food dengan standar Internasional dan pastinya non alkohol. Well, selamat menikmati wisata Halal Jogja dengan halal Hotel yang ada. Salam Wisata Halal Jogja.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja