PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Mengenal Desa Wisata Kasongan Yogyakarta, Sentra Penghasil Gerabah

kerajinan gerabah kasonganKerajinan Gerabah Kasongan – Menelusuri Kota Jogja ke arah selatan sedikit dan masuk kota Bantul, kita bisa melihat aktifitas produktif di pinggiran kota. Komunitas masyarakat pengrajin gerabah Kasongan yang menggantungkan pendapatan nya dari keahlian membuat gerabah. Kerajinan pembuatan produk-produk dari tanah liat ini diwarisi secara turun temurun oleh penduduk desa. Sebagai daerah penghasil gerabah yang sudah turun temurun, Kasongan ini menjadi destinasi wisata kerajinan yang menarik. Tidak hanya pengunjung yang datang untuk memberli oleh-oleh gerabah dan semacamnya, ada aktifitas yang bisa dilakukan di sana. Kasongan ini memiliki paket wisata kerajinan yang cocok untuk dijadikan media edukasi bagi pelajar maupun wisata family. Setidaknya sebuah destinasi bisa disebut lengkap dan sempurna sebagai sebuah Daya Tarik Wisata apabila memiliki 3 kategori something yang harus ada. Ketiganya antara lain:

Kerajinan Gerabah Kasongan

Something To Do?

gerabah kasonganSomething to do adalah serangkaian aktifitas ataupun kegiatan yang bisa di lakukan di destinasi wisata. Serangkaian aktifitas ini biasanya memang berkaitan dengan keunikan daerah tujuan wisata. Jika di Desa Wisata Kasongan sebagai penghasil gerabah ini, aktivitas to do nya adalah pembuatan gerabah. Ya, pengunjung bisa terlibat atau mencoba paket wisata jogja bertema kerajinan yang ada. Setidaknya membutuhkan 2 jam lamanya untuk kita berwisata kerajinan ini. Durasi 2 jam tersebut adalah untuk penjelasan atau briefing sekitar 30 menit dan 1,5 jam sisanya adalah untuk praktik pembuatan nya. Pembimbig dari Kasongan yang tergabung dalam Koperasi ataupun Pokdarwis sudah sangat lihai menjadi Guide lokal di sana. Pembimbing juga akan memberikan sample atau simulasi cara pembuatan nya dari awal sehingga pengunjung sudah belajar dan merekam terlebih dahulu.

Tidak hanya pembuatan gerabah dari awal sampai pembakaran saja, tetapi terdapat juga paket pengecatan gerabah yang bisa kita ambil menjadi paket gabungan sekalian. Jika paket pembuatan gerabah adalah dimulai dari memilih dan mencampur adonan tanah liat dan air dengan tepat, maka lain hal dengan pengecatan. Proses Pengecatan ini juga sama durasinya dengan proses pembuatan gerabah. Bedanya adalah, jika proses pembuatan kerajinan gerabah ini, pengunjung tidak langsung bisa membawa hasil karya nya untuk dibawa pulang. Karena setelah mencampur adonan kita masuk diharuskan membentuk gerabah menggunakan media Fiber atau cetakan yang disiapkan. Setelah itu, cetakan setengah jadi yang masih basah ini haruslah dikeringkan terlebih dahulu. Proses pengeringan ini melalui sinar matahari langsung dan tidak boleh terkena air sedikitpun karena bentuk adonan akan rusak atau berubah. Setidaknya butuh sekitar waktu hari hingga satu minggu untuk proses ini bisa selesai sampai akhir. Karena, setelahnya adonan tanah liat yang sudah setengah jadi tadi harus melalui proses pembakaran terlebih dahulu.

Nah, proses pembakaran ini mirip dengan pembakaran batu bata untuk membuat adonan gerabah menjadi lebih keras dan berwarna merah. Setelah selesai, pihak Koperasi atau Pokdakwis kerajinan gerabah Kasongan siap untuk mengirim paket kerajinan gerabah itu hingga ke alamat kita. Nah, jika mengambil paket satunya yakni pengecatan, pengunjung bisa langsung membawa pulang hasil karyanya ini. Tentunya pula setelah hasil catnya kering sempurna yaa guys. Well, paket ini memang sangat lah cocok untuk wisata study trip yang menginginkan wawasan lebih. Membuat kita belajar menghargai proses dari step ke step nya proses pembuatan gerabah Kasongan ini menjadi bentuk yang cantik dan imut. Tertarik? Bisa lho menjadikan wisata bersama rekan dan keluarga untuk mencoba paket menarik ini.

 

Something To See?

kerajinan guciSetelah mengupas panjang lebar mengenai something to do sebelumnya, kini saatnya kita akan membahas tentang something to see. Ya, sesuatu yang bisa dilihat adalah bagian dari aktifitas wisata di Desa Wisata Kasongan. Desa ini telah puluhan tahun eksis dengan predikatnya sebagai penghasil kerajinan gerabah dan keramik yang terkenal di Jogja. Sentra kerajinan gerabah Kasongan juga pantas disebut sebagai tempat wisata di jogja yang legendaris karena memang warisan berupa keahlian ini diberikan turun temurun. Dahulu, tanah Kasongan ini sangatlah gersang dan potensi kerajinan gerabah belum muncul. Dengan adanya sumber mata pencaharian sebagai pengrajin inilah ekonomi masyarakat semakin terangkat dan unggul. Berbagai Galeri dan Workshop kerajinan gerabah Kasongan ini dapat kita jumpai di sepanjang Jalan Kasongan. Hampir semua rumah yang ada di sana berfungsi sebagai workshop ataupun showroom. Kita juga bisa melihat proses pembuatan nya secara langsung yang tersedia di tiap- tiap rumah penduduk. Karena industri ini bersifat industri rumahan, maka konsep dan pengelolaannya juga sangat sederhana. Meskipun ada juga industri besar yang ada di sana dan sudah mempunyai kantor yang representatif. Banyak produk gerabah kasongan ini yang dikirim ke luar negeri melalui ekspor. Beberapa negara yang memesan adalah dari Eropa, Jepang, Jerman dan lainnya yang menyukai produk antik ini. Tetapi, jika dikirim ke luar negeri biasanya dalam bentuk Guci atau Produk Gerabah yang sudah lebih cantik disulap menjadi keramik. Tentu, ini perjuangan yang tidak sebentar hingga produk-produk lokal Bantul seperti kerajinan gerabah Kasongan ini mampu menembus pasar dunia.

 

Something To Buy?

Something to buy adalah sesuatu yang bisa kita beli dan bisa kita bawa pulang untuk cinderamata. Sebuah destinasi wisata atau daerah tujuan wisata idealnya memang mempunyai sebuah ciri khas untuk mencerminkan keunikannya. Ciri khas tersebut bisa berupa cinderamata ataupun makanan khas yang membuat pengunjung terkenang dan berkeinginan untuk datang kembali. Selain sebagai ciri khas, adanya souvenir atau cinderamata ini juga bisa berfungsi sebagai materi promosi yang digunakan untuk promosi. Promosi ini diharapkan lebih luas jangkauannya sehingga orang lain penasaran dan ingin berkunjung ke daerah wisata tersebut.

Sama halnya dengan Kasongan (Depenghasil gerabah di yogyakartasa penghasil gerabah di Jogja) terdapat banyak sekali produk unik dan khas yang bisa dibawa pulang. Gerabah atau keramik mulai dari yang berukuran kecil seperti tempat pensil atau pulpen, asbak, kuali, guci, ceret gerabah, piring-piring kecil dari gerabah dan produk celengan gerabah. Tidak hanya gerabah, terdapat banyak sekali pilihan gantungan kunci yang murah meriah dan bervariasi bentuknya. Sama halnya dengan berbagai produk souvenir yang bisa kita dapatkan di Malioboro dan tempat-tempat wisata lainnya. Selain itu, berbagai bentuk dan kreasi seperti bunga kering yang dibuat dari serpihan-serpihan kayu juga bisa kita dapatkan di sana. Seperti bunga kering berwarna-warni untuk melengkapi ruang tamu anda. Olahan kerajinan dari bambu juga bisa kita dapatkan di hampir setiap Showroom Kasongan ini. Lengkap yaa semua oleh-oleh kerajinan tangan yang memanjakan mata.

Jika kita belum berkeinginan membeli, maka kita bisa jalan-jalan di sepanjang area Desa Wisata Kasongan Bantul Yogyakarta ini. Berjalan-jalan tanpa membeli biasanya disebut sebagai Window Shopping. Siapa tahu, setelahnya anda tertarik memesan beberapa produk kerajinan setelah kepulangan dari Desa Wisata ini.. Have a Nice Wisata Kerajinan Kasongan Trip 🙂

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja