PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Cara Cek dan Memastikan Travel Agent Benar-benar Kredibel

Memilih sebuah vendor jasa, tentu akan membutuhkan proses yang cukup lama dalam hal menyeleksi. Misalnya ketika kita akan mengadakan sebuah acara pesta ulangtahun, pesta pernikahan dan berbagai acara lainnya. Termasuk juga ketika kita akan memilih sebuah travel agent kredibel, yang dalam hal ini menyediakan sebuah produk bernama paket wisata. Kita pastinya akan disibukkan dengan memilah satu persatu mana kah yang termasuk cocok dan pantas untuk dipilih. Biasanya, dalam penyelenggaraan suatu agenda perusahaan berkaitan dengan gathering dan wisata, travel agent lah yang dipilih. Sebab penyedia jasa perjalanan ini bisa menyiapkan segala keperluanmu muai dari tiket, hotel, makan, wisata hingga transportasi.

travel agent kredibelNah, apa yang akan kalian lakukan jika dipilih menjadi ketua acara wisata ataupun gathering yang lokasinya keluar kota jauh dari tempatmu. Tentu, kita akan mencari melalui kenalan maupun mengaksesnya di internet. Hal yang paling ditakutkan saat –saat ini adalah tentang penipuan. Ada satu dua kasus dimana vendor yang dipilih tidak benar-benar kompeten sehingga ada beberapa fasilitas yang tidak diberikan. Ada juga yang sengaja melalukan tindak kejahatan berupa penipuan. Apalagi jikasaat ini banyak sekali online travel agent yang bisa kita temukan dan akses di internet. Hanya melalui google saja kita bisa terhubung dan melihat satu persatu profil sebuah vendor wisata secara online. Nah, tidak lagi berpanjang lebar, sekarang ini kita akan mencoba menguraikan cara memastikan sebuah travel agent itu kredibel. Mereka memiliki kredibilitas tingkat tinggi sehingga memegang dengan penuh tanggungjawab semua perjanjian kerja yang sudah disepakati.

Biasanya, produk yang paling di cari dari sebuah jasa biro perjalanan wisata adalah paket wisata. Nah paket wisata ini pun nanti sangat detail komponen dan uraian nya. Sehingga hanya travel agent yang kompeten dan memiliki kredibilitaslah yang mampu memenuhi kebutuhan jasa perjalanan perusahaan anda. Yuks kita simak 8 cara memastikan sebuah travel agent ini benar-benar kredibel.

 

8 Cara Memastikan Travel Agent Kredibel

1. Memiliki Kantor Operasional Yang Bisa diKunjungi

Sebuah kantor pada prinsipnya harus memiliki jam operasional yang pasti dan juga tempat dalam bentuk fisik. Meskipun sebuah travel agent bergerak di bidang online dan semua pemasaran dan pendekatannya online, tetap dibutuhkan kantor resmi. Sehingga salah satu cara untuk memastikan sebuah travel agent benar-benar ada dan kredibel adalah mengunjunginya. Lantas bagaimana jika kita berada di kota yang jauh dengan travel tersebut. Agendakan waktu dan sediakan budget serta komunikasikan pihak travel untuk menanggung sebagian biaya survey kita. Jika tidak memungkinkan, kita bisa meminta bantuan saudara atau kenalan yang ada di kota tersebut. Misalnya ketika kita ingin mengambil paket wisata Jogja, ada baiknya libatkan saudara di Jogja untuk diminta memastikan dan mengunjunginya.

 

2. Memilki Legalitas Usaha Dan Perizinan Resmi Usaha Pariwisata

Legalitas usaha adalah keharusan dan memang wajib adanya untuk menjadi syarat sebuah bisnis legal. Jika usaha travel agent tersebut sudah terdaftar berarti pasti terjamin sudah resmi dan kredibel. Mereka mematuhi aturan undang-undang tentang perizinan usaha. Bisnis yang sudah didaftarkan akan semakin memperkuat kedudukan usaha tersebut. Beberapa perizinan perusahaan travel diantaranya: TDP (tanda daftar perusahaan), TDP Par (tanda daftar perushaaan pariwisata), NPWP, SIUP dan sebagainya.

 

3. Memiliki Protofolio Klien Yang Jelas

Portofolio klien atau database pelanggan mana saja yang sudah menggunakan jasa travel agent tersebut wajib ada. Sehingga calon pelanggan akan semakin yakin dengan kualitas dan kredibilitas jasa perjalanan wisata yang ada. Apalagi jika klien yang sudah dihandle datang dari berbagai kota dan perusahaan nasional, multinasional serta dari pemerintahan. Maka hal ini tidak perlu diragukan lagi bahwa travel tersebut dapat mempertanggungjawabkan pelayanan nya.

 

4. Bisa Menyiapkan Perjanjian Kerjasama Tertulis Dalam Bentuk MOU

Adakalanya sebuah perusahaan membutuhkan perjanjian kerjasama atau yang disingkat dengan MOU. MOU ini akan berisi beberapa ketentuan dan fasilitas yang disepakati oleh kedua pihak. Adanya MOU akan memperlancar kerjasama dan jika terjadi hal yang tidak dikehendaki bisa dikembalikan kepada kerjasama yang tertulis tersebut.

 

5. Bisa Menunjukkan Sertifikat Kompetensi Tour Planner dan Tour Guide

Poin ini lah salah satu yang jarang ditemukan di tiap travel agent. Sebab jarang sekali seorang perencana perjalanan atau Tour Planner memiliki serifikat komeptensi. Jika tidak memiliki sertifikat kompetensi pastikan mereka adalah orang-orang yang terdidik dan terlatih di bidangnya. Akan tetapi untuk Tour Guide pilihlah pemandu wisata yang sudah berlisensi. Pilih travel agent yang menggunakan Tour Guide dari HPI atau Himpunan Pramuwisata Indonesia.

 

6. Bisa Dipastikan Melalui Testimony Yang Banyak Beredar di Internet

Ada lagi cara mengecek travel agent kredibel adalah dengan cara mengecek respon dan testimony pelanggan. Dari poin ini kita bisa melihat bagaiman kualitas dan cara memperlakukan pelanggan dengan produk paket wisata yang dimiliki. Testimony ini bisa menjadi kekuatan sebuah travel agent untuk menjadi pilihan bagi calon pelanggan yang akan menggunakan jasanya.

7. Termasuk Fasilitas Asuransi Ada Dalam Paket Wisata Yang Dijual

Asuransi juga bisa menjadi solusi bagi sebagian orang yang mengalami hal yang tidak diduga dalam berkegiatan. Sehingga bagian dari prosedur yang baik, bisa menyertakan asuransi dalam paket wisata yang dijual. Adanya asuransi akan menjadikan tenang dalam berwisata.

 

8. Memilki Badan Hukum Usaha Berbentuk CV/PT

Ada badan hukum yang menaungi sebuah usaha pasti akan menjadi hal yang paling melegakan untuk kita pertimbangkan. Sebab dengan badan hukum usaha ini bisa dipastikan bahwa perusahaan tersebut memang benar-benar ada. Minimal bentuk usaha CV itu sudah cukup menjadi penguat dan bukti tanggungjawab perusahaan terhadap negara.

Itu saja kesemuanya ada 8 cara memastikan sebuah travel agent kredibel,  dan terpercaya. Kredibel artinya memiliki kemampuan dan kapasitas untuk menghandle semua kebutuhan perjalanan wisata kita. Sehingga agenda perjalanan dan paket wisata yang dibeli bisa berjalan lancar dan menyenangkan. Sehingga, dapat kalian percayai untuk menghadle suatu event wisata. Anda juga berhak menanyakan legalitas yang dimiliki oleh suatu biro perjalanan wisata.

 

Salam Wisata

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja