PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Wisata Jogja Anti-Mainstream Terpopuler di Yogyakarta

Hai traveller, sudah menyusun agenda wisata ke Jogja? Tunggu dulu, ada info menarik seputar wisata jogja nih. Jika kalian terbiasa dengan paket wisata jogja yang sudah sudah, kini saatnya kalian mencoba wisata jogja anti mainstream. Wisata anti mainstream jogja ini akan menjadikan perjalanan liburan ke jogja lebih berwarna. Karena obyek wisata antimaentream ini bersifat tidak umum, maka kami sebut dengan antimainstream. Lalu apa saja obyek wisata antimainstream di Yogyakarta? Yuk guys pelajari destinasinya berikut ini:

Daftar Wisata Jogja Anti Mainstream yang Menjadi Incaran Para Traveller

 

1. Goa Jomblang

wisata jogja anti mainstreamGoa Jomblang, yang memang relatif high Adventure ini, bisa dibilang wisata Jogja Anti mainstream karena tidak semua wisatawan berani mencobanya. Berangkat pagi-pagi dari kota Jogja, membutuhkan kurang lebih 2,5 jam perjalanan ke Goa Jomblang. Terletak di Kawasan Gunung Kidul, daerah Semanu Jogjakarta bagian timur dan area pegunungan, membuat kita bisa sekalian mendaki dan menyusuri jalan setapaknya. Di sana kita benar-benar bisa merasasi adventure dengan menuruni Gua Jomblang nya dan pastinya mendebarkan. Untuk menelusurinya kita membutuhkan satu tali dan kemampuan menuruni Gua dengan Single Rope Technique tersebut.








2. Pantai Timang

wisata anti mainstream jogjaWisata Jogja Anti mainstream kali ini karena kita akan menantang ombak dari atas karang melalui sebuah gandole yang tersedia. Biasanya, kereta gantung ini memang difungsikan untuk para penangkap lobster d daerah Pantai Timang. Pantai Timang ini terletak di Desa Puwodadi, Tepus Gunungkidul. Antimainstream kali ini dibuktikan dengan keberanian kalian untuk menyeberangi Pantai tersebut dengan Gondola tradisional yang digerakkan manusia. Akses yang dicapai menuju ke Lokasi juga masih cukup pelosok ya guys sehingga perjalanan ke sana merupakan bagian dari petualangan tersendiri.








3. Bukit Parangendog

wisata anti mainstream Bukit Parangendog ini terletak di Jogja bagiang selatan sekitar 30 menit perjalanan dari kota Jogja. Tepatnya berada di timur Pantai Parangtritis ya guys. Wisata Anti mainstream experience di sini adalah kita bisa menyingkir sebentar dari hiruk pikuk dan keruwetan kota Jogjakarta. Dari atasnya, kita bisa menikmati pemandangan alam dari atas bukit terutama bentangan pantai yang indah. Bukit Parangendog ini juga sering dijadikan sebagai spot wisata Paralayang di dekat Pantai Parangtritis. Banyak juga wisatawan yang menyebut tempat ini sebagai Bukit Paralayang Parangtritis. Selain itu, Obyek Wisata ini juga belum begitu banyak dibidik wisatawan padahal pemandangan  Sunset nya adalah salah satu Sunset Jogja yang memukau.










4. Tebing Breksi

obyek wisata anti mainstreamTebing Breksi ini kenapa disebut wisata jogja anti mainstream ? karena kita melihat dan menikmati Tebing sebagai Bekas Tambang yang diukir dan dimanfaatkan sebagai destinasi wisata. Penikmat Tebing Breksi ini biasanya adalah Para pecinta panjat tebing, penyuka Photography dan pemilik Hobi sepeda Gunung. Jelas saja, karena memang konsep nya mirip dengan Brown Canyon di Semarang dan Grand Canyon di Amerika Serikat. Kita bisa menaiki tangga yang sudah dipahat yang tersedia untuk sampai ke atasnya. Dari Puncak, kita bisa melihat pemandangan Jogja yang indah. Terlihat Candi Prambanan, kota Jogja, Candi Sojiwan dan Gunung Merapi. Sekarang ini juga terdapat Tlatar Seneng, sebuah Space seperti panggung dan tempat duduk dari batu yang dibuat melingkar. Semacam venue yang bisa dimanfaatkan untuk event-event tertentu. Wedding atau Konsep Creative event bisa diadakan disana ya Guys.








5. Watu Lumbung

watu lumbung jogjaDestinasi ini disebut antimainstream jogja karena nilai edukasi yang diusung dan dilestarikan sebagai sebuah tempat yang tidak hanya menyajikan keindahan. Budaya lokal dan aktifitas tradisional masyarakat menjadi bagian tak terpisahkan dari Obyek Wisata Watu Lumbung ini. Destinasi Watu Lumbung ini sangat cocok untuk menikmati alam berikut kesederhanaan nya. Dan juga Prinsip Kemandirian diajarkan disini karena sesama pengunjung diharuskan saling melayani. Prinsip kejujuran bisa ditemukan di Dapur Nusantara yang mana kita akan dilatih seperti di kantin kejujuran. Menarik ya? Selanjutnya tentang konsep bersyukur karena sudah diciptakan alam yang begitu elok, juga diajarkan disini. Wow, benar-benar kita bisa mendapati nilai edukasi dan wisata yang tidal biasa, antimainstream dan bermanfaat pastinya.






6. Desa Wisata Penting Sari

desa wisata penting sariDesa Wisata Penting Sari ini berada di daerah Penting Sari, Umbulharjo Cangkringan Sleman Jogjakarta. Desa Wisata ini terkenal dengan Pemberdayaan Masyarakat dan Budidaya Kampung nya yang masih alami. Terdapat Pendopo herbal yang menyediakan berbagai tanaman sekitar yang diolah menjadi obat alami. Juga terdapat Homestay yag berasal dari rumah-rumah penduduk sehingga kita bisa bermalam dengan atmosfer desa alami. Selain itu, seni karawitan, tari klasik, kenduri, ronda malam, membatik dan membuat wayang suket juga diajarkan di desa wisata ini. Aktifitas pertanian bisa dilakukan di siang hari nya mulai dari membajak sawah, memanen padi, menangkap ikan, outbound, petualangan, berkemah dan lainnya. Yang cukup menyenangkan adalah kita bisa belajar membuat kopi dari mulai memetik, mengolah, menyaring hingga menyajikan nya. Benar-benar membuat kita tidak hanya trip tetapi refresh secara totally guys.

 

7. Rumah Warna Warni Code

rumah warna warni codeDestinasi satu ini memang sebenarnya bukan sebagai daerah tujuan wisata jogja ya guys.Tetapi sebuah kawasan padat penduduk yang berada di daerah Code. Tepatnya adalah di bawah jembatan Gondolayu Jogjakarta. Jika dari Tugu Jogjakarta, kita menuju ke arah timur sekitar setengah kilometer saja. Dan konsep ini adalah dari Corporate Social Responsibilty sebuah perusahaan untuk menyulap sebuah kawasan kumuh menjadi lebih berwarna. Puluhan rumah penduduk yang ada di kali Code, di cat berwarna warni agar terlihat menarik dan indah.Terbukti, kita bisa berfoto dan mengambil konsep ini dengan sebutan Rural Area Trip, atau trip ke Pinggiran yang membuat kita berfikir berbeda. Mengambil inspirasi dari trip yang Out Of The Bocx atau Anti mainstream Jogjakarta.








8. Desa Batik Tulis Giriloyo

batik tulis jogjaDesa Wisata Batik Tulis Giriloyo ini berada di area Jogjakarta bagian selatan dan sekitar 20 menit perjalanan. Berada di Daerah Wukirsari, Imogiri Bantul Jogjakarta. Di sana kita bisa terlibat dan praktik langsung dalam pembuatan Batik Tulis. Mulai dari Proses menyiapkan bahan, menggambar, dan melukis dengan Canting. Dilanjutkan dengan Melorot atau menggodok Kain yang ada malam atau tinta Batiknya. Selepasnya, kita bisa membawa pulang Kain Batik tersebut sebagai kenang-kenangan. Kita bisa melihat seberapa daya kreatif kita ya guys dan memahami betapa panjangnya sebuah proses membatik itu. Real Antimainstream Trip ya..








9. Benteng Takeshi

benteng takeshi jogjaNah, ini ni destinasi baru yang ada di Kawasan Lereng Gunung Merapi. Dibangun seperti tembok besar China dengan bentuk bangunan yang tinggi. Adajuga yang menyebutnya sebagai Benteng Takeshi ya guys. Disebut wisata jogja Anti mainstream, karena sebenarnya Destinasi ini berada di kawasana yang rawan dengan Lahar Dingin Merapi jika pas erupsi. Cobai kapan-kapan ya guys ke sana.








10. Pasar Satwa dan Tanaman Hias Jogjakarta / PASTY

Berwisata dan mengajak serta keluarga dan anak-anak bisa dilakukan di Pasty, atau Pasar Satwa dan Tanaman Hias Jogjakarta. DI sana terdapat berbagai satwa, reptil dan unggas seperti ayam dan burung yang diperjualbelikan. Dahulu, kawasan Satwa dan tanaman hias ini berada di Ngasem, atau di Kota Jogjakarta. Saat ini direlokasi dan kita bisa mendapati Zona Satwa di sebelah timur dan Zona Tanaman Hias di sebelah Baratnya. Begitu lengkap dan tersedia berbagai keperluan untuk binatang dan tanaman hias kesayangan. Wisata dan Belanja yang menyenangkan ya guys Out Of The Box Trip di Jogjakarta. Chayoo

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja