PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Tips Wisata Jogja Murah ala Backpacker

Hallo sobat traveller, jumpa lagi dalam bahasan seputar wisata jogja. Bagi kalian yang mau wisata ke jogja, ada tips jitu nih bagaimana caranya liburan ke Jogja dengan budget ekonomis. Wisata merupakan kegiatan outdor yang bertujuan untuk merefresh diri dari kepenatan aktivitas sehari-hari. Wisata identik dengan fasilitas dan biaya. Nah bagi kalian yang memiliki budget ekonomis, berikut ini ada beberapa tips wisata jogja murah buat kalian. Hmm… apa saja, mari kita simak penjelasan berikut ini.











Tips Wisata Jogja Murah

 

1. Ajak banyak orang (teman/sahabat/keluarga)

Kalian pasti tau kan guys, kalau wisata itu semakin banyak orangnya akan semakin murah. Begitu juga saat kalian memesan paket wisata Jogja, semakin banyak peserta, maka beban biaya per orang akan semakin murah. Hal yang sama juga berlaku saat kalian menjadi backpacker. Misalnya kalian perlu sewa mobi, tentu sewa mobil akan berasa ringan jika ditanggung oleh 6 orang, daraipad 2 oarang saja. So, ajak teman sebanyak mungkin ya untuk liburanmu ke Jogja.

 

2. Memilih Tiket Kereta Ekonomi

Mengapa kami menyarankan sobat pakai kereta? Karena waktu tempuh dengan kereta relatif lebih cepat dibanding dengan bus. Sedangkan jika sobat menggunakan pesawat, tiketnya relatif mahal. Jadi menggunakan kereta merupakan solusi wisata jogja murah. Secara waktu juga efektif dan dari segi biaya juga ekonomis. Tiket kereta memiliki varian kelas, mulai dari eksekutif, bisnis dan ekonomi. Bagi kalian yang memiliki budget mepet, kami sarankan untuk memilih tiket kelas ekonomi. Dengan begitu, kalian dapat menekan biaya keberangkatan dan kepulangan.  Satu hal lagi tips mengenai tiket kereta, belilah tiket kereta dari jauh-jauh hari, agar kalian dapat memilih tiket ekonomi dengan harga termurah yang dijual oleh KAI (Kereta Api Indonesia). Karena, meskipun sama-sama kelas ekonomi, juga ada beberapa varian harga lho sobat traveller.

 

3. Memilih Destinasi Wisata Beretribusi Murah

Jogja adalah kota pariwisata, tentu memiliki banyak destinasi yang menarik. Beragamnya destinasi wisata Jogja, beragam pula retribusi (tiket masuk) yang berbeda satu sama lain. Bagi sobat traveller yang ingin wisata ke jogja dengan budget ekonomis, kalian dapat memilih obyek wisata jogja dengan retribusi murah, seperti: kalibiru, hutan pinus, tebing breksi, wisata pantai dan wisata alam lainnya. Tiket wisata alam cenderung lebih murah daripada tiket wisata buatan/taman bermain.

 

4. Memilih Hotel Budget

Bagi sobat traveller mungkin sudah tau apa itu hotel budget. Bagi newbie saya kasih tau nih, hotel budget adalah hotel ekonomis alias murah. Hotel budget akan menjadi solusi wisata jogja murah. Selain itu, solusi lain juga dapat kalian coba, misalnya; menginap di hotel kelas melati, gusethouse atau losmen. Tapi kalian juga harus memahami sobat, hotel budget tidak memiliki fasilitas semewah dan selengkap di hotel. Jadi mohon jangan terlalu memiliki espektasi yang tinggi ya, hehe. Ya, sekedar buat melepas lelah di malam hari itu cukup sobat.

 

5. Memilih Menu Makan

Makan adalah salah satu komponen yang penting dalam sebuah perjalanan wisata. Seorang wisatawan/traveller sekalipun tidak akan riang jika perut terasa lapar. Tapi Jangan khawatir sobat, jogja adalah kota dengan angka harapan hidup yang tinggi. Hal tersebut disebabkan salah satunya karena biaya hidup/biaya makan yang relatif terjangkau/murah. Meskipun di Jogja banyak yang murah, namun tetap saja kalian harus kontrol perut, eh maksudnya kontrol diri :D. Meskipun murah, kalau kalian berlebihan juga jadinya akan boros, hehe. Pertama, pilihlah menu makan dengan harga yang murah. Kedua, makanlah secukupnya dan jangan berlebihan. Karena kalau perut terlalu penuh juga tidak akan nyaman diperjalanan guys. Ingat tujuan kalian adalah wisata jogja murah, jadi keputusan kalian juga harus disesuaikan ya sobat.

 

6. Sewa Mobil atau Transportasi Umum?

Wisata ke Jogja tidak serta merta nyampe di Jogjanya saja, namun kalian juga memerlukan sarana untuk berkunjung ke obyek wisata di jogja. Ada sebuah pilihan, apakah sobat sewa mobil jogja atau menggunakan sarana umum? Nah, kedua pilihan tersebut tentunya memiliki positif dan negatif masing-masing. Jika sobat menggunakan kendaraan umum mungkin akan lebih hemat/murah, namun kalian hanya dapat mengunjungi obyek wisata di ruang lingkup perkotaan (city tour). Hal demikian dikarenakan, sarana prasarana umum seperti “trans jogja” hanya berada di wilayah kota Jogja. Jika kalian punya destinasi tujuan di sebuah daerah, sewa mobil di jogja adalah solusinya. Meskipun nantinya sewa mobil jogja akan memakan biaya lebih mahal daripada naik sarana umum.

Bagaimana sobat, apakah kalian sudah cukup mendapat pencerahan mengenai wisata jogja murah? Itu tadi tips dan trik bagi kalian para traveller yang hobi travelling model backpacker. Memang liburan ala backpacker lebih hemat, namun cukup ribet karena semua harus sobat sendiri yang mengatur. Beda halnya jika sobat memesan paket wisata jogja, kalian tinggal duduk manis dan dipandu oleh guide/driver yang berpengalaman. Semua tergantung pilihan kalian, apapun model perjalanan Anda, jadikan jogja sebagai destinasi wisata liburanmu. Oke, selamat liburan sobat traveller J

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja